Saturday, May 12, 2018

Lima Hal Tentang Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UNDIP yang Mesti Kamu Ketahui

Program studi ilmu hubungan Internasional atau yang kita kenal dengan jurusan HI merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati sekarang ini. Jurusan ini dipandang menarik mengingat iklim saat ini yang membutuhkan ahli- ahli yang berketerampilan dalam membina hubungan dan menyelesaikan berbagai permasalahan kaitannya dalam hubungan internasional. Nah, salah satu kampus yang membuka jurusan atau program studi ini adalah Universitas Diponegoro (UNDIP) di Semarang.

Bagi kamu yang kemarin- kemarin diterima pada jurusan ini melalui jalur SNMPTN atau memilih jurusan ini pada pendaftaran SBMPTN lalu, dan belum memiliki gambaran tentang jurusan yang kamu pilih ini, berikut ada lima hal informasi tentang program  studi ilmu hubungan Internasional Universitas Diponegoro (UNDIP) yang bisa kamu cermati.

Pertama, Program studi Ilmu Hubungan Internasional merupakan program studi S1 dari Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik UNDIP dengan akreditasi B sesuai No. akreditasi 140/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2014 tertanggal 14 Mei 2014. Bila kamu lulus dari program studi ini, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Politik (S.IP).

Kedua, Untuk mendaftar pada jurusan ini, ada dua jalur yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Untuk jalur SNMPTN, kamu haruslah lulusan SMA jurusan IPS, sedangkan untuk jalur SBMPTN atau Seleksi Mandiri (SM), kamu bisa berasal dari SMA jurusan IPA/ IPS/ Bahasa ataupun dari SMK dengan kriteria berdasarkan hasil tes.

Ketiga, Setelah diterima dan masuk pada jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai materi yang berhubungan dengan Ilmu hubungan internasional seperti Pengantar Ilmu Hubungan Internasional, Teori Hubungan Internasional, Ekonomi Politik Internasional, Analisis Kebijakan Internasional, Negosiasi dan Resolusi Konflik internasional, Globalisasi dan Transnasionalisme, Organisasi dan Administrasi Internasional, Politik Internasional, Hak Asasi Manusia dalam Hubungan Internasional, Perbandingan Politik Luar Negeri, Bisnis Internasional, Studi Eropa, Studi Asia Tenggara, Kejahatan Transnasional di Bidang Lingkungan, Kejahatan Internasional Terhadap Perang, Kejahatan Keuangan transnasional, Kejahatan Internasional Bidang Maritim, Politik Luar Negeri Indonesia,  Politik Luar Negeri AS, Politik Luar Negeri China, Psikologi Kejahatan, Teori Kriminologi, Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, dan Komputer aplikasi Hubungan Internasional.

Keempat, Waktu tempuh studi sebanyak 8 sampai dengan 14 semester dengan jumlah total SKS untuk menyelesaikan program studi ini adalah sebanyak 147 SKS dengan rincian 129 mata kuliah wajib dan 18 SKS mata kuliah pilihan. 

Kelima, Tidak usah khawatir setelah lulus dari progam studi ini. Peluang pekerjaan bagi lulusan program studi Ilmu Hubungan Internasional lumayan luas. Kamu bisa menjadi diplomat, akademisi, peneliti, analis kebijakan, birokrat bahkan juga jurnalis. 

Sebagai tambahan Berdasarkan informasi dari beberapa mantan siswa yang masuk ke jurusan ini, suasana perkuliahan menurut mereka lumayan menyenangkan karena selalu membahas topik- topik yang baru dan selalu update. Selain itu, jurusan ini juga sering mengadakan even- even dan kegiatan yang tentunya bisa menambah keterampilan dan keakraban antar mahasiswanya. 

Mumpung masih ada waktu menjelang perkuliahan pertama dimulai, tidak ada salahnya untuk menambah skill kamu dalam berbahasa, khususnya bahasa Inggris, karena bahasa ini akan menjadi bahasa dominan yang digunakan dalam setiap materi perkuliahan selain bahasa asing lainnya seperti bahasa Perancis. 

Demikian lima hal mengenai program studi Ilmu Hubungan Internasional yang bisa diketahui. Semoga informasi ini memberikan manfaat bagi kamu yang nanti akan masuk jurusan ini. Punya info lain mengenai jurusan ini, tuliskan melalui kolom komentar ya, agar bisa berbagi dengan pembaca lain.

Salam.