Tuesday, January 29, 2019

Belajar Asyik Matematika, Fisika, Kimia dan IPA dengan PhET

Membuat pembelajaran yang menarik, interaktif, dan kreatif adalah salah satu tugas guru. Guru- guru yang mengajar materi pelajaran eksak seperti Matematika, IPA, dan Fisika harus benar- benar tahu cara membuat siswa suka terhadap pelajaran mereka. Beragam cara pun dibuat dibantu penggunaan media yang bersifat interaktif, menyenangkan dan mengasyikkan sehingga mempermudah transfer ilmu mapel - mapel tersebut kepada peserta didik. Salah satu media yang sangat membantu untuk mentransfer ilmu eksak kepada peserta didik adalah dengan menggunakan bantuan platform PhET.

PhET adalah sebuah platform yang menawarkan simulasi interaktif gratis dalam membantu siswa mengembangkan pemahaman pembelajaran pada materi pelajaran eksak seperti matematika, IPA dan Fisika. PhET mulai dikembangkan oleh Peraih Nobel Carl Wieman pada tahun 2002 di University of Colorado Boulder. PhET berbasis pada penelitian pendidikan yang luas dan melibatkan siswa melalui lingkungan, permainan-seperti intuitif di mana siswa belajar melalui eksplorasi dan penemuan. PhET juga memungkinkan kita menggunakan berbagai simulasi di dalamnya seperti penggunaan grafik, kontrol interaktif, slider dan tombol radio. Saat media tersebut ditampilkan oleh guru, siswa dapat dengan mudah melakukan navigasi tampilannya sehingga mempermudah pemahaman mereka.

Cara menggunakannya relatif mudah, masuk ke website PhET, lalu pada tampilan awalnya silahkan pilih Play With Simulations.
Ada bermacam pilihan pembelajaran dari berbagai mapel eksak yang ditampilkan, seperti Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, dan sebagainya. Dalam hal ini, sebagai contoh, saya memilih mapel Matematika.

Silahkan pilih model- model belajar matematika yang sesuai dengan kebutuhan teman- teman. Saya memilih Area Model Algebra.


Pada halaman model yang saya pilih, saya bisa melakukan berbagai hal, mendownload model pembelajaran, embed ke website atau blog, ataupun menggunakannya secara realtime online. Pada langkah ini saya memilih menggunakannya secara online saja. Pilih pada tombol play yang ada di tengah gambar.
 Pada model ini saya disuguhi empat sub model algebra, pilih salah satunya.

Pada tahapan akhir, kita bisa mensimulasikan variabel yang terdapat di dalamnya misalnya saja dengan mengganti angka dan seterusnya.


Nah, itulah contoh penggunaan PhET untuk diterapkan dalam pelajaran Matematika. Silahkan coba menurut kebutuhan, misalnya untuk simulasi Fisika, Kimia, Biologi maupun mapel lain yang relevan. Jangan khawatir bahwa simulasi yang dibuat pada PhET memakai Flash dan HTML 5, jadi support terhadap berbagai macam platform device.  Teman- teman tinggal menginstruksikan pada peserta didik untuk bereksperimen pribadi terhadap mata pelajaran eksak yang mereka anggap sulit tersebut melalui langkah yang mudah dan menyenangkan.

Jangan lupa tuliskan pengalaman tteman- teman melalui kolom komentar akan PhET di dalam kelas. Semoga bermanfaat.

Salam.

No comments:

Post a Comment