Wednesday, September 11, 2019

7 Platform Terbaik untuk Membuat Kuis Pembelajaran Bagi Guru

Salah satu cara bagi guru untuk melakukan penilaian dengan cepat dan mudah adalah dengan memanfaatkan software pembuat kuis (quiz maker). Dengan bantuan software quiz maker, akan menyingkat waktu serta meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penilaian. Selain itu, tampilan yang menarik serta navigasi yang mudah membuat siswa lebih tertarik menggunakannya dibandingkan dengan sistem tradisional. Bahkan, beberapa pengembang pembuat software menyertakannya dalam sistem  konten berbasis daring (online).

Kuis berbasis daring mempermudah kita, guru, dalam memproses rangkaian penilaian dalam pembbelajaran. Plus umpan balik yang langsung diketahui, akan meningkatkan pengalaman belajar siswa. 

Nah, Berikut ini saya rangkum tujuh platform terbaik untuk membuat kuis pembelajaran bagi guru.

Easy Test Maker
Easy Test Maker merupaka salah satu pembuat kuis menarik yang perlu kita coba. Aplikasi ini membuat tes yang dapat dicetak dengan lembar jawaban yang memungkinkan kita mengolah pilihan seperti pilihan ganda, mencocokkan kolom, jawaban pendek, benar atau salah, dan isian pertanyaan essay. Dengan antarmuka dan navigasi yang mudah terdapat pada bilah samping yang mencakup semua fitur. Hasil tes dapat dicetak dan dapat disimpan secara online untuk diakses kembali kapan saja.

Ada tiga versi penggunaan Free, Plus, dan Premium. Sekedar ulasan pengguna, untuk yang versi Free, hanya bisa menikmati beberapa fitur yang terbatas, seperti  lembar jawaban, limit pengguna hanya 25 orang, dan tidak dapat publikasikan tes online ke format PDF dan Word.

ClassMarker

ClassMarker adalah platform website yang menyediakan penilaian online bagi penggunanya. ClassMarker memiliki antarmuka minimalis yang mudah digunakan. Ujian dapat dibagikan melalui grup atau tautan. Fitur yang tersedia melalui platform ini antara lain pertanyaan dapat dipilih secara acak dari bank soal, lampiran gambar, dokumen, video dan file lainnya, bahasa beragam ditawarkan, pengaturan pertanyaan dan tes secara otomatis untuk kemudahan referensi, penyimpanan otomatis saat tes. Saat ini tersedia versi gratis dan premium.

Online Quiz Creator

Platform ini cocok digunakan untuk ujian, game edukasi, dan penilaian untuk penggunaan online. Tes dapat disesuaikan dan kompatibel untuk semua perangkat, termasuk smartphone. Online Quiz Creator  membuat penilaian dan pembelajaran menyenangkan bagi siswa dan  terintegrasi dengan baik dengan media sosial dan sentuhan antarmuka sangat cocok untuk siswa.

Beberapa fitur dari platform ini antara lain pertanyaan dengan beberapa opsi jawaban yang benar, pilihan untuk penyesuaian dan branding, publikasi kuis di situs web atau blog dan antarmuka menarik bagi anak-anak.

Help Teaching

Help Teaching adalah situs yang menawarkan konten dan pembuatan kuis yang kemudian dapat dicetak. Platform situs ini memiliki berbagai konten yang dapat difilter menurut tingkat kelas dan subjek. Anda bisa memilih berbagai subject yang tersedia,, namun, sumber konten hanya tersedia dalam bahasa Inggris, karenanya situs ini, menurut saya cocok untuk anda yang mengajar bahasa Inggris dengan topik- topiknya yang relevan.

Poll Maker

Poll Maker membantu kita membuat kuis, jajak pendapat dan survei sederhana secara mudah untuk diintegrasikan dengan situs media sosial. Poll Maker sepenuhnya gratis dan tidak memerlukan pendaftaran atau unduhan. Platform ini sangat mudah untuk diatur denngan sejumlah tema untuk meningkatkan tampilan kuis anda.

Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain Kuis dapat dibagikan di berbagai platform media sosial, berbagai tema untuk dipilih dan disesuaikan, aktifkan atau nonaktifkan komentar, Pilihan untuk hasil yang ditampilkan, fitur batasan berapa kali siswa mengikuti kuis.

Kahoot
Kahoot merupakan salah satu web tool untuk membuat kuis, diskusi dan survei dengan mudah. Di dalam kelas kita untuk membuat pembelajaran kita lebih menarik dan menyenangkan dengan bantuan Kahoot. Pada intinya Kahoot memberikan situasi pembelajaran yang cocok dengan menggabungkan pembelajaran berbasis permainan.


Dengan Kahoot guru untuk membuat kuis, diskusi maupun survey dengan memasukkan berbagai elemen seperti video, gambar maupun teks. Kemudian siswa  dapat mengakses dengan menggunakan beragam perangkat yang berbeda seperti smartphone, tablet, laptop dan perangkat lainnya dengan mudah. Selain itu guru juga bisa menambahkan batasan waktu untuk menjawab kuis atau survey yang sudah diberikan sehingga bukan hanya jawaban benar saja yang diperlukan namun juga ketepatan waktu juga menjadi poin utama dalam menjawab kuis atau survey yang diberikan oleh guru.

Sebagai tambahan Kahoot dapat membantu guru untuk mengumpulkan umpan balik informal dari siswa, menilai pemahaman belajar siswa, dan membuat jajak pendapat tentang hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran yang terjadi di kelas. Dan tidak diragukan lagi dalam segi kreativitas, Kahoot memungkinkan siswa untuk tidak hanya menjawab pertanyaan tapi juga membuat pertanyaan mereka sendiri.

Quizizz
Quizizz merupakan sebuah web tool  untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Sangat mudah penggunaanna, Anda bisa men-setting kuis interaktif anda sesuai dengan kebutuhan misalnya dengan pengaturan jumlah pilihan jawaban,  background layar, serta pengaturan pertanyaan. Selain itu anda dapat membagikannya kepada siswa dalam kelas dengan menggunakan kode 5 digit setelah selesai membuat kuisnya.

Plus, Quizizz memberikan data dan statistik tentang kinerja siswa anda. Anda dapat melacak berapa banyak siswa yang menjawab pertanyaan yang anda buat, pertanyaan yang harus dijawab dan banyak lagi. Tinggal download statistiknya dalam bentuk spreadsheet Excel. Mudah bukan?

Selain itu anda juga bisa memanfaatkan fitur "pekerjaan rumah". Fitur ini memungkinkan anda menetapkan kuis sebagai pekerjaan rumah, dan anda bisa membatasi waktu pengerjaan pekerjaan rumah tersebut hingga 2 minggu.


Menarik Bukan?

Nah, demikian 7 Platform Terbaik untuk Membuat Kuis Pembelajaran Bagi Guru, semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Salam.

No comments:

Post a Comment