Monday, April 8, 2019

Inilah Webtool Efektif untuk Mengecek Plagiarisme Siswa dalam Pembuatan Tugas

Aksi plagiarisme dipandang sangat meresahkan. Penjiplakan secara ilegal yang dilakukan untuk tujuan tertentu seperti pembuatan tugas, skripsi, tugas akhir dan sebagainya. Aksi ini kemudian didukung oleh pemanfaatan teknologi terkini. Hanya dengan sekali klik saja dokumen sudah dapat diplagiasi dengan mudah. Istilah familiarnya adalah copas dengan tanpa menyertakan sumber aslinya dan diakui sebagai milik plagiator itu sendiri.
ilustrasi

Untuk menghinari hal ini, kita sebagai pendidik tentu harus juga selangkah lebih maju. Pemanfaatan teknologi sangat penting dalam penerapannya khususnya dalam mencegah maupun mengenyahkan aksi plagiat ini. Dalam tulisan ini akan saya bahas dua web tool efektif untuk mencegah adanya aksi plagiarisme dalam pembuatan tugas siswa.

1. Wcopyfind

Wcopyfind merupakan sebuah program opensource yang digunakan untuk memeriksa dokumen. Sistem dari aplikasi adalah dengan membandingkan dokumen dengan mengacu pada kesamaan  kata atau frase yang digunakan dalam dokumen- dokumen tersebut. Aplikasi ini memungkinkan kita menggunakannya tanpa menginstal program tersebut di laptop atau komputer kita. File aplikasinya juga tergolong sangat kecil sekitar 2 MB. Baca terlebih dahulu panduannya agar lebih mudah mengoperasikannya.

2. PaperRater

PaperRater merupakan sebuah web tool untuk plagiarism checker dan proofreader . Selain untuk masalah plagiarisme, PaperRater juga mengecek kesalahan tata bahasa / ejaan, pilihan kata, dan struktur kalimat. Tentu saja ini akan membantu guru dalam mempersingkat waktunya untuk mengoreksi kesalahan- kesalahan dasar siswa dalam penulisan dasar (basic writing). Kunjungi websitenya di http://www.paperrater.com kemudian dalam tampilannya silahkan copy paste-kan teks yang ingin kita cek. Tidak perlu pendaftaran, atau login dan semuanya gratis tanpa pembayaran apapun.

Demikian artikel dari saya mengenai aplikasi dan web tool untuk mengecek plagiarisme, semoga bermanfaat.

Terima kasih dan ditunggu kunjungannya kembali. 

No comments:

Post a Comment