Monday, April 23, 2018

Berikut Ini Hosting Gratis Alternatif yang Bisa Anda Gunakan untuk Moodle

Penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan belajar mengajar akhir- akhir ini menjadi sebuah keharusan dalam lingkup pembelajaran. Pengembangan model pembelajaran berbasis teknologi informasi diharapkan dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. 

Salah satu platform yang saat ini populer digunakan dalam pembelajaran berbasis e-learning adalah Moodle. Moodle merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang ditujukan untuk kegiatan pembelajaran berbasis online (daring). Baik guru dan siswa berinteraksi pada sebuah wadah ruang kelas digital dalam basis e-learning.  Selain itu kita dapat membuat materi pembelajaran, kuis, jurnal dan lain sebagainya.

Fitur dari Moodle dirasa sangat lengkap dan cocok untuk diterapkan di kelas saat ini. Fasilitas yang terdapat dalam Moodle adalah sebagai berikut :
  • Assignment. Fasilitas ini digunakan untuk memberikan penugasan kepada peserta pembelajaran secara online. Siswa dapat mengakses tugas dan mengumpulkan hasil tugas mereka dengan mengirimkan file hasil pekerjaan mereka.
  • Chat. Fasilitas ini digunakan untuk melakukan proses percakapan secara online. 
  • Forum. Guru dan siswa dapat berdiskusi melalui forum yang tersedia dalam Moodle
  • Survey dan Kuis. Fasilitas ini memungkinkan dilakukannya survey atau ujian  secara online.
  • Moodle mendukung paket pembelajaran dalam berbagai format misalnya bentuk teks, animasi, audio dan video. 

Moodle merupakan sebuah aplikasi Course Management System (CMS) yang membutuhkan tempat untuk instalasi. Ada dua cara untuk menjalankan Moodle yaitu secara offline dan online. Cara offline, kita bisa menginstal aplikasi ini melalui server dengan sistem localhost kemudian dihubungkan pada beberapa client. Sedangkan secara online, kita bisa memanfaatkan koneksi internet namun kita memerlukan hosting untuk menginstal aplikasi tersebut. Saat ini tersedia banyak pilihan Hosting untuk instalasi Moodle, juga anda bisa memilih yang gratis maupun berbayar. Sebagai langkah awal, anda bisa memakai  hosting gratis dahulu untuk belajar mengenal Moodle dan fitur- fiturnya. Dan untuk kepentingan yang lebih profesional, tidak ada salahnya memakai Hosting yang berbayar. 

Nah, pada tulisan ini saya akan membahas mengenai salah satu alternatif hosting gratis yang bisa anda gunakan untuk Moodle anda yaitu dengan MoodleCloud. MoodleCloud adalah platform cloud-hosted untuk lingkungan belajar dengan Moodle. Paket MoodleCloud dilengkapi dengan plugin dan alat tambahan untuk pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan interaktif. 

Langkah pertama adalah masuk ke website MoodleCloud kemudian klik sign up untuk  mendaftar.
Saat berhasil, anda akan mendapatkan website pembelajaran berbasis Moodle dengan nama domain yang sudah anda buat tadi saat mendaftar dan anda langsung bisa membuat pembelajaran berbasis e-learning Moodle dengan berbagai fasilitas yang disediakan.

MoodleCloud juga memberikan pilihan untuk upgrade ke versi berbayar, tentu saja dengan fasilitas dan fitur yang lebih lengkap lagi. Tetapi, bagi newbie seperti saya, MoodleCloud cocok untuk digunakan sebagai sarana untuk belajar Moodle dengan langsung mengaplikasikannya ke pembelajaran kelas.

Semoga bermanfaat.