Tuesday, February 19, 2019

Tips Penting Sukses SBMPTN 2019

Ada yang berbeda dari pelaksanaan SBMPTN 2019 mendatang tentang regulasi dan tata cara seperti pada perubahan penyelenggara, model tes, pelaksanaan tes, materi, dan daya tampung. Melalui perubahan ini diharapkan pelaksanaan bisa lebih baik lagi pada SBMPTN 2019.
www.ahzaa.net
SBMPTN 2019

SBMPTN merupakan salah satu jalur untuk masuk ke perguruan tinggi negeri selain jalur lainnya. Jalur ini memang dipandang jalur yang paling sulit karena menguji kemampuan peserta didik melalui ujian. Persaingan pun semakin ketat dengan adanya regulasi baru ini. Nah, apa saja yang mesti dipersiapkan menjelang pendaftaran SBMPTN tahun 2019, berikut beberapa tips yang bisa membantu.

1. Cari Informasi SBMPTN
Hal pertama sebelum mendaftar SBMPTN adalah dengan mencari informasi pendaftarannya secara lengkap. Website yang relevan untuk pendaftaran SBMPTN adalah melalui http://sbmptn.ac.id. melalui website tersebut, adik- adik bisa mencermati semua informasi baik syarat dan ketentuan, prosedur pendaftaran, jenis ujian, biaya, jadwal seleksi dan sebagainya.

2. Cermati Jadwal
Hal yang sangat penting dalam sukses SBMPTN adalah mencermati jadwal proses pendaftarannya. Berikut rangkuman jadwal pada proses seleksi SBMPTN tahun 2019 ini,

  • Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) : 30 Maret – 26 Mei 2019
  • Pengumuman Hasil UTBK : 10 April – 2 Juni 2019
  • Pendaftaran  10 – 24 Juni 2019
  • Pengumuman tanggal 9 Juli 2019

3. Belajar lebih awal materi SBMPTN
Terus terang materi SBMPTN adalah materi yang sulit maka pelajarilah materi- materi tersebut dan kuasailah beberapa trik cepat dalam mengerjakan soal khususnya soal- soal eksak. Adik- adik bisa meminta bantuan baik melalui bimbingan belajar, teman ataupun orang yang dianggap mampu menyelesaikan soal. Ingat, bahwa nilai UTBK yang adik- adik peroleh sebelum menglakukan tahapan pendaftaran akan menentukan jurusan yang tepat sesuai hasil tes. Karenanya, skor atau nilai yang tinggi memiliki peluang yang besar untuk dapat diterima di perguruan tinggi favorit. SBMPTN 2019 memberikan kesempatan dua kali tes, pergunakan dengan baik dan raih nilai setinggi- tingginya.

4. Cermati Jurusan yang akan diambil
Setelah melalui tahapan pengumuman UTBK, adik- adik akan melalui proses pendaftaran. Inilah waktunya memilih jurusan sesuai dengan grade nilai adik- adik. pastikan pilih jurusan yang berprospek cerah kedepannya. Jangan hanya asal memilih jurusan kuliah karena akan berakibat buruk kedepannya.  

5. Berdoa
Berdoa adalah hal terakhir yang sangat penting, karena dengan berdoa, kita meminta pada Tuhan agar diberikan petunjuk pada SBMPTN 2019.

Itulah beberapa tips sukses dalam SBMPTN 2019 mendatang. Semoga hal tersebut diatas bisa meemberikan manfaat bbagi sahabat ahzaa khususnya adik- adik yang ingin melanjutkan kuliahnya di perguruan tinggi favorit.

Salam. 

No comments:

Post a Comment