9/20/2018

Web Tool ini Akan Membantu Siswa Mendesain Resume Lamaran Kerja yang Menarik

Resume dalam melamar pekerjaan memiliki peranan yang sangat vital. Resume seringkali digunakan bersama dengan CV ( Curriculum Vitae) meskipun secara konten sebenarnya keduanya berbeda. CV berisikan gambaran  tentang pengalaman, kualifikasi dan prestasi sedangkan resume berisi ringkasan singkat mengenai keterampilan, kualifikasi dan pendidikan seseorang. Dalam membuat resume tentang diri sesorang pelamar, ada dua aspek yang penting yang mesti ada dalam resume yaitu isi atau konten dan tampilan atau design dari resume itu sendiri. 
Kolase Foto Canva
tampilan kolase Foto dari Canva

Membuat tampilan resume tampak menarik dianggap sebagai nilai plus dalam tahapan awal melamar pekerjaan. Resume yang tampak profesional memberikan cara pandang yang berbeda seorang perekrut di perusahaan. Di sekolah khususna SMK, selain surat lamaan kerja, pembuatan resume sangat berguna membekali siswa dalam menghadapi dunia kerja. Karenanya, resume bisa dijadikan salah satu tugas untuk melatih dan tentu saja mengasah kreatifitas mereka dalam emmbuat resume yang menarik dan profesional. 

Ada banyak cara untuk membuat resume tampak profesional, salah satunya dengan menggunakan web tool. Web tool yang mengakomodir pembuatan resume yang menarik dan tentu saja tampak profesional adalah dengan Canva Resume Maker. Sebelumnya kita mengenal Canva sebagai alat pembuatan infografis yang efektif. Dalam hal ini Canva menawarkan berbagai macam desain resume yang menarik dan kreatif untuk dapat digunakan oleh siswa dalam merancang dan membagikan resume mereka. 

Siswa dapat dengan mudah mengedit dan menyesuaikan tata letak resume seperti yang mereka inginkan dengan menggunakan editor drag and drop yang sederhana. Plus mereka dapat mengubah font teks, mengubah latar belakang, dan menambah visual. Saat selesai, mereka dapat menyimpan dan berbagi dengan orang lain. 
Membuat Resume Profesional dengan canva
Tampilan Canva Resume Maker

Siswa dapat mengunduh resume dalam format PDF, PNG atau JPG atau membagikannya dengan siswa lainnya untuk mendapatkan komentar tentang resume mereka.

Fasilitas yang ditawarkan Canva bersifat free atau gratis kecuali untuk item- item tertentu yang berbayar. Untuk penggunaan pertama, arahkan siswa untuk mendaftar dengan alamat email  atau mendaftar dengan akun Google mereka. 

Semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba.

No comments:

Post a Comment