Tuesday, April 10, 2018

Mau Daftar PKN STAN? Yuk Simak Pengumuman Pendaftarannya Berikut Ini

Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) menjadi salah satu sekolah kedinasan yang paling banyak diminati. Hal itu terlihat dari jumlah pendaftar dari tahun ke tahun yang semakin meningkat. Kabar baik bagi adik- adik yang ingin mendaftar PKN STAN, pada tahun ini sekolah kedinasan ini membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk program Diploma I dan Diploma III dengan jumlah kebutuhan yang paling besar bila dibandingkan dengan sekolah kedinasan lainnya yaitu 7301 kuota. Hal itu sesuai dengan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/225/M.SM.01.00/2018 tentang Persetujuan Prinsip Tambahan Kebutuhan CPNS dari Siswa/Siswi PKN STAN Tahun Anggaran 2018 yang dikeluarkan beberapa waktu lalu.

Dengan kuota jumlah kebutuhan yang lumayan besar tersebut, ada sembilan pilihan program studi yang bisa diambil pada PKN STAN antara lain,
  1. Program Studi Diploma I Kebendaharaan Negara;
  2. Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai;
  3. Program Studi Diploma I Pajak;
  4. Program Studi Diploma III Akuntansi;
  5. Program Studi Diploma III Kebendaharaan Negara;
  6. Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai;
  7. Program Studi Diploma III Manajemen Aset;
  8. Program Studi Diploma III Pajak;
  9. Program Studi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai.

Adapun syarat pendaftar PKN STAN merupakan lulusan sekolah menengah atas (SMA) atau yang sederajat. Program Diploma I dibuka bagi lulusan SMA yang berusia minimal 17 tahun pada tanggal 1 September 2018. Untuk program Diploma III, usia minimal pendaftar adalah 15 tahun pada 1 September 2018. Sedangkan usia maksimal kedua program yang diperkenankan adalah 20 tahun terhitung pada 1 September 2018.

Tahapan seleksi mahasiswa baru PKN STAN yaitu, 
  • Pertama, mendaftarkan diri secara online untuk registrasi dan pemilihan sekolah kedinasan melalui http://sscndikdin.bkn.go.id pada 9-30 April 2018. Peserta hanya boleh melamar di satu sekolah kedinasan dan tidak diperkenankan untuk melamar lebih dari satu sekolah kedinasan.
  • Kedua, peserta mengisikan formulir pendaftaran online melalui portal http://spmb.pknstan.ac.id pada 9-30 April 2018. Pada tahapan ini, persiapkan dokumen- dokumen  untuk diunggah seperti ijazah/ rapor, identitas diri, pas foto, dsb.
  • Ketiga, peserta melakukan pembayaran pada 9-30 April 2018, 
  • Keempat, peserta menjalani ujian tertulis pada 27 Juni-7 Juli 2018 dan ujian kesehatan dan kebugaran pada 23-25 Juli 2018. Pengumuman kelulusan seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) dijadwalkan 1 Agustus 2018.
Berikut informasi rinci dan lengkapnya,


Semoga bermanfaat,