Thursday, May 31, 2018

Mengenal Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Apa yang Dipelajari, Serta Karir dan Peluang Kerjanya

Tidak dapat dipungkiri lagi industri otomotif saat ini berkembang dengan begitu pesatnya. Produsen berlomba untuk mengikat hati konsumen dengan produk unggulannya. Situasi seperti itu bisa terlihat saat kita melihat berbagai pameran otomotif yang sering diselenggarakan dengan antusiasme masyarakat seakan meningkat drastis akan beragam produk baru yang diluncurkan. Atmosfer ini sebenarnya menunjukkan bahwa industri otomotif menjadi salah satu peluang yang menjanjikan, artinya, dalam beberapa tahun ke depan industri ini akan banyak menyerap tenaga kerja yang handal dan terampil untuk bekerja dalam sektor ini. Kesempatan yang luas akan industri ini tentu saja dimiliki oleh anak- anak SMK relevan dengan jurusan ini. Jurusan yang relevan dengan bidang ini adalah jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO). 
Ilustrasi/ Sumber gambar : https://pixabay.com

Nah, bagi adik- adik yang ingin memilih jurusan ini saat melanjutkan pendidikannya di SMK, berikut sekilas informasi sebagai gambaran mengenai jurusan ini.

Apa itu jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)
Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) merupakan kompetensi keahlian pada rumpun program keahlian teknik otomotif. Beberapa tahun lalu mungkin kita familiar dan mengenal jurusan ini dengan Teknik Otomotif. Jurusan ini memfokuskan peserta didiknya dalam bidang otomotif khususnya mobil baik niaga maupun penumpang. Siswa akan dibekali keterampilan seperti melakukan perawatan dan perbaikan komponen mobil sampai dengan perbaikan mobil sesuai dengan standar yang ditetapkan. 

Apa saja yang dipelajari
Sebagai gambaran siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) akan mempelajari mata pelajaran yang digolongkan dalam muatan nasional, muatan kewilayahan dan muatan kejuruan. Pada muatan nasional dan kewilayahan, sama seperti jurusan- jurusan SMK yang lainnya, mapel yang dipelajari seperti Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, dan sebagainya. 

Pada muatan kejuruan sub dasar bidang keahlian mencakup Simulasi dan Komunikasi Digital, Fisika, dan Kimia. Sedangkan sub dasar program keahlian mencakup Gambar Teknik Otomotif, Teknologi Dasar Otomotif, dan Pekerjaan Dasar Otomotif. mapel pada sub dasar bidang keahlian dan sub dasar program keahlian relatif sama dengan mapel pada  rumpun teknik otomotif. 

Terakhir, mapel sesuai bidang keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) meliputi Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan, Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan, Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan dan Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Mapel ini dipelajari sesuai dengan bidang keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) dan akan dipelajari pada kelas XI.

Peluang Kerja dan Karir
Sekarang ini banyak SMK yang sudah bekerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri dengan meneken MOU dengan berbagai perusahaan otomotif terkemuka sehingga lulusan SMK jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) yang memiliki keterampilan dan memenuhi syarat akan secara langsung terserap dalam dunia kerja. Siswa lulusan bisa bekerja menjadi teknisi atau pekerja dalam industri tersebut.

Selain itu, dengan keterampilan yang dimiliki, lulusan juga bisa membuka lapangan kerja sendiri atau berwirausaha sesuai bidangnya, misalnya dengan membuka bengkel pribadi atau semacamnya.

Bila siswa lulusan ingin mengembangkan keterampilan dan pengetahuannya, mereka bisa melanjutkan kuliah dengan memasuki jurusan kuliah yang relevan sesuai bidangnya misalnya saja jurusan teknik mesin. Sebagai tambahan, saat ini juga tersedia Prodi Pendidikan Teknik Otomotif, untuk mengakomodir kebutuhan guru teknik otomotif untuk SMK maupun instruktur di pusat-pusat latihan (training center) dan Enterpreneur. Salah satu universitas yang membuka prodi ini adalah Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Menarik bukan? 
Demikian sekilas mengenai jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), apa yang dipelajari dan prospek kerja serta karirnya. Semoga informasi ini berguna bagi adik- adik yang ingin melanjutkan ke SMK khususnya memilih jurusan ini. 

Apabila sahabat Ahzaa punya tambahan informasi, pengalaman atau pertanyaan mengenai jurusan ini, bisa tambahkan melalui kolom komentar ya? Jangan lupa untuk membaca artikel kami mengenai jurusan- jurusan SMK seperti Multi Media dan Teknik Komputer dan Jaringan tentu saja di blog ini.


Salam.