Wednesday, December 11, 2019

Kiat- Kiat Efektif Menaklukkan Soal Listening Ujian Nasional (UN) SMA/ SMK Moda UNBK

Listening merupakan salah satu bagian dari mapel bahasa Inggris yang diujikan dalam ujian nasional tingkat SMA/ SMK. Kedua jenjang memiliki komposisi jumlah soal yang sama yaitu 15, akan tetapi berbeda dalam tipe dan jenis soalnya.
www.ahzaa.net
sukses ujian nasional

Meskipun hanya 15 soal, ternyata soal seksi listening menjadi soal yang dianggap sulit. Ketidakbiasaan siswa dalam menggunakan bahasa Inggris karena bahasa Inggris sebagai bahasa kedua mungkin saja menjadi faktor tersebut.

Nah, bagi adik- adik yang akan menghadapi ujian nasional sebentar lagi, berikut sudah saya siapkan kiat- kiat untuk menaklukkan ujian nasional bahasa Inggris tipe soal listening. 

Pahami Format dan Petunjuk Soal
Soal listening ujian nasional memiliki format soal tertentu baik untuk SMA atau SMK. Pada soal listening SMA adik- adik akan menjumpai empat bagian soal listening soal antara lain,

  • Bagian pertama, percakapan disertai dengan pertanyaan seputar dialog tersebut. Ada lima pilihan jawaban yang akan tersedia dalam soal, dan diharuskan memilih salah satu jawaban yang paling benar. Soal bagian pertama ini terdapat pada nomor satu sampai empat.
  • Bagian kedua, dialog yang belum lengkap, khususnya pada bagian respon dialog tersebut. Kita mesti memilih satu respon dari empat respon pilihan jawaban yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut. bagian kedua ini terdapat pada nomor lima sampai tujuh.
  • Bagian ketiga, monolog dalam bahasa Inggris. Adik- adik mesti harus mencari tahu informasi apa yang terdapat dalam monolog. Pada soal, akan tampak lima jawaban yang berbentuk gambar dan diharuskan memilih gambar yang sesuai dengan apa yang dimaksudkan dalam monolog. Soal untuk bagian ketiga ini terdapat pada  soal nomor  delapan sampai sebelas.
  • Bagian keempat, terdapat sebuah monolog, kemudian kita diminta untuk menjawab pertanyaan seputar informasi yang terdapat dalam monolog tersebut. Lima pilihan jawaban informasi akan tersedia dalam soal dan kita akan memilih salah satu jawaban yang benar berdasar monolog tersebut. 

Sedangkan pada soal listening SMK,
  • Bagian pertama, gambar. Pada bagian ini adik- adik akan melihat beberapa gambar dalam soal dan mendengarkan empat pertanyaan pendek selanjutnya akan diminta untuk menjawab pernyataan yang paling tepat untuk menjelaskan gambar tersebut. 
  • Bagian kedua, questions - responses. Pada bagian kedua ini adik- adik akan mendengar beberapa pertanyaan diikuti oleh tiga respon. Setiap pertanyaan harus dijawab melalui respon yang tepat berdasarkan konteks atau topik yang dibicarakan. 
  • Bagian ketiga, percakapan pendek. Pada bagian soal ini adik- adik akan mendengar beberapa percakapan pendek. Kemudian terdapat pertanyaan seputar percakapan tersebut. Biasanya terdapat kata tanya atau Question Words seperti What, Who, Whom, When, When, Where, Whose, Why, Which,  How, How often, How long, How much, How many.
  • Bagian keempat, pembicaraan atau percakapan pendek. Terdapat pembicaraan atau percakapan pendek, dalam hal ini biasanya pembicaraan atau monolog tentang topik tertentu, misalnya pemberitahuan, pengumuman, cerita pendek naratif prosedur sesuatu, dan sebagainya. Kemudian diikuti dengan pertanyaan dan pilihan jawaban. Pada bagian ini adik- adik harus memilih jawaban yang paling tepat berdasarkan isi pembicaraan tersebut.

Dengarkan dengan Cermat 
Dalam menjawab soal listening, konsentrasi merupakan hal yang utama. Dengarkan setiap pertanyaan dalam soal dengan seksama. Pada moda UNBK, soal hanya dapat diputar dua kali. Manfaatkan dua kesempatan tersebut dengan baik.

Ketahui pertanyaan yang mudah dan sulit
Setiap pertanyaan memiliki tipe kesulitan yang berbeda apakah tentang topik yang dibicarakan ataukah tentang vocabulary yang digunakan dalam soal. Kesempatan mendengar audio sebanyak dua kali dalam moda UNBK bisa dimanfaatkan dengan baik. Kesempatan pertama untuk mengenali arah maksud soal sekaligus menjawab pertanyaan dan kesempatan kedua untuk memantapkan jawaban. Bahkan kalau perlu bisa mengingat dan mencatat bagian- bagian soal yang menjadi poin utama.

Manfaatkan jeda waktu jawab soal
Kelebihan moda UNBK dalam menjawa soal listening adalah peserta tes dapat memutar audio untuk soal yang dikehendaki dengan kesempatan sebanyak dua kali. Adik- adik bisa memanfaatkan waktu jeda untuk menjawab soal misalnya dalam jeda soal nomor satu ke soal nomor dua.

Jangan biarkan ada jawaban kosong
Pergunakanlah kesempatan dan waktu dengan baik dengan menjawab setiap pertanyaan dalam soal dan jangan biarkan ada pilihan jawaban yang belum terjawab. Ketika selesai menjawab keseluruhan soal dan memiliki waktu sisa, alangkah baiknya menge-cek kembali jawaban-jawaban sebelumnya. Moda UNBK memudahkan untuk mengecek kembali jawaban dengan melihat fitur jawaban pada display.

Berlatihlah Soal Listening
Perbanyaklah latihan soal- soal listening dalam soal ujian atau tes. Dengan banyak latihan soal adik- adik akan terlatih dalam menghadapi ujian atau tes. Adik- adik bisa berlatih melalui soal- soal listening pada blog ini. Selain itu, perbanyaklah beraktivitas seperti membaca (reading), menonton, mendengar musik bahkan main game  untuk memperbanyak vocabulary adik- adik. Buatlah catatan kecil untuk istilah baru ketika anda membaca tulisan atau ulasan bahasa Inggris. 

Demikian tulisan tentang Kiat- Kiat Efektif Menaklukkan Soal Listening Ujian Nasional (UN) SMA/ SMK Moda UNBK. Semoga tulisan ini bisa membantu adik- adik dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dalam menyelesaikan soal listening ujian nasional. Dan yang terpenting adalah niat atau keinginan kuat akan membawa kepada keberhasilan usaha masing- masing.

Salam.

No comments:

Post a Comment