Saturday, March 30, 2019

Informasi Penerimaan Taruna Baru (PTB) STMKG 2019

Penerimaan Taruna Baru Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (PTB STMKG) dibuka sebentar lagi. Pemerintah baru saja mengumumkan pendaftaran serentak dengan 7 sekolah kedinasan lain di bawah Kementrian/Lembaga. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merupakan sekolah ikatan dinas di bawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Pada tahun 2019 ini STMKG membuka kuota penerimaan calon taruna/taruni sebanyak 250 orang. 

Dilansir dari pengumuman website resminya, program studi yang dibuka oleh STMKG tahun 2019 ini adalah Meteorologi dengan 63 taruna dan 7 taruni, Klimatologi dengan 27 taruna dan 3 taruni, Geofisika yaitu 27 taruna dan  taruni serta Instrumentasi- MKG dengan 120 taruna. 

Adapun persyaratan calon taruna, terdiri dari persyaratan umum dan khusus. Dalam persyaratan umum misalnya, meliputi syarat status kewarganegaraan, kesehatan, usia, status menikah, bebas narkoba sampai dengan tinggi badan calon taruna. Sedangkan persyaratan khusus meliputi syarat spesifik dalam lulusan misalnya kriteria lulusan baik SMA maupun SMK serta syarat pertimbangan nilai rapor atau nilai ijazah. 

Note : Dijelaskan juga untuk lulusan siswa SMK, diberikan kesempatan hanya bisa memilih atau mendaftar pada program studi Instrumentasi- MKG dan hanya untuk beberapa kompetensi keahlian SMK seperti Teknik Mekatronika, Teknik Elektronika Industri, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknik Komputer dan Jaringan yang bisa mendaftar.  
Informasi secara lengkap  bisa melihat pada pengumuman penerimaan taruna baru STMKG berikut ini, 




Ingat ya...Pendaftaran serentak calon taruna secara online akan dimulai pada tanggal 9-30 April 2019. Mengenai tata cara pendaftaran dan informasi lengkapnya bisa mengakses melalui website resminya stmkg.ac.id serta akun media sosial resmi STMKG melalui Instagram stmkgofficial

Selain syarat- syarat teknis diatas, tentu adik- adik harus mempersiapkan lebih dini baik fisik, mental maupun kemampuan mengingat ujian atau tes yang akan berlangsung secara maraton. Persiapkan materi tes STMKG sejak sekarang. Nah, bagi adik- adik yang membutuhkan tips dan trik sukses diterima menjadi taruna STMKG bisa melihat pada tulisan saya sebelumnya, Tips Sukses Diterima Masuk STMKG.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selalu sukses.

Salam.

No comments:

Post a Comment