Friday, September 14, 2018

Delapan Langkah Mudah Membuat Kuis, Diskusi dan Survey dengan Kahoot

Kahoot merupakan salah satu web tool untuk membuat kuis, diskusi dan survei dengan mudah. Di dalam kelas kita untuk membuat pembelajaran kita lebih menarik dan menyenangkan dengan bantuan Kahoot. Pada intinya Kahoot memberikan situasi pembelajaran yang cocok dengan menggabungkan pembelajaran berbasis permainan.


Dengan Kahoot guru untuk membuat kuis, diskusi maupun survey dengan memasukkan berbagai elemen seperti video, gambar maupun teks. Kemudian siswa  dapat mengakses dengan menggunakan beragam perangkat yang berbeda seperti smartphone, tablet, laptop dan perangkat lainnya dengan mudah. Selain itu guru juga bisa menambahkan batasan waktu untuk menjawab kuis atau survey yang sudah diberikan sehingga bukan hanya jawaban benar saja yang diperlukan namun juga ketepatan waktu juga menjadi poin utama dalam menjawab kuis atau survey yang diberikan oleh guru.

Sebagai tambahan Kahoot dapat membantu guru untuk mengumpulkan umpan balik informal dari siswa, menilai pemahaman belajar siswa, dan membuat jajak pendapat tentang hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran yang terjadi di kelas. Dan tidak diragukan lagi dalam segi kreativitas, Kahoot memungkinkan siswa untuk tidak hanya menjawab pertanyaan tapi juga membuat pertanyaan mereka sendiri.

Tutorial Kahoot

Pertama, Kunjungi alamat http://www.getkahoot.com kemudian silahkan sign up untuk mendaftar. Persiapkan alamat email aktif untuk registrasi.
Tutorial Kahoot
Kedua, Isikan form registrasi secara lengkap
Setelah berhasil Sign Up dan masuk ke halaman Dashboard Kahoot, Pilihlah salah satu fitur yang tersedia apakah Quiz, Discussion, atau Survey. Disini saya memilih Quiz, karena ingin membuat Kuis secara online.
Tutorial Kahoot
Ketiga, Isikan Deskripsi dari kuis yang ingin anda buat misalnya judul, deskripsi, settingan untuk kuis. Pada settingan "Visible to", silahkan pilih "Only me" bila kuis hanya bisa dibuka dan ditampilkan untuk keperluan anda sendiri misalnya untuk pembelajaran di kelas kita. Anda juga bisa menambahkan gambar yang relevan. Kemudian jangan lupa klik OK, GO bila sudah selesai.
Tutorial Kahoot

Keempat, Setelah berhasil membuat deskripsi kuis anda, saatnya untuk memulai membuat pertanyaan dalam kuis yang akan anda buat. Pilih Add Question.
Tutorial Kahoot
Pada tampilan pertanyaan, silahkan isikan:
- Question : untuk membuat pertanyaan
- Time limit : Batasan waktu
- Answer : Jawaban yang dibutuhkan
- Media : menambah gambar atau video


Kelima, Centang pada jawaban yang benar sebagai kunci jawaban kemudian klik Next
Tutorial Kahoot



Keenam, Tambahkan pertanyaan- pertanyaan berikutnya. Langkahnya sama seperti langkah sebelumnya. Bila sudah selesai, klik Save pada sebelah kanan atas.
Tutorial Kahoot

Pilih Preview it atau Play it,
Tutorial Kahoot

Ketujuh, Pada Game Options, pilihlah Display Game Pin Throughout untuk menampilkan PIN yang nantinya akan diberikan pada siswa kita. Lalu pada bagian atas, pilih sistem permainan secara Classic atau Team kemudian nomor PIN akan muncul pada layar anda.
Tutorial Kahoot

Kedelapan, Instruksikan siswa anda dengan menggunakan smartphone, tablet atau laptop yang sudah terkoneksi dengan internet untuk membuka kuis yang anda buat. Berikan PIN tersebut kepada siswa anda.
Masuk ke https://kahoot.it lalu instruksikan siswa untuk masukkan no. PIN yang sudah diberikan.

Selamat mencoba dan Semoga Bermanfaat.