4/11/2018

Mengenal Jenis Soal TKPA Bahasa Inggris SBMPTN

Bahasa Inggris merupakan salah satu bagian mapel yang diujikan dalam TKPA SBMPTN. Mapel ini memiliki bobot yang sama dibandingkan dengan mapel uji TKPA lain seperti TPA, bahasa Indonesia,  dan Matematika dasar. Bila dilihat dari pola soal bahasa Inggris beberapa tahun terakhir ini, soal bahasa Inggris berjumlah lima belas butir soal dengan komposisi soal reading comprehension dengan tingkat kesulitan soal yang menurut saya hampir sama dengan TOEFL. Karenanya, adik- adik biasanya jarang sekali menemui materi yang familiar  seperti berbagai macam genre text yang diajarkan saat berada di bangku sekolah SMA. Topik teks dalam soal reading pun lebih luas, biasanya mencakup bidang sosial, ekonomi, budaya, sejarah, politik, teknologi bahkan juga kesehatan dengan bahan- bahan teks yang diambil dari jurnal ilmiah, website, maupun sumber lain yang relevan. 

Analisis dan pemahaman menjadi kunci penting untuk menjawab soal reading TKPA bahasa Inggris SBMPTN. Untuk itu latihlah pola kebiasaan membaca dengan melatih membaca topik- topik yang update sekarang ini. Bahan bacaan bisa berasal dari sumber yang beragam seperti koran, artikel internet, jurnal, dsb.  Pahami dan ketahui maksud dari teks yang dibaca, maka, secara otomatis kekayaan kosakata juga akan meningkat dan bertambah setiap harinya. Dan yang tidak kalah penting yaiu adanya peningkatan kemampuan speed reading kita. Hal itu sangat berguna karena tipikal soal reading bahasa Inggris TKPA SBMPTN menuntut analisis dan pemahaman yang tinggi dengan pressure waktu yang relatif sedikit.  
Contoh Screenshot teks reading TKPA Bahasa Inggris SBMPTN tahun 2017

Nah, beberapa strategi yang bisa adik- adik terapkan sebelum mengerjakan soal reading bahasa Inggris TKPA SBMPTN, 
  1. Baca seluruh pertanyaan sebelum membaca teks.
  2. Cari dan pahami kata kunci yang terdapat dari masing- masing pertanyaan.
  3. Baca teks sambil menandai pernyataan di teks yang ada hubungannya dengan kata kunci setiap pertanyaan.
  4. Jawab pertanyaan dengan memilih jawaban yang paling sesuai dengan pernyataan yang ada di teks.
  5. Dahulukan menjawab pertanyaan yang paling mudah.

Adapun teknik membaca yang bisa adik- adik pakai untuk mengerjakan soal- soal tersebut adalah dengan 

  1. Metode Skimming (reading for the gist), yaitu preview untuk mendapatkan gambaran umum, judul, topik maupun ide utama bacaan.
  2. Metode Scanning (reading for the detail) yaitu untuk memahami isi bacaan secara detail atau menyeluruh untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang berupa 5W +H , True or False Statement, Conclusion of The text, dan sebagainya.

Dalam beberapa tahun terakhir, bentuk tes bahasa Inggris reading comprehension yang diujikan dalam SBMPTN yaitu  One full text comprehension - artinya, pada tes jenis ini seperti pada jenis tes reading comprehension lainnya, adik- adik harus menjawab pertanyaan seputar teks yang terdapat diatasnya, Dan pertanyaan - pertanyaan yang muncul adalah seputar topic, main idea, purpose, title, dan sebagainya. 

Nah, berikut ini beberapa pertanyaan yang sering muncul dalam soal one full text comprehension SBMPTN dan cara menyelesaikannya.

1. Gambaran umum

Beberapa tipe soal yang menyatakan gambaran umum adalah sebagai berikut :

  • What is the topic of the text?
  • The topic of the test is ....
  • The text is about....
  • The text tells us about ....
  • What is the main information of the text?
  • What does the text mainly discuss?


Adapun cara penyelesaian soal- soal yang menanyakan topik (intisari/ gagasan umum bacaan ) adalah sebagai berikut :

  • Cari kata atau frase yang paling sering muncul di bacaan, kemudian pilihlah jawaban yang sesuai.
  • Baca kalimat pertama dan kedua setiap paragraf, kemudian simpulkan intisarinya dan pilihlah jawaban yang sesuai. 

2. Title

Beberapa tipe soal yang menanyakan "title " atau judul bacaan adalah "What is the best title of the text above?"
Cara menyelesaikan soal- soal yang menanyakan title atau judul adalah dengan mencari pilihan jawaban (A-E) yang paling sesuai dengan jawaban.


3. Main Idea/ main  information (pikiran utama/ kalimat utama dalam paragraf)

Main idea merupakan pengembangan topik bacaan, maka menyelesaikannya adalah dengan memilih jawaban (A-E) yang sesuai dengan topik bacaan. Bila main idea bersifat tersirat (implicit), maka mencarinya dengan :

Untuk paragraf deduktif (umum - khusus) yaitu dengan membaca kalimat pertama, kedua dalam paragraf dan kemudian pilihlah jawaban yang sesuai.

Untuk paragraf induktif (khusus- umum) dengan membaca kalimat terakhir paragraf yang biasanya berupa kesimpulan, kemudian pilihlah jawaban yang sesuai.


4. Aim/ purpose the writer (tujuan utama penulis)
Untuk mengetahui tujuan utama penulis biasanya diketahui dengan membaca intisari gagasan paragraf pertama ( biasanya dinyatakan dalam kalimat 1,2) ataupun bisa dari kesimpulan bacaan (paragraf terakhir)

5. Reference (pronoun + refers to)
Kata ganti (pronoun) selalu menjelaskan kata benda yang telah disebut sebelumnya, sehingga cara mencarinya dengan membaca kata/ frase/ kalimat sebelum "pronoun" yang ditanyakan.


6. Conclusion
Bacalah kalimat terakhir bacaan. Ciri-ciri yang digunakan adalah biasanya menggunakan konjungsi so that, accordingly, therefore, hence, ... 

7. Comprehensive question ( 5W + 1 H)
Pertanyaan dengan "Comprehensive Question" biasanya mencari informasi yang sesuai dengan kata kunci dalam setiap pertanyaan. Ada beberapa penanda dalam comprehensive questions seperti pemakaian what (apa) untuk menanyakan benda, who (siapa) untuk menanyakan orang, where (dimana) untuk menanyakan tempat, when (kapan) untuk menanyakan waktu, why (mengapa) untuk menanyakan alasan, dan how (bagaimana) untuk menanayakan cara / keadaan.

8 True/ false statement
Pahamilah pilihan jawaban (A-E) satu persatu, cari pernyataan di dalam teks yang sesuai untuk mengetahui apakah pilihan jawaban tersebut benar atau salah.

9. Vocabulary.
Untuk mencari jawaban pertanyaan vocabulary (kosakata), yang pertama adalah kuasailah kosakata kemudian cocokkan kosakata tersebut yang sesuai dengan konteks kalimat pada bacaan. Biasanya pertanyaan vocabulary memiliki ciri- ciri : meaning, synonym,antonym, and word definition.

Sembilan tipe pertanyaan reading diatas merupakan tipe soal umum. Mengerjakan soal bahasa Inggris TKPA SBMPTN butuh pemahaman dan penguasaan kosakata yang mumpuni. Tidak ada salahnya membiasakan teks bahasa Inggris untuk bisa memahami maksud teks dan memperkaya kosakata adik- adik. Juga latih dan pelajari soal- soal tahun - tahun sebelumnya sebagai bahan referensi. 

Semoga sukses.

No comments:

Post a Comment