Media Info Belajar

Tuesday, January 19, 2016

Penggunaan Kata "Else" dalam Bahasa Inggris

Kata "else" seringkali kita temukan dalam bahasa Inggris baik lesan maupun tulisan. Seringkali kata "else" di gabungkan dengan beberapa kata seperti someone, anything, anyone, dan sebagainya. Pada pembahasan Smart English berikut, kami akan membahas mengenai penggunaan kata "else" dalam bahasa Inggris. Nah, berikut beberapa aturan dalam penggunaan kata "else" dalam Bahasa Inggris.

1. Sebagai pengganti dari kata some other person, any other person.
Contoh :

  • Your position will be replaced by someone else after your retirement.
  • Is there anything else that you need? 

2. Else digunakan untuk menggantikan kata if not atau otherwise yang berarti jika tidak.
Contoh :

  • We must leave now or else. We will be late for the train. ( kita harus pergi sekarang atau akan ketinggalan kereta)
  • He'd better wait here or else. He'll miss her. (Dia lebih baik menunggu disini, jika tidak maka dia tidak akan berjumpa dengannya)
  • Wear your helmet or else. You will not be safe. ( Pakai helm-mu jika tidak kamu akan tidak aman)

Dari contoh diatas, bisa kita simpulkan bahwa penggunaan kata "else" bisa diartikan "lain" , bisa kita lihat pada contoh pada point yang pertama. Kalimat "Your position will be replaced by someone else after your retirement." diartikan posisi anda akan digantikan oleh seseorang yang lain setelah anda pensiun. Selