Tuesday, April 9, 2019

Membuat Konten Interaktif Pembelajaran dengan Microsoft Sway

Satu lagi produk dari brand kenamaan dunia yaitu Microsoft untuk mempermudah dalam membuat konten pembelajaran yang interaktif di kelas kita yaitu Microsoft Sway. Microsoft Sway merupakan aplikasi besutan Microsoft yang memungkinkan kita untuk membuat dan berbagi laporan, presentasi, cerita pribadi dengan mudah. Sistem kerjanya sederhana, dengan menggunakan kanvas berbasis web Sway, anda dapat dengan mudah menambahkan konten multimedia dari seluruh web hanya dengan drag and drop

Melalui Sway anda dapat bercerita menggunakan konten interaktif. Selain itu fitur Sway juga memungkinkan anda untuk menyematkan video, bagan interaktif dan beberapa materi multimedia lainnya untuk membuat cerita lebih menarik. Dalam pembelajaran, bisa anda terapkan dalam tugas siswa untuk membuat sebuah cerita atau project. Sway juga memudahkan dalam menemukan gambar, video, tweet, dan konten lain yang relevan untuk ditambahkan ke kreasi anda. 

www.ahzaa.net
Untuk memulainya, anda harus login dengan akun hotmail Microsoft atau bila belum punya, bisa membuatnya lebih dahulu. Melalui dashboard Sway, anda akan melihat contoh- contoh bahan yang sudah dibuat melalui Sway.

www.ahzaa.net

Sebagai contoh, saya mencoba membuat tentang cerita berjudul "the story of my life". Dalam cerita tersebut, saya akan sisipkan teks, gambar, atau video. Proses saya lakukan sampai project Sway saya selesai dan siap dibagikan. 
www.ahzaa.net

Saat Sway siap, anda dapat dengan mudah membaginya dengan orang lain yang dapat mengaksesnya di web tanpa mendaftar atau mengunduh perangkat lunak tambahan. Anda dapat mengubah pengaturan privasi untuk kontrol lebih lanjut. Saat ini Sway tersedia di web, Windows 10, iPhone dan iPad.

Menarik bukan? Bila anda puna referensi lainnya silahkan tuliskan di kolom komentar ya...Nah, Demikian sekilas mengenai membuat konten interaktif pembelajaran dengan Sway. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk penerapan teknologi di kelas. 

Salam.  


No comments:

Post a Comment