3/13/2019

Inilah Keterampilan yang Mesti Dikuasai Guru Abad Digital

Tugas guru itu kompleks, menyeluruh, tidak hanya mengajar atau menyampaikan materi di kelas saja. Guru memiliki tugas dari tugas mendidik sampai dengan mengevaluasi pembelajaran. Karenanya guru mesti memiliki keterampilan yang mumpuni sebagai senjata apalagi dalam lingkungan abad 21 seperti saat ini.  Seperti kita ketahui abad 21 dikenal sebagai abad digital yang mengutamakan penerapan teknologi di bidang apapun demikian halnya dalam bidang pendidikan.

www.ahzaa.net
Ilustrasi gambar

Nah, berkaitan dengan keterampilan guru pada abad 21 diatas, berikut saya rangkumkan beberapa skill yang mesti dimiliki guru untuk diterapkan di kelas.

1. Membuat Video Pembelajaran
Salah satu keterampilan penting yang mesti dikuasai oleh guru abad 21 adalah kemampuan dalam mengedit, membuat, mengolah dan memanfaatkan video interaktif. Guru mesti mampu menguasai keterampilan ini. Teman- teman guru dapat memanfaatkan fitur- fitur video yang disediakan secara luas di website seperti Blubbr, YouTube video editor,  Blubbr, Teachem, TED Ed, Edpuzzle dan lainnya.

2. Membuat Website
Blog website bukanlah hal yang baru. Blog website adalah sarana untuk menumpahkan isi pikiran kita saja namun sebagai wadah juga untuk membagikan informasi kepada pembacanya. Guru bisa menuliskan  materi, pemberian tugas bahkan menuliskan pengalaman sebagai motivasi yang sangat berguna untuk keterlibatan siswa dalam pembelajaran melalui blog website. Guru bisa memanfaatkan platform blog seperti Blogger, Edublog, WordPress, Kidblog, Wikispaces, dan Weebly

3. Membuat Kuis Online
Kuis dalam pembelajaran akan membuat peserta didik kita menjadi lebih kreatif dan menjadikan pembelajaran menjadi tidak membosankan. Teman- teman guru bisa mencoba beberapa website yang menyediakan fitur kuis ini seperti Testmoz, Quizalize, FlipQuiz, Riddle, dan QuizBean.  

4. Memanfaatkan Learning Management System (LMS)
Learning Management System (LMS) menjadi sangat populer penggunaannya akhir- akhir ini. Penggunaan LMS dapat mencakup semua kebutuhan pembelajaran mulai dari penyampaian materi secara daring, sampai dengan pemberian tugas dan kuis dapat ditampung melalui fitur platform LMS. Beberapa LMS yang sangat populer digunakan saat ini adalah seperti Moodle, Schoology, Edmodo, dan sebagainya.

5. Membuat Digital Portofolio
Dalam dunia pendidikan, portofolio berisikan berbagai hasil pekerjaan, tugas, dan juga nilai yang ditujukan untuk memberi gambaran tentang perkembangan belajar dan prestasi siswa. Bila sebelumnya kita masih menyuruh siswa mengumpulkan semua bentuk portofolionya secara konvensional, Dalam abad teknologi sekarang ini, Digital portofolio merupakan langkah yang tepat dalam menghimpun semua portofolio siswa kita. Selain lebih sederhana dan aman,  digital portofolio juga memudahkan kita untuk mengecek satu persatu portofolio dari peserta didik kita. Beberapa situs yang bisa kita coba seperti Google Sites, Weebly, Pathbrite, dan Silk.

5. Membuat Presentasi
Membuat presentasi dengan powerpoint adalah hal yang biasa. Namun dalam hal ini, kita akan lebih mengembangkan keterampilan membuat presentasi kita yaitu dengan membuat presentasi yang menarik lagi dengan berbasis internet. Kita bisa memanfaatkan beberapa fitur yang tersedia melalui website- website tertentu misalnya Google Slides, Haiku Deck, Prezi, Zoho, dan sebagainya. 

Demikian paparan beberapa keterampilan guru abad 21. Semoga tulisan ini bisa memberikan pengalaman baru bagi rekan- rekan guru.

Semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment