Sunday, December 29, 2019

Panduan Schoology untuk Siswa Melalui Komputer dan Smartphone

Langkah ini merupakan lanjutan dari tutorial Schoology sebelumnya. Tahapan ini guru mengundang siswa untuk bergabung ke dalam kelas pembelajaran yang sudah dibuat sehingga dapat langsung terlibat dalam pembelajaran baik dalam pembuatan tugas, kuis, pengumuman tertentu, ataupun forum diskusi kelas. 

Ada dua moda bagi siswa agar dapat tergabung di dalam kelas yaitu pertama melalui moda komputer atau laptop dan kedua yaitu melalui smartphone. Koneksi internet diperlukan pada kedua moda tersebut.

Cara pertama, melalui komputer atau laptop
  1. Buka website Schoology pada https://www.schoology.com/
  2. Pada halaman website, klik sign up lalu sorot pada submenu student
  3. Isikan nomor kode yang sudah diberikan oleh guru sebelumnya, nomor kode biasanya terdiri dari 13 digit nomor unik lalu klik continue
  4. Mulailah isi data- data yang diperlukan seperti nama, alamat email, password dan  tanggal lahir. Jangan lupa centang syarat dan ketentuan yang berlaku lalu pilih register.
  5. Saat berhasil, siswa akan melihat beranda Schoology untuk pertama kali. Akan terlihat aktifitas terbaru melalui recent activity dan course dashboard untuk melihat berbagai item course yang terdapat pada kelas pembelajaran guru.
  6. Sebagai contoh, siswa akan melihat kuis yang guru atau instruktur buat sebelumnya. Bilamana guru memberikan tugas melalui akun admin, maka akan muncul juga assignments pada halaman ini yang mesti diselesaikan oleh siswa. 

Cara kedua, melalui smartphone
  1. Buka aplikasi Play Store, ketik Schoology pada mesin pencarian. Klik Instal.
  2. Pada halaman pertama aplikasi, siswa akan diminta untuk log in baik melalui school domain atau melalui schoology.com, fasilitas ini hanya berlaku bagi anda yang sudah pernah mendaftar sebelumnya. Bagi yang pertama kali menggunakan, pilih Sign up pada bagian bawah aplikasi.
  3. Pilih Student
  4. Isikan Kode akses yang diberikan oleh guru
  5. Isikan pula data- data yang diminta seperti nama, alamat email, password dan  tanggal lahir. Jangan lupa centang syarat dan ketentuan yang berlaku lalu pilih register.
  6. Berikut tampilan pertama kali aplikasi Schoology versi smartphone. Terdapat berbagai menu termasuk Recent activity, Courses, Groups, Resources, dan sebagainya. Pada bagian kanan atas juga terdapat fitur notifikasi yang menunjukkan aktifitas terupdate baik tugas maupun kuis untuk siswa.
  7. Saat memilih menu Courses, maka akan tampil item yang terdapat pada Course tersebut. 
  8. Misalnya saja kuis yang sudah dibuat oleh guru sebelumnya. Mulailah untuk mengerjakan kuis tersebut versi smartphone.
Demikian panduan Schoology untuk siswa melalui komputer dan smartphone. Tuliskan pada kolom komentar bila ada tips dan trik lainnya tentang Schoology.

Semoga bermanfaat. 

Salam.

No comments:

Post a Comment