Monday, September 10, 2018

Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Bahasa Inggris dengan Podcast

Podcast merupakan salah satu metode yang sangat efektif dalam melatih kemampuan mendengarkan bahasa Inggris. Seperti kita ketahui bahwa "English is habit", maka semakin kita terbiasa mendengarkan kata, frasa, kalimat, paragraf atau bahkan teks dalam bahasa Inggris maka semakin terlatih pula kemampuan otak kita untuk mencerna makna- makna dalam teks tersebut. Anda bisa berlatih dengan mendengarkan satu kategori podcast dalam satu hari dan memilih kategori yang tersedia berdasarkan minat anda untuk diperdengarkan. Perdengarkan beberapa kali untuk  mencerna maksud dari topik yang diperdengarkan dan catat beberapa kata yang dianggap sulit. Menurut saya semakin banyak anda mendengarkan topik- topik dalam podcast, maka semakin terlatih pula kemampuan anda baik pemaknaan maupun pengucapan dalam bahasa Inggris. Selain itu podcast juga melatih anda untuk sukses dalam tes bahasa Inggris seperti TOEFL, TOEIC maupun IELTS. Kategori- kategori podcast, tidak jauh berbeda dengan berbagai kategori teks atau topik yang ditanyakan dalam tes- tes tersebut.
Ilustrasi Mendengarkan

Kelebihan Podcast dalam Belajar Bahasa Inggris
Beberapa kelebihan Podcast untuk belajar bahasa Inggris adalah sebagai berikut:
  1. Ratusan bahkan ribuan kategori podcast yang tersedia. Ada banyak sekali kategori podcast yang tersedia saat ini jadi anda bisa memilih topik yang anda suka berdasarkan minat anda. Apabila anda adalah orang yang bergelut dalam bidang pendidikan misalnya, maka topik pendidikan bisa anda pilih untuk memperluas wawasan anda.
  2. Podcast bisa didengarkan kapanpun dan dimanapun. Anda bisa mendengarkan podcast sesuai dengan waktu luang yang anda miliki apakah pagi hari , sore, atau malam hari. Selain itu dimanapun anda berada, baik di halte, dalam perjalanan bus, atau di kantor pas masa istirahat, anda juga bisa mendengarkan podcast.
  3. Tidak ada iklan. Karena podcast adalah sifatnya rekaman audio, maka anda tidak akan menemukan iklan seperti di radio.
  4. Podcast menambah pengetahuan. Banyaknya kategori yang bisa dipilih dalam podcast memungkinkan anda untuk mengupgrade pengetahuan. Selain itu kemampuan bahasa Inggris anda juga akan meningkat seiring dengan seringnya mendengarkan topik bahasa Inggris yang anda minati.


Website Penyedia Podcast untuk belajar Bahasa Inggris
Nah, untuk melengkapi tulisan ini, berikut beberapa Website penyedia Podcast bahasa Inggris untuk mempermudah belajar anda. 

The English We Speak merupakan salah satu program dari BBC radio. Melalui Podcast BBC ini, kita bisa belajar bahasa Inggris mengenai  frase, dan slang dalam  ungkapan sehari- hari. Durasi dalam podcast di program ini rata- rata selama 3 - 4 menit. Kelebihan dalam podcast yang disediakan oleh program ini adalah tempo pengucapan oleh dua orang penyaji atau presenter lebih lambat dari biasanya sehingga suku kata yang diucapkan juga lebih jelas. 

Selain The English We Speak diatas, Podcast dalam English Class 101 menurut saya sangatlah menarik untuk anda coba. Menariknya, dalam English Class 101, pendengar bisa memilih tingkatan berdasarkan kemampuan anda misalnya, pemula, menengah dan lanjutan. Podcast disajikan oleh dua host yang mempunyai peran berbeda. Setiap podcast memberikan beberapa informasi yang relevan. Kosa kata dan frase difokuskan pada setiap Podcast, dan sebagai tambahan definisi dari beberapa kata yang masih asing di telinga pendengar. Kemudian pada bagian kesimpulan dari setiap podcast, biasanya akan dibahas tentang tata bahasa atau grammar.

Tidak mau ketinggalan dari yang lainnya, British Council juga menyediakan pembelajaran bahasa Inggris melalui Podcasts. Podcast- podcast yang disediakan juga diperuntukkan untuk yang pemula sampai dengan menengah. Durasi untuk setiap podcast juga lumayan panjang yaitu sekitar 25 menit. Setiap host juga bertindak dalam bagian yang berbeda. Topik yang dibicarakan mulai dari kehidupan sehari- hari, motivasi, tentang hidup dan banyak lagi. Tempo dari podcast juga lumayan lambat sehingga bagi kita sebagai pemula masih bisa mengikuti alur atau informasi yang disampaikan.  

Better at English menyediakan podcast bahasa Inggris yang menampilkan percakapan nyata penutur asli. Topik dalam podcast nya berkisar dari yang serius ke konyol dengan tempo kecepatan normal. Podcast bahasa Inggris dalam better at English juga  disertai dengan transkrip dan catatan kosakata sehingga mempermudah kita saat menemukan istilah atau kosakata yang sulit.

Voice of America adalah berita bahasa dan informasi layanan bahasa Inggris yang menyediakan serangkaian program multi-genre dalam bahasa Inggris. Ada berbagai menu atau topik yang disediakan misalnya dokumenter, sejarah Amerika, dan idiom bahasa Inggris. Tempo dalam podcast-nya dibuat agak lambat sehingga mempermudah kita untuk menyimaknya. 
Podcast dalam Voice of America sangat cocok sebagai bahan  tambahan materi  dalam belajar. Seperti halnya program radio konvensional, setiap podcast dibagi menjadi beberapa segmen dan menggunakan musik dan efek suara untuk memperkaya konten dalam audio tersebut.

Demikian ulasan Podcast sebagai salah satu metode yang sangat efektif dalam melatih kemampuan mendengarkan bahasa Inggris. Semoga tulisan ini memberikan manfaa bagi anda semuanya dan Selamat mencoba dan terus berusaha.

Salam.