Saturday, June 15, 2019

Membuat Permainan Word Search Puzzles dengan Word Search Labs

Ada banyak sekali permainan atau game untuk mengasah penguasaan vocabulary atau kosakata seperti teka teki silang, game pencarian kata, permainan puzzle dan sebagainya. Salah satu permainan atau game yang paling populer dalam mengasah vocabulary adalah game pencarian kata (word search puzzles). Dalam permainan ini, kita diinstruksikan untuk mencari kata dalam beragam kata acak yang tersusun. Game ini akan memperkaya vocabulary siswa. Kita berikan kata berdasarkan topik - topik tertentu kemudian berikan siswa form berisikan puzzle yang di dalamnya sudah tersedia kata- kata dan instruksikan siswa untuk mencari kata- kata tersebut melalui form puzzle tersebut.

Untuk membuatnya, kita bisa melakukan melalui dua cara yaitu secara manual dan bantuan aplikasi. Bila memilih tentu saja cara yang paling cepat adalah melalui aplikasi karena dirasa cepat, efektif dan rapi. Dengan hanya beberapa langkah saja, form untuk word search puzzle anda akan selesai. Dalam hal ini saya menggunakan sebuah platform webtool  dari Word Search Labs.

Untuk mulai membuat word puzzle game, masuk ke websitenya Word Search Labs dan isi kotak di sebelah kiri. Pertama anda diharuskan memberikan judul untuk pencarian kata dan kemudian masukkan kata-kata Anda (pisahkan masing-masing dengan koma atau spasi). Berikutnya, pilih arahan untuk mengatur kata seperti, kiri ke kanan, atas ke bawah, bawah ke atas, kanan ke kiri dll.) lalu pilih jumlah huruf baik lintas dan turun. Berikan kode sandi untuk mengedit pencarian kata anda nanti atau untuk melihat kunci jawaban.

Saat selesai menginput kata, klik "Preview" untuk melihat hasil pekerjaan anda. Anda bisa memilih untuk generate bila ingin menyusun ulang kata- kata tersebut atau klik simpan (save) bila sudah selesai.

Terakhir, anda dapat mencetak baik dalam format Word atau PDF atau membagikan kepada siswa untuk dikerjakan secara online.

Mudah bukan?
Selamat Mencoba...

No comments:

Post a Comment