Friday, June 21, 2019

Inilah Alasan Anak Lulusan SMK Mesti Upgrading dengan Melanjutkan Pendidikan Ke Jenjang Kuliah

Keberadaan SMK itu dirancang untuk mencetak lulusan yang profesional dan siap kerja. Karenanya sebagian besar lulusan SMK diarahkan untuk langsung bekerja dibandingkan  melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi setelah menamatkan pendidikannya. Kurikulum yang diterapkan di SMK, komposisinya lebih mengedepankan praktik keterampilan daripada teori di kelas. Perbandingan itulah yang membuat lulusan SMK lebih siap menghadapi tantangan kerja daripada lulusan SMA. Tajuk era revolusi industri 4.0 saat ini secara tidak langsung membawa SMK menjadi tumpuan pemerintah menyongsong era tersebut dan tentu lulusan SMK digadang menjadi salah satu suksesornya.

Akan tetapi tidak semua hal bisa berjalan dengan lancar. Permasalahan pasti terjadi seperti kesiapan lulusan dalam kompetensi serta ketidaksiapan daya tampung industri terhadap lulusan. Kedua hal tersebut merupakan masalah yang klasik yang berakibat pada persaingan yang luar biasa dalam dunia kerja. Mengatasi masalah itulah, upgrading sangat diperlukan bagi siswa SMK. 
Ilustrasi Praktik Perakitan siswa SMK

Bekal keterampilan dan keahlian yang diperoleh di SMK saja ternyata belum cukup untuk bersaing dengan situasi dan kondisi tersebut apalagi menghadapi era industri 4.0 yang menuntut lulusan SMK untuk bisa bersaing dengan lulusan dengan tingkat yang lebih tinggi misalnya lulusan perguruan tinggi.

Apabila lulusan SMK melanjutkan studinya, maka keahlian dan keterampilan mereka juga akan lebih berkembang, dengan hal ini secara otomatis akan meningkatkan daya saing dan juga kompetensi lulusan yang ada.

Lulusan SMK saat ini diberikan kesempatan untuk memilih program studi yang relevan dengan jurusannya ketika mereka sekolah. Hal ini juga sesuai ketentuan berbagai seleksi masuk perguruan tinggi. Pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), para siswa SMK juga memiliki kesempatan yang sama seperti siswa SMA namun siswa lulusan SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN. Dengan kata lain, perguruan tinggi mulai membuka peluang untuk siswa SMK untuk melanjutkan pendidikannya.

Dan berikut ini beberapa fakta mengapa lulusan SMK perlu melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

1. Perkembangan jaman
Daya saing yang ketat sekarang ini menuntut lulusan untuk lebih berkembang lagi dalam segi kompetensi dan keahliannya. Kuliah di perguruan tinggi menjadi salah satu cara untuk meningkatkan daya saing yang sangat ketat sesuai dengan perkembangan jaman sekarang ini.

2. Perubahan stigma
Bagi siswa SMK, kuliah merupakan cara untuk merubah stigma mereka tentang bagaimana menatap masa depan. Dengan kuliah, cara pandang  tentunya akan berbeda dalam menghadapi era atau jaman dalam hal persaingan, keahlian, dan kompetensi.

3. Kompetensi keahlian
Kompetensi keahlian  bagi lulusan SMK yang melanjutkan ke perguruan tinggi membuka kesempatan bagi mereka untuk lebih siap dalam menghadapi dunia industri yang ditawarkan sekarang ini.

4. Mengolah Kreatifitas
Lulusan SMK itu siap kerja akan tetapi pengalaman masih belumlah cukup untuk menghadapi era industri yang semakin update dan berkembang. Melalui perguruan tinggi, pengalaman itu akan diolah dengan mengembangkan kreatifitas yang ada. 

Penutup
Dari hal diatas bisa disimpulkan bahwa lulusan SMK mempunyai kesempatan yang lebih terbuka untuk menghadapi dunia kerja. Namun dengan keadaan dan situasi industri yang ditawarkan sekarang ini, siswa lulusan SMK alangkah lebih baiknya meng-upgrade keahlian dan kompetensi yang sudah dimiliki dengan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Dan bekerja sambil kuliah merupakan langkah yang tepat bagi siswa lulusan SMK untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya.

Bagaimana menurut anda? perlukan lulusan SMK melanjutkan pendidikannya? Tulis di kolom komentar ya...

No comments:

Post a Comment