Saturday, October 27, 2018

Inilah Aplikasi Text to Speech Terbaik untuk Membuat File Audio Listening Anda

Bagi guru bahasa Inggris, membuat file audio listening sebagai bahan pembelajaran menjadi hal yang biasa. File audio listening dapat dimanfaatkan utuk melatih siswa dalam keterampilan mendengarkan mereka. Kadang guru menggunakan suara mereka sendiri untuk mengajarkan materi yang berhubungan dengan listening dan bisa diprediksi siswa menjadi bosan.

Nah, kita hidup di jaman teknologi dengan beragam fitur yang bisa kita manfaatkan. Kita bisa membuat file audio sendiri tanpa melibatkan banyak orang serta dengan biaya yang mahal yaitu dengan bantuan program Text-To-Speech (TTS). Sistem kerja dari program TTS ini adalah mengubah teks menjadi suara. Suara atau audio tersebut kemudian dapat didownload dan ddimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan kita.

Ada banyak sekali program Text-To-Speech (TTS) baik berbayar maupun gratis. Kelebihan ada pada setiap program tentunya. Program berbayar menyediakan fitur yang lebih lengkap dengan suara yang premium sedang program gratis menyediakan fitur yang standar.
sumber gambar : http://combiboilersleeds.com
Dari beberapa program yang sudah saya coba, menurut saya ada tiga program terbaik untuk saya ulas pada tulisan ini. 

1. Acapela Box
Acapela Box merupakan platform penyedia konversi teks ke audio dengan menggunakan  kualitas Text- To- Speech yang baik. Copy-kan file teks anda ke dalam box yang tersedia kemudian konversikan menjadi format audio yang anda inginkan seperti WAV dan MP3. Anda bisa memilih suara baik laki- laki maupun perempuan berdasarkan umur atau usia mereka. Webtool ini berbayar, jadi anda harus membayar untuk mendapatkan fasilitas premium. Dengan fasilitas premium, tentunya fitur- fitur akan dapat digunakan semuanya, tanpa terbatas.

Anda dapat memanfaatkan fitur demo yang disediakan yaitu dengan sign up terlebih dulu sehingga  fitur premium dapat digunakan secara gratis untuk sementara. Saran saja untuk mendownload fitur audio dari Acapela Box, anda bisa menggunakan fitur download atau melalui downloader anda seperti IDM.

Sekedar pengalaman membuat file listening dengan platform ini, saya membutuhkan tambahan program sound editor seperti wavepad untuk menggabungkan beberapa file audio-nya. Memang agak ribet prosesnya akan tetapi hasilnya lumaan bagus serta output audio-nya tidak kaku seperti suara robot. 

2. Balabolka

Balabolka adalah salah satu program Text-To-Speech (TTS) untuk mengubah format teks menjadi audio. Program ini menggunakan berbagai versi Microsoft Speech API (SAPI) yang memungkinkan untuk mengubah parameter suara, termasuk tingkat dan pitch. Anda dapat menerapkan daftar substitusi khusus untuk meningkatkan kualitas artikulasi suara. Fitur ini berguna bila Anda ingin mengubah ejaan kata-kata. Aturan untuk koreksi pengucapan menggunakan sintaks ekspresi reguler.

Balabolka juga dapat diinstal dengan mudah di laptop atau komputer anda. Dan format audio yang dihasilkan bisa disimpan dengan format WAV, MP3, MP4, OGG or WMA.

Namun, karena merupakan aplikasi gratis, hasil dari konversi audio juga tidak semaksimal aplikasi yang berbayar mahal. Suara atau output yang dihasilkan masih kaku dan terdengar seperti suara robot. 

3. Listening Media
Menurut saya aplikasi ini yang paling mengerti kebutuhan guru bahasa Inggris dalam membuat file listening. Kita bisa membuat model audio seperti percakapan atau model soal listening ujian nasional. Aplikasi Listening Media menyediakan beberapa pilihan model suara, anda bisa memilih salah satu pilihan sesuai dengan kebutuhan anda dan aplikasi ini memungkinkan kita melakukan pengulangan pada output audio yang kita buat meskipun hanya dengan satu script teks.

Kita juga bisa mengatur tempo suara yang akan dihasilkan apakah tempo lambat atau cepat sebelum menyimpannya ke dalam format MP3 atau WAV. Selain itu kita juga bisa menambahkan suara eksternal, sebagai contoh keadaan di stasiun, bandara, dan sebagainya. Fitur jeda diam, untuk men-setting jeda antara satu kalimat dengan lainnya. Serta saat Anda selesai mengetik teks dialog, anda dapat mengubah teks sebagai file mp3 atau wav.

fitur yang disediakan
Tersedia versi demo dan full version. Fitur demo akan menyediakan suara yang standar saja atau bisa dibilang masih terlalu kaku (suara seperti robot). Fitur yang berbayar tentu lebih lengkap misalnya pada pilihan model suara-nya. Untuk lebih jelasnya anda bisa searching di www.robiteacher.net. 

Demikian ulasan mengenai aplikasi Text to Speech terbaik untuk membuat file audio listening, Semoga bermanfaat.
Salam.


***Ahzaa.Net hanya memberikan ulasan yang bersifat informasi berdasarkan pengalaman penggunaan program atau aplikasi. Ahzaa.Net tidak memiliki afiliasi atau hubungan dengan pihak manapun baik pembuat aplikasi atau website yang disebutkan diatas. Terima kasih.