4/09/2018

Empat Aplikasi Pembuat Jadwal Pelajaran Terbaik untuk Sekolah Anda

Membuat jadwal setiap pergantian tahun ajaran baru merupakan kegiatan rutin yang mesti dilakukan. Ada dua cara untuk membuat jadwal pelajaran yaitu secara manual dan otomatis. Pembuatan jadwal secara manual bisa dibilang sulit bagi yang pertama kali melakukannya. Sejauh yang saya ketahui, para petugas pembuat jadwal pelajaran membuat berbagai kartu yang berwarna- warni sesuai dengan mapel atau guru kemudian menerapkannya dengan hari dan jam pelajaran. Ketelitian dan kejelian mata akan warna menjadi faktor penting bila membuat jadwal dengan sistem ini karena harus memperhatikan warna yang berbeda agar tidak terjadi bentrok jam atau mapel guru satu dengan lainnya. Bagi yang mapel, rombel kelas dan jumlah guru yang sedikit, hal itu tidak menjadi masalah. Namun dalam kuota jumlah yang besar baik mapel, rombel kelas dan jumlah guru, hal tersebut menjadi sebuah masalah khususnya bagi pembuat jadwal. 
Source : https://pixabay.com

Zaman telah berganti, pembuat jadwal otomatis sudah mulai banyak diterapkan untuk memudahkan pembuatan jadwal pelajaran. Pembuatan jadwal saat ini tidaklah terlalu sulit bahkan bisa dikerjakan dalam waktu yang cepat dengan bantuan software pembuat jadwal. Bagi anda yang masih bingung mencari pembuat jadwal yang tepat, berikut ini akan saya ulas mengenai beberapa software pembuat jadwal yang sangat efektif digunakan dalam bekerja khususnya membuat jadwal pelajaran di sekolah. 

Langsung saja berikut ulasannya,


FET merupakan aplikasi open source untuk membuat penjadwalan jadwal sekolah atau tingkat universitas secara otomatis. FET menggunakan algoritma timetabling yang memungkinkan pembuatan jadwal secara cepat dan efisien. FET mampu menyelesaikan jadwal yang rumit dalam waktu maksimum 5-20 menit. Untuk jadwal yang lebih sederhana, mungkin diperlukan waktu yang lebih singkat di bawah 5 menit. Untuk jadwal yang sangat sulit, mungkin membutuhkan waktu lebih lama, hanya beberapa jam.


Lantiv Timetabler merupakan aplikasi program jadwal sekolah otomatis untuk membuat penjadwalan mapel bagi guru, kelas, siswa dan ruang. Tampilannya menarik dan penggunaannya juga mudah. Salah satu fitur yang menarik pada Lantiv scheduling adalah pembuatan jadwalnya bisa dikerjakan secara kolaboratif, artinya dalam pembuatan  jadwal secara bersama- sama, rekan anda bisa mengerjakan dan menambahkan secara real time pekerjaan tersebut demikian juga sebaliknya.


UniTime merupakan sistem penjadwalan pendidikan komprehensif yang mendukung pengembangan kursus dan jadwal ujian, mengelola perubahan jadwal waktu ini, berbagi ruangan dengan acara lain, dan menjadwalkan siswa ke kelas individu. Unitime University Timetabling System memungkinkan beberapa manajerial jadwal universitas untuk mengkoordinasikan  dan memodifikasi jadwal sesuai beragam kebutuhan mereka.


Menurut saya software ini merupakan software terbaik dan sangat populer karena dipakai oleh 173 negara di dunia dengan lebih dari 150 ribu sekolah pengguna. Penggunaannya relatif mudah bahkan bagi pemula sekalipun. Dengan berbagai fitur yang lengkap untuk penjadwalan di sekolah, software ini sangat banyak digunakan di berbagai sekolah- sekolah. Asc Timetables memudahkan membuat jadwal dari tahapan petama sampai finalisasi yaitu pencetakan jadwal. Sistem yang secara otomatis terintegrasi satu dengan lainnya memudahkan kita mengatur jadwal bahkan dengan jumlah guru, mapel dan kelas yang banyak sekalipun. Fitur yang relatif simple yang bisa dipelajari dengan waktu yang singkat menjadi kelebihan software ini dibanding software sejenis. Untuk menggunakannya, sekolah anda harus lebih merogoh sedikit anggaran untuk software ini karena bisa dibilang tidak murah. Namun berkaca pada kelebihan fiturnya, saya kira sepadan dengan nilainya.

Nah, dari keempat aplikasi jadwal sekolah tersebut, silahkan pilih mana yang paling mudah, efektif dan cepat dalam pembuatan jadwal. Semua memiliki kekurangan dan kelebihan masing- masing baik yang free atau yang berbayar. Bila memiliki pandangan lain dalam membuat jadwal, silahkan isikan pada kolom komentar ya..

Semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment