3/19/2019

Unduh Bahan Latihan Listening Bahasa Inggris UNBK SMK

Soal Listening masih dianggap sebagai tipe soal yang sulit. Tidak banyak siswa berhasil menjawab dengan tepat seluruh jumlah nomor soal dalam tipe soal listening SMK. Soal- soal listening muncul pada nomor soal 1 sampai dengan 15 terdiri dari empat bagian ( Four Parts) yaitu Part I. Pictures ( gambar) , Part II. Question- Responses ( Pertanyaan- Jawaban ), Part III. Short Conversations (Percakapan Pendek) dan Part IV Short Talks ( Pembicaraan Pendek).

Sekilas mengenai jenis dan karakter tipe soal listening SMK saya ulas dalam pembahasan singkat berikut ini,

Part I. Listening Pictures (Gambar Orang atau Benda)
Beberapa gambar akan ditampilkan dalam soal dan diperdengarkan empat pertanyaan pendek kemudian anda akan diminta untuk menjawab pernyataan yang paling tepat untuk menjelaskan gambar tersebut. 

Tipe Pertanyaan dalam soal yang berkaitan dengan Foto Orang atau benda adalah sebagai berikut:


Part II. Questions- Responses
Pertanyaan akan diperdengarkan oleh pembicara dan diikuti oleh empat respon. Anda diminta untuk menjawab memilih respons yang tepat berdasarkan pertanyaan yang diperdengarkan. Dalam soal yang berkaitan dengan tanya- jawab memiliki ciri ciri sebagai berikut:


Part III. Short Conversations
Pada bagian soal ini anda akan mendengar beberapa percakapan pendek dan akan diperdengarkan dua kali. Dalam menjawab pertanyaan ini anda harus menguasai Question Words ( kata tanya) seperti What, Who, Whom, When, When, Where, Whose, Why, Which,  How, How often, How long, How much, How many.

Part IV. Short Talks (Percakapan Pendek)
Short Talks merupakan pembicaraan atau percakapan pendek yang diikuti dengan pertanyaan dan pilihan jawaban. Anda pada bagian ini harus memilih jawaban yang paling tepat berdasarkan isi pembicaraan tersebut.


Banyaknya permintaan melalui email yang masuk serta respon dari posting- posting saya sebelumnya tentang materi latihan soal listening membuat saya ingin berbagi materi latihan melalui file yang bisa diunduh.

Nah, pada posting kali ini saya khususkan bagi anda yang membutuhkan latihan listening secara offline dengan cara mengunduh file-nya secara gratis. Anda bisa mengunduh file transkrip melalui link berikut,

Transkrip Latihan Listening Ujian Nasional  Bahasa Inggris SMK

File Audio Latihan Listening Ujian Nasional Bahasa Inggris SMK

Semoga file diatas bisa membantu anda dalam kemampuan listening bahasa Inggris  dan jangan lupa tinggalkan jejak tulisan melalui kolom komentar dibawah ini bila tulisan ini berguna bagi anda.

Salam.

1 comment: