Monday, April 9, 2018

Berikut Ini Enam Platform Terbaik untuk Membuat Game Edukasi

Ada banyak hal positif yang bisa kita ambil sebagai dampak perkembangan teknologi khususnya dalam pembelajaran. Salah satunya adalah pemanfaatan media khususnya gawai dalam pembelajaran. Gawai atau yang biasa kita sebut dengan "gadget" dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran seperti membuat kelompok untuk kelas kolaboratif, menciptakan kuis, memeriksa pengumpulan tugas siswa, dan menggunakan game edukasi untuk kelas.  

Untuk kegunaan yang terakhir yaitu game edukasi di kelas, merupakan sarana yang ampuh untuk menciptakan suasana pembelajaran yang tidak membosankan dengan catatan bahwa penggunaan game harus sesuai dengan porsi dan waktunya. Saat ini ada banyak penyedia layanan yang membuat game edukasi untuk diterapkan di kelas. Sebagai guru kita juga harus selektif dalam memilih mana yang sesuai untuk diterapkan. Agar sesuai dengan kondisi kelas kita, bagaimana kalau kita mencoba membuat sendiri game kita sendiri untuk kita terapkan di kelas. Adalah hal yang wajar bila pertama- tama yang  kita pikirkan adalah bagaimana membuatnya. 

Sekarang ini ada beberapa web tool yang akan membantu anda membuat berbagai game edukasi dengan mudah. Penyedia layanan pembuatan game mumungkinkan anda mendesain permainan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran di kelas. Anda dapat melibatkan siswa dalam proses pembuatan baik desain maupun kontennya. Selain itu anda juga dapat menugaskan mereka seperti halnya dalam pembelajaran berbasis project dalam pembuatan game mereka sendiri. Nah, langsung saja berikut beberapa penyedia layanan pembuatan game untuk edukasi.

Kita tahu bahwa Minecraft merupakan game yang sangat populer di dunia. Dalam hal ini Minecraft Education Edition memungkinkan kita untuk membuat game dengan memasukkan unsur kreativitas, kolaborasi, dan pemecahan masalah dalam lingkungan yang imersif di mana satu-satunya batasannya adalah imajinasi Anda. Kita bisa sesuaikan game kita berdasarkan mata pelajaran baik Matematika, IPA, Bahasa, Sejarah maupun usia siswa kita dari tingkatan usia tiga tahun sampai dengan lebih dari empat belas tahun.

Scratch adalah proyek dari Lifelong Kindergarten Group di MIT Media Lab. Scratch ditujukan untuk membantu untuk berpikir secara kreatif, sistematis, dan kolaboratif. Kita dapat memprogram sendiri cerita-cerita interaktif, permainan, dan animasi  dan membagikan hasil dengan yang lainnya melalui komunitas online. Scratch didesain terutama untuk umur 8 hingga 16, tapi digunakan oleh orang-orang dari segala kalangan umur. Berjuta-juta orang-orang membuat karya Scratch dalam berbagai setting yang luas, termasuk rumah, sekolah, museum, perpustakaan, dan pusat komunitas.

Pixel Press merupakan perusahaan teknologi yang berbasis di Saint Louis. dengan misi  mengembangkan pengalaman tanpa batas yang memberdayakan orang-orang dari segala usia untuk membuat, berbagi, dan bermain.  Pixel Press Floors menyediakan fasilitas bagi kita untuk menciptakan dan menerbitkan game kita sendiri. Kelebihan dari Pixel Press dalam pembuatan game adalah merangkul semua kalangan bahkan tanpa keahlian koding sekalipun.

Propofs Brain Games

Sebelumnya kita mengenal Propofs sebagai platform untuk pembuatan kuis, poling atau survey. Tidak hanya berhenti disitu, Propofs juga menyediakan layanan untuk pembuatan game untuk pembelajaran seperti pembuatan teka- teki silang, Hangman, ScrambleTic Tac Toe, Chess dan sebagainya.

Puzzlemaker by Discovery Education

Puzzlemaker adalah platform pembuat teka-teki untuk dunia pembelajaran khususnya bagi guru, siswa, dan orang tua. Kita dapat membuat beberapa permainan edukasi seperti teka-teki silang, teka-teki matematika, number blocks, mazes dan banyak lagi sesuai dengan kebutuhan kita sendiri. Tampilan yang sederhana dan mudah membuat platform ini banyak digunakan oleh guru.

Sploder

Sploder adalah platform yang menyediakan tempat untuk dapat membuat game online dan kemudian membaginya dengan dunia. Kita bisa membuat game edukasi sesuai kebutuhan kita sendiri misalnya, game bertema ruang angkasa, game retro arcade, dan bahkan permainan puzzle berbasis fisika yang rumit. Selain itu, tidak diperlukan keahlian pemrograman untuk membuat game melalui platform ini. Anda hanya membutuhkan imajinasi yang bagus dan keinginan untuk menjadi kreatif.

Demikian enam web tool terbaik untuk membuat game edukasi di kelas. Selain keenam platform diatas, tentu masih banyak lagi platform pembuat game edukasi lainnya. Nah, silahkan berbagi melalui kolom komentar untuk platform yang lainnya.

Semoga bermanfaat.