Tuesday, April 17, 2018

Inilah Alasan yang Membuatmu Memilih Mendaftar di SMK

Bagi anda yang pernah merasakan hidup pada tahun 2000-an, mendengar kata SMK saja kita sudah memincingkan mata. Paradigma saat itu, SMK itu tempat sekolahnya anak- anak yang nakal, penuh kebebasan, dan lekat dengan namanya tawuran. Pandangan tersebut tidak seluruhnya benar, pada saat itu ternyata banyak anak- anak SMK yang berprestasi yang membanggakan dimana dikalahkan oleh pandangan stereotip yang salah terhadap anak SMK. 

Namun, zaman telah berganti, seakan pandangan yang salah tentang SMK makin lama makin pudar atau bahkan lenyap dengan dukungan dari semua pihak khususnya pemerintah. Beberapa tahun terakhir, pemerintah memang gencar sekali memberikan support terhadap dunia SMK. Hal tersebut tentu saja berdampak besar bagi perkembangan dunia SMK. Lihat saja prestasi- prestasi dan inovasi yang diciptakan oleh anak- anak SMK. Bahkan sampai mengharumkan nama bangsa dalam kancah internasional. 
www.ahzaa.net
Ilustrasi anak SMK

Oleh karena itu, pada tulisan ini saya akan membahas mengenai hal - hal yang menarik dalam dunia SMK. Hidup dalam zaman yang berkembang ini menjadikan SMK menjadi pilihan yang tepat untuk melanjutkan pendidikan. SMK memberikan penawaran yang lebih bila dibandingkan tingkatan sekolah menengah lainnya. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) lebih menekankan kepada penguasaan keterampilan setelah para siswanya lulus. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat sekarang ini pasti berbagai industri membutuhkan tenaga yang terampil yang siap pakai dalam dunia kerja dan lulusan SMK diharapkan mampu diserap dalam dunia industri. 

Dalam kurikulum SMK, siswa tidak hanya dibekali dengan soft skill saja namun juga dibekali dengan hard skill yang akan menuntun mereka untuk siap menghadapi dunia kerja. Tetapi, meskipun siswa SMK memang dipersiapkan untuk kerja dan juga wirausaha, tidak menutup kemungkinan mereka juga bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi seperti siswa- siswa SMA dan sederajat lainnya. Jadi dengan kata lain siswa SMK mempunyai peluang yang lebih banyak yaitu bisa langsung bekerja dengan dibekali keterampilan selama mereka sekolah dan mereka juga bisa melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya atau perguruan tinggi untuk memperoleh pengetahuan yang lebih luas. 

Selain itu berikut ini alasan mengapa lulusan SMK lebih siap dalam dunia kerja antara lain sebagai berikut :

Keterampilan Kerja
Sesuai dengan jurusan, siswa- siswa SMK semenjak tahun pertama akan dilatih dan dibekali dengan keterampilan kerja. Mereka akan terbiasa dengan sistem keterampilan soft skill dan hard skill. Hal tersebut akan menjadi bekal bagi siswa- siswa SMK untuk lebih siap bekerja.

Praktik Kerja Industri
Salah satu program yang mendukung bagi siswa SMK untuk siap kerja adalah Praktik Kerja Industri (Prakerin). Biasanya siswa akan ditempatkan magang diperusahaan atau dunia usaha dan dunia industri berkisar antara tiga atau empat bulan bahkan ada pula yang menerapkan magang selama satu tahun. Kemampuan siswa akan terasah selama mengikuti magang karena mereka akan langsung menghadapi dunia kerja, mengetahui sistem kerja secara nyata. Dan kemampuan itulah yang akan dipergunakan sebagai pengalaman ketika mereka lulus dari SMK untuk bisa bekerja secara profesional.

Jiwa Wirausaha
Selain menghasilkan lulusan yang siap kerja secara terampil, SMK juga memberikan peluang bagi para siswanya untuk berwirausaha. Dengan keterampilan seperti itu siswa lulusan akan bisa menciptakan lapangan kerja sendiri sesuai dengan kemampuannya.

Bersekolah di SMK pun tidak sama dengan sekolah di SMA. Di SMK, seperti yang saya utarakan tadi diatas, penguasaan keterampilan adalah hal yang utama agar setelah lulus nanti mendapatkan keterampilan sesuai dengan jurusannya. Oleh karena itu wajar bila pendalaman materi dibandingkan teori adalah mencapai  30 % teori dan 70 % praktik. 

Ada banyak macam jurusan yang terdapat di SMK misalnya saja Teknik Komputer Jaringan, teknik Otomotif, Multi Media, Teknik Audio Video, Teknik Mekatronika, Busana Butik, Perbankan Syariah, Teknik Gambar Bangunan, dan lain-lain. Anda bisa memilih jurusan sesuai passion masing- masing. Misalnya yang suka dengan desain grafis, bisa memilih jurusan desain grafika atau yang suka dengan mesin, bisa memilih teknik permesinan. Saat ini ada sekitar 142 jurusan atau kompetensi keahlian SMK yang bisa dipilih sesuai minat, banyak bukan? 

Bagi lulusan SMK yang ingin langsung bekerja, jangan terlalu risau atau khawatir akan bekerja dimana setelah lulus nanti. Biasanya SMK menyediakan bursa kerja khusus SMK dimana berbagai perusahaan akan merekrut karyawannya melalui bursa kerja tersebut. Selain itu banyak SMK yang bekerja sama dengan balai latihan kerja terdekat yang memberikan informasi tentang lapangan kerja, pelatihan dan penempatan kerja. 

Dan yang lebih penting lagi, untuk meluaskan pemahaman dan pengetahuan serta keterampilan, saat ini ada banyak universitas yang membuka pendaftarannya untuk siswa SMK, jadi adalah alasan klise bila anak SMK dipandang tidak dapat melanjutkan sekolahnya lagi. 

Demikian tulisan kami pada posting hari ini tentang mengapa memilih mendaftar ke SMK,  yakinlah bahwa anda memilih apa yang terbaik. Semoga artikel ini bermanfaat mohon maaf bila ada kekurangan.

Salam.