5/19/2018

Rekomendasi Buku Bahasa Inggris untuk Materi Tes Bahasa Inggris (TBI) USM PKN STAN

Mengenali tipe soal Tes Bahasa Inggris (TBI) USM PKN STAN menjadi langkah awal dalam menguasai materi- materi yang muncul dalam tes. Tipikal soal TBI Bahasa Inggris USM PKN STAN dari tahun ke tahun hampir relatif mirip. Dimulai dari soal- soal grammar berbentuk structure and written expression, diikuti oleh soal error recognition serta soal reading comprehension. Meskipun pada tahun ini, 2018,  beredar informasi ditiadakannya soal berbentuk error recognition, namun adik- adik harus mesti siap menghadapinya bila saja informasi tersebut ternyata tidak benar.

Kita pasti sepakat bahwa soal tipe structure and written expression dan error recognition dipandang yang paling sulit karena soal- soal tipe itu merunut pada pemahaman grammar yang sangat luas. Dalam hal ini, penguasaan grammar menjadi kunci utama untuk bisa mengerjakan soal- soal bertipe structure and written expression dan error recognition. 

Ada banyak buku grammar yang diterbitkan saat ini akan tetapi buku- buku tersebut masih mencakup materi grammar yang sangat umum misalnya saja pembahasan bab atau materi yang terlalu berbelit dan kurang praktis untuk diterapkan dalam soal.

Nah, sebagai bahan rujukan untuk belajar grammar khususnya diperuntukkan untuk tes bahasa Inggris USM PKN STAN, berikut ini beberapa rekomendasi buku grammar bahasa Inggris yang menurut saya sesuai. Oke, langsung saja berikut ulasan buku- bukunya.

1. Cliffs TOEFL, Preparation Guide by Michael  A Pyle, M.A  and Mary Ellen Munoz Page, M.A.
Meskipun buku ini merupakan buku untuk persiapan TOEFL, namun materi- materi, rumus, dan latihan soal  relevan dengan materi- materi yang sering muncul dalam soal. Pembahasan per bab atau materi lumayan jelas, singkat dan padat. 

2.  Longman Complete Course for the TOEFL Test by Deborah Philips
Hampir sama dengan buku sebelumnya, buku ini juga buku persiapan untuk TOEFL. Buku ini sangat lengkap membahas tips tips mengerjakan soal, bentuk- bentuk latihan soal dan penyelesaian khususnya soal grammar baik tipe structure and written expression maupun tipe error analysis.
Buku TOEFL Longman

3. Understanding and Using English Grammar by Betty Schrampfer Azar
Buku ini sangat lengkap membahas grammar, disertai dengan rumus yang praktis serta latihan- latihan yang lengkap tentang materi Grammar. Untuk saat ini juga tersedia versi terbitan bahasa Indonesia sehingga memudahkan untuk belajar.

Demikian tiga referensi buku untuk belajar grammar dalam menghadapi soal- soal USM PKN STAN. Bila sahabat ahzaa memiliki referensi lain, bisa berbagi pada kita semua melalui kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment