Monday, June 29, 2020

Cara Mengintegrasikan Google Sites dengan Google Classroom

Post ini merupakan lanjutan dari post sebelumnya tentang bagaimana cara mudah mengelola Google Sites dalam pembelajaran. Setelah panjang lebar membahas tentang Google Sites pada post tersebut, akan saya lanjutkan lagi ulasannya tentang bagaimana menghubungkan google Sites dengan Google Classroom. 

Melalui Google Sites, teman- teman dapat memposting pengumuman, memasukkan infografis  mengajar, embed video, menyematkan Google Documents dan membuat halaman untuk menjelaskan bagian-bagian dari pelajaran serta menautkan tugas ke dalam Google Classroom. seperti kita ketahui Google Classroom merupakan sebuah kelas virtual yang memungkinkan guru untuk mengatur dan mengelola kelas mereka dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran jarak jauh (distance learning).

Dalam Google Classroom, guru dapat membuat kuis, ujian, melakukan pertemuan dengan Google Meet dan sebagainya. Google Classroom sifatnya lebih spesifik atau khusus sehingga setiap kelas untuk setiap Google Classroom. Apabila guru mengajar lebih dari satu rombel kelas, bisa memadukan  penggunaan Google Sites dengan Google Classroom yang dikelola. Misalnya saja ingin memberikan tugas kepada semua kelas, bisa di post melalui Google Sites kemudian menautkannya ke dalam Google Classroom untuk pembuatan kuisnya karena templatenya disediakan di dalam Google Classroom. atau materi lengkap disediakan di Google Sites untuk diakses siswa dari Google Classroom yang mereka ikuti.

Nah, saat membuat pengumuman atau tugas di Google Sites, guru akan dapat dengan mudah menautkannya ke halaman Google Classroom. Oleh karena itu siswa dapat mengklik tautan yang langsung menuju ke berbagai kegiatan yang mereka butuhkan untuk belajar. 

Nah, berikut langkah- langkahnya,

Buatlah post pada Google Sites lebih dahulu. Post bisa berupa materi, video, gambar atau apapun sesuai dengan konteks pembelajarannya.



Buatlah link yang merujuk pada Google Classroom. Sebelumnya persiapkan lebih dahulu tugas yang berbentuk kuis di Google Classroom


Buka Google Classroom, sorot pada penugasan yang akan diajukan ke siswa, lalu klik pada ikon tiga titik, klik Salin Link



Copy-kan link tadi pada isian link yang terdapat pada Google Sites, klik Terapkan





Jangan lupa klik Publikasikan untuk mempublish post yang sudah dibuat tadi.


Secara otomatis, setiap siswa yang melihat penugasan pada Google Sites dan menge-klik link-nya akan diarahkan menuju tugas yang terdapat pada Google Classroom.


Oya teman- teman, sebagaimana sebuah website, Google Sites dapat diakses oleh siapa saja. Dalam hal ini apabila seseorang tidak terdaftar di Classroom, mereka tidak dapat mengakses tugas yang diberikan artinya hanya siswa yang terdaftar saja yang memiliki akses untuk masuk ke dalam Google Classroom yang dituju.

Selamat Mencoba...

No comments:

Post a Comment