Tuesday, September 18, 2018

Membuat Website Sekolah Biaya Terjangkau dengan Layanan Hostinger

Sebagai salah satu sebuah media informasi, website sekolah ditujukan untuk memberikan informasi sekolah kepada masyarakat khususnya siswa dan orang tua siswa. Informasi tersebut dapat berupa profil sekolah, jenis kegiatan sekolah, dokumentasi kegiatan, kurikulum yang diterapkan dan layanan akademik sekolah seperti rapor online, ujian berbasis daring sampai dengan pemberitahuan kelulusan. 

Melalui website sekolah, masyarakat dapat mudah mencari informasi yang dibutuhkan hanya dalam genggaman tangan tanpa harus mengeluarkan biaya berlebih. Karenanya setiap sekolah saat ini direkomendasikan untuk memiliki website sekolah untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat khususnya peserta didik dan orang tua siswa. Bahkan beberapa tahun belakangan ini pemerintah juga gencar untuk mensosialisasikan pembangunan website sekolah kepada setiap satuan pendidikan. 

Kebanyakan dari kita mungkin berfikir bahwa membangun website sekolah itu lumayan sulit dan mahal. Rumit dan mahalnya suatu website sekolah itu tergantung kelengkapan konten di dalamnya. Bila konten hanya bersifat statis saja dan sedikit tambahan untuk membantu kelancaran informasi saya rasa sekolah tidak perlu mengeluarkan biaya yang berlebih. Untuk lebih memudahkan berikut ini persiapan bagaimana memulai membangun website sekolah dengan efektif, bagus, informatif dan tentu saja tidak berbudget mahal. 

Persiapan Membangun Website Sekolah 

Pengetahuan dasar mengenai website
Membangun website sekolah memerlukan pengetahuan dasar tentang bagaimana menulis artikel, mengedit template, mengedit HTML, upload file, download file, mengetahui domain dan hosting, mengetahui FTP ,serta mengetahui cpanel. Tidak ada salahnya sedikit belajar mengenai hal tersebut diatas yang mana banyak digelar di jagat internet.   

Tentukan konsep website sekolah
Ada bermacam- macam konsep untuk digunakan di website sekolah misalnya saja memakai Joomla, Drupal, WordPress atau bahkan buatan sendiri dengan beragam bahasa pemrograman web seperti Java, Dreamweaver, Netbeans, Frontpage dan sebagainya . Pilih yang sekiranya familiar dan mudah untuk dipahami. Dalam hal ini saya lebih memilih menggunakan WordPress. WordPress mudah digunakan bahkan tanpa dasar pemahaman bahasa pemrograman sekalipun dan tutorial yang lumayan banyak. Plus tersedia tampilan template WordPress yang cocok untuk website sekolah dan jutaan plugin yang memudahkan untuk keperluan website sekolah kita. Kita tinggal menginstal WordPress pada cPanel Hosting saat kita sudah membeli paket domain dan hosting. 

Membeli Domain dan Web Hosting
Seringkali kita mendengar kedua istilah ini, domain dan web hosting. Secara sederhana, domain itu ibarat alamat rumah dan web hosting adalah rumah dimana alamat itu berada. Ada dua jenis domain yaitu free domain dan Top level domain. Biasanya free domain memakai sub domain seperti blogspot.co.id atau wordpress.com. Dalam membuat website sekolah, kita biasanya memerlukan ekstensi top level domain yaitu .sch.id.  Sedangkan untuk hosting, pilihlah hosting dengan bandwith yang lumayan cukup atau unlimited untuk digunakan agar aksesnya cepat pada waktu- waktu tertentu saat jumlah pengunjungnya banyak serta tidak nge-hank. Baik domain dan hosting, kita akan dikenakan biaya layanan langganan tahunan dari penyedia layanan domain dan web hosting. 

