Saturday, March 23, 2019

Inilah Kiat- Kiat Sukses Lolos SBMPTN 2019 Tanpa Bimbingan Belajar (Bimbel)

Proses pendaftaran SNMPTN 2019 sudah berakhir sehari yang lalu diakhiri dengan keputusan pengumuman calon mahasiswa yang diterima melalui jalur tersebut. Bagi yang namanya diterima, selamat ya, berarti sudah melalui satu langkah memasuki gerbang perguruan tinggi negeri. Adapun yang belum diterima, berarti mesti berjuang lagi dengan melalui proses atau jalur penerimaan yang lain seperti SBMPTN dan jalur mandiri.

www.ahzaa.net
Sukses SBMPTN
Proses jalur SBMPTN yang akan dihadapi oleh peserta ibaratnya sebagai jalur yang paling susah karena jumlah persaingan serta bentuk soal ujian SBMPTN yang tingkat kesulitannya diatas rata-rata. Soal SBMPTN seperti kita ketahui sebagian besar proporsinya menggunakan soal bertipe HOTS, yang menuntut peserta tes mengerahkan segenap kemampuan dalam menganalisa dan memahami bentuk soal.

Latihan merupakan hal yang utama disamping hal- hal lain sebagai pendukung seperti administrasi dalam sukses SBMPTN. Nah, berkaitan dengan latihan soal, menjelang penerimaan mahasiswa baru khususnya menjelang SBMPTN, kamu dapat memilih suplemen sistem latihan soal, apakah sendiri atau melibatkan pihak lain seperti bimbingan belajar (bimbel). Pada musim pendaftaran seperti saat ini banyak bimbingan belajar yang menawarkan program untuk lolos SBMPTN. Tentunya bila kamu mempunyai uang yang berlebih tidak ada salahnya kamu mencoba ikut bimbingan belajar karena biasanya bimbingan belajar akan memberikan berbagai pengalaman dalam mengerjakan soal- soal dengan tipe SBMPTN plus cara cepatnya.

Kelebihan lain pada bimbingan belajar juga tersedia tryout atau simulasi ujian secara berkala. Dari situlah kamu akan tahu kemampuanmu dalam mengerjakan ujian dengan tipe soal SBMPTN. 

Cara yang lain selain mengikuti bimbingan belajar adalah kamu bisa belajar mandiri dengan materi- materi SBMPTN yang bisa kamu latih sendiri baik dirumah maupun bersama dengan orang lain. Cara ini memang mudah dan murah, artinya dapat dilakukan setiap saat serta tidak membutuhkan biaya yang berlebih. Kekurangan dari cara yang kedua ini, kamu harus bisa mengatur waktu dan berdisiplin diri untuk belajar. Berikut ini beberapa kiat dan  langkah- langkah bagaimana belajar mandiri tanpa melibatkan bimbel untuk menghadapi tes SBMPTN melalui UTBK mendatang.

Pertama, carilah soal- soal SBMPTN tahun sebelumnya yang memuat soal, jawaban dan cara pengerjaan soal. Kamu bisa mencari soal- soal yang saat ini banyak tersedia di toko buku terdekat. Perlu diingat, carilah buku soal yang mempunyai penyelesaian akhir yang baik, artinya soal yang lengkap dengan cara penyelesaiannya. Mengetahui pola dan bentuk soal SBMPTN adalah hal yang utama, mengapa? Karena soal SBMPTN mempunyai bentuk, pola, tingkat kesulitan dan kerumitan yang berbeda dengan soal- soal yang pernah kamu pelajari sebelumnya seperti di SMA. Pada sistem SBMPTN 2019 ini berbeda dari tahun sebelumnyya, yaitu pelaksanaan tes berbasis UTBK diberikan kesempatan dua kali. dari situ bisa diketahui dan diukur taraf kesulitan soalnya pada kesempatan yang kedua.

Kedua, Berdisiplin waktu untuk berlatih soal- soal SBMPTN. Belajar membutuhkan komitmen diri untuk terus maju dan berhasil, maka bila kamu ingin lolos dalam SBMPTN maka aturlah waktumu dengan baik untuk belajar dan berlatih. Komitmen diri sangat penting dalam mengatur waktu. Kamu bisa meluangkan dua atau tiga jam seharinya untuk belajar dan berlatih soal. Hindarilah penggunaan gadget dalam hal yang kurang penting saat kamu belajar.

Ketiga, Berkonsultasilah dengan teman atau orang yang lebih berpengalaman dalam menjawab soal - soal SBMPTN terutama soal- soal yang sulit. Sekali lagi, soal SBMPTN memiliki tingkat kesulitan dan kerumitan yang berbeda dari materi yang pernah diajarkan di sekolah sebelumnya, maka bila kamu menemukan tipe atau pola yang sukar atau sulit, jangan pernah sungkan untuk bertanya, karena dengan bertanya kamu akan mendapatkan penjelasan secara jelas. Carilah waktu yang tepat untuk berkonsultasi.

Keempat, Ikutilah try out yang banyak diselenggarakan meskipun kamu tidak mengikuti bimbingan belajar. Try out biasanya menggunakan soal- soal yang mempunyai pola dan tingkat kesulitan yang sama dengan soal SBMPTN. Dengan mengikuti Try out, kamu akan mengetahui sejauh mana kemampuanmu dalam menjawab soal dan mengatur waktunya.

Kelima, Berdoalah di setiap aktivitasmu. Persaingan masuk ke perguruan tinggi negeri melalui jalur SBMPTN sangat ketat. Berusahalah, pantang menyerah dan berdoalah untuk kesuksesanmu.


Dan sebagai penutup dari tulisan ini adalah jangan pernah menyerah dalam sebuah persaingan yang sangat ketat untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Meskipun kamu tidak ikut bimbingan belajar, kamu bisa lolos dalam SBMPTN, serta mereka yang ikut les melalui bimbel belum tentu juga akan diterima. Manfaatkan waktumu, disiplin dan pantang menyerah dalam setiap usahamu.

Semoga sukses.

No comments:

Post a Comment