Wednesday, December 4, 2019

Membedakan Penggunaan A Number Of dan The Number Of dalam Soal Bahasa Inggris

Dalam soal bahasa Inggris, kadang kita dibuat bingung dengan pemakaian bentuk a number of dan the number of.  Pemakaian kedua frase tersebut menjadi salah satu poin tata bahasa yang sering dimunculkan dalam ujian bahasa Inggris grammar baik soal structure maupun written expressions. Salah satu ujian yang banyak menampilkan materi ini adalah soal TBI USM PKN STAN. Selain itu juga sering kita temukan topik ini pada soal TOEFL. 

Nah, untuk membedakannya berikut ini penjelasan singkatnya,
Bila kata number didahului oleh the dan diikuti oleh of phrase, maka gunakanlah plural verb sedangkan kata number didahului oleh a dan diikuti oleh of phrase, maka gunakanlah singular verb


Contoh kalimat : 
  • A number of the applicants have already been interviewed.
  • The number of students who have withdrawn from class this quarter are appalling.
  • The number of residents who have been questioned on this matter is quite small.
  • A number of people have enrolled the class.
  • A large number of applicants are already here. 
  • A number of students are going to the study tour.

Kesimpulan,
Pemakaian dua frase tersebut berimbas pada verb/ kata kerja yang digunakan apakah bentuk singular atau plural. Perhatikan pada contoh dengan kata kerja yang dicetak miring berwarna biru. Bedakan antara penggunaan bentuk a number of ... dan the number of ... sebagai subjectnya. 

Itulah sekilas mengenai pembahasan tentang Penggunaan A Number Of dan The Number Of dalam Soal Bahasa Inggris. Janga lupa latihan soal- soal grammar di blog ini untuk menambah referensi anda.

Semoga bermanfaat.

Salam.

No comments:

Post a Comment