Memilih Layanan Web Hosting yang Tepat
Memilih penyedia layanan domain dan hosting haruslah cermat dan tepat. Asal-asalan memilih  penyedia layanan domain dan hosting akan berdampak pada performa website sekolah kita. Ada bermacam penyedia layanan domain dan hosting terkemuka di Indonesia, salah satunya adalah Hostinger. Hostinger merupakan penyedia layanan Domain dan Web Hosting Unlimited Terbaik Indonesia. Berdiri sejak  tahun 2004, Hostinger memberikan keleluasaan bagi para penggunanya untuk bebas mendesain website tanpa batasan PHP, MySQL, & cPanel dengan tanpa adanya iklan yang mengganggu. Selain itu Hostinger juga menyediakan  fasilitas Disk Space & Bandwidth Unlimited plus Support 24 jam/7 hari seminggu. Itulah mengapa sampai detik ini ada lebih dari 29 juta pengguna yang tersebar di 178 negara di dunia sebagai pengguna layanan dari Hostinger

Mengapa Hostinger?
Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Hostinger antara lain sebagai berikut, 

Harga terjangkau Layanan Terbaik
Parameter pertama dalam memilih paket hosting adalah kesesuaian harga dan paket yang ditawarkan. Hostinger memberikan pilihan paket lengkap dengan harga yang sesuai kebutuhan anda. 

Server cepat dan stabil
Hostinger memberikan layanan hosting tercepat dan terbaik. Dengan tingginya uptime  99,9 % memberikan jaminan bahwa jarang terjadi downtime server sehingga website anda akan tetap aman dan stabil tanpa khawatir terjadinya gangguan yang berarti.

Aktivasi yang Mudah
Mudahnya melakukan aktivasi domain dan hosting dari layanan Hostinger ditambah dukungan 24/7 yang memberikan pelayanan ekstra dimanapun dan kapanpun. 

Jaminan Uang Kembali
Hostinger memberikan jaminan uang kembali selama 30 hari, artinya kita dapat mencoba layanan selama 30 hari dan bisa membatalkan kapanpun layanan bila tidak sesuai sejak masa pembelian dengan pengembalian uang yang dibayarkan.

Paket yang Memadai
Ada tiga paket dari Hostinger untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan penggunaan website anda yaitu Web Hosting Single, Web Hosting Premium, dan Web Hosting Bisnis

Harga paket web hosting Hostinger
Harga Paket Web Hosting Hostinger

***Keterangan

Web Hosting Single
Mulai dari harga Rp. 9.900 per bulan (harga diskon), anda sudah dapat membuat website dengan spesifikasi yang memadai. Adapun layanan yang akan diterima adalah sebagai berikut,
  • 1 Website
  • Disk Space 10 GB
  • Bandwidth 100 GB
  • Kemudahan Website builder
  • Powerful Control Panel
  • Kemudahan Access Manager

Web Hosting Premium
Layanan dengan spesifikasi yang unlimited hanya dengan harga yang terjangkau mulai Rp.19.989,- per bulannya (harga diskon) dan anda akan mendapatkan fitur sebagai berikut,
  • Jumlah Website Unlimited
  • SSD Disk Space Unlimited
  • Bandwidth Unlimited
  • Kemudahan Website Builder
  • Powerful Control Panel
  • Kemudahan Access Manager
  • 2X WordPress Optimized Speed Gratis Nama Domain (minimal pembelian 12 bulan)

Web Hosting Bisnis
Nah, bagi anda yang membutuhkan spesifikasi yang super plus tambahan fitur yang lengkap, anda bisa memilih paket ini. Fasilitas yang ditawarkan adalah sebagai berikut,
  • Jumlah Website Unlimited
  • SSD Disk Space Unlimited
  • Bandwidth Unlimited
  • Kemudahan Website Builder
  • Powerful Control Panel
  • Kemudahan Access Manager
  • 4X WordPress Optimized Speed
  • Gratis Nama Domain (minimal pembelian 12 bulan)
  • Backup Harian
  • Bantuan Live Chat Profesional
  • 2X Processing Power & Memory
  • Gratis SSL untuk proteksi data & menaikkan peringkat SEO

Paket yang Cocok untuk Website Sekolah
Dalam pembuatan website sekolah baik berbasis WordPress, Drupal, atau Joomla menurut saya, paket web hosting premium sudah cukup mumpuni untuk digunakan dengan dengan beragam fasilitas keunggulan yang ditawarkan.

Sedangkan untuk keperluan yang lebih intens dan kompleks di kemudian hari, anda bisa mengupgrade-nya ke paket web hosting bisnis.

Nah, untuk informasi lebih lanjut tentang harga, fitur dan kelebihannya,  silahkan kunjungi di website resmi Hostinger di https://www.hostinger.co.id/web-hosting

Demikian ulasan saya tentang pembuatan website sekolah biaya terjangkau dengan layanan Hostinger. Semoga informasi ini memberikan manfaat bagi anda semua yang menginginkan layanan domain dan web hosting yang profesional untuk membangun website sekolah anda. 

Salam.