Monday, September 24, 2018

Inilah Google Tool yang Efektif untuk Membantu Belajar Bahasa Asing

Google itu sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari- hari kita. Bidang apapun yang kita kerjakan, pastinya melibatkan peranan Google baik sebagai media informasi, mesin telusur, pemanfaatan teknologi, pembelajaran dan sebagainya. Dalam pembelajaran bahasa asing, Google menyediakan tool-tool yang lengkap untuk mengakomodir kebutuhan kita seperti Translation tools, Speech-to-text tools, Text-to-speech tools, Dictionary tools, Summarization tools dan Screencasting tools. Semua fasilitas bantuan tersebut bisa kita dapatkan dalam semua produk Google misalnya Google Docs, Mobile apps, Ekstensi atau add on Google Chrome, maupun website penerjemahan Google. 

Nah, bagi anda yang menggunakan Google Chrome sebagai mesin peramban dan ingin menggunakan semua fasilitas untuk belajar bahasa asing seperti yang saya sebutkan diatas, ada satu ekstensi atau add on yang bisa kita instal untuk membantu kita, yaitu Read&Write for Google Chrome. Read&Write, merupakan salah satu ekstensi Chrome yang menyediakan berbagai alat, untuk mempelajari bahasa asing termasuk text-to-speech, kamus, kamus gambar, terjemahan, dan banyak lagi. 

Untuk menggunakan ekstensi ini, berikut langkah- langkahnya,
  1. Pertama-tama instal ekstensi Read&Write dari Toko Web Chrome atau klik Read&Write for Google Chrome
  2. Dengan ekstensi yang terpasang, Anda dapat menggunakannya di dalam Google Docs atau di situs web apa pun.
  3. Saat kita membuka ekstensi ini, akan tersedia berbagai toolbar dengan fungsi tertentu, yaitu :
    Tampilan Read&Write di Google Docs
    Tampilan Read&Write di Google Docs

  • Play - Ini adalah tombol text-to-speech. Ini akan membacakan teks yang telah Anda pilih atau seluruh halaman atau dokumen. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan pemahaman bahasa kedua dengan mendengar teks yang dibacakan untuk Anda.
  • Dictionary - Alat ini akan memberi Anda definisi kata yang dipilih di jendela pop-up.

  • Picture Dictionary - Alat ini akan memberi Anda gambar clipart untuk kata yang dipilih di jendela pop-up.
  • Translator - Alat ini akan memberikan terjemahan kata yang dipilih di jendela pop-up dalam bahasa pilihan Anda.
  • Options - Dalam menu ini Anda dapat memilih suara dan kecepatan yang digunakan untuk text-to-speech. Ini dapat mempermudah siswa untuk memahami kata-kata yang diucapkan. Di menu opsi Anda juga dapat memilih bahasa yang akan digunakan untuk terjemahan.

Ada dua versi dalam ekstensi Read&Write ini yaitu  versi gratis dan versi berbayar. Pada versi gratis hanya tersedia tool text-to-speech dan penerjemah. Akan tetapi kita bisa mendapatkan versi premium secara gratis dengan memanfaatkan status profesi kita yaitu guru atau pendidik. Adapun caranya yaitu masuk ke website Texthelp melalui Educator Upgrade Form  dan isikan form seperti pada gambar,
Form isian akun Read&Write untuk guru

Demikian ulasan singkat tentang Google Tool untuk membantu belajar bahasa asing. Semoga tulisan ini bermanfaat dan selamat mencoba.
Salam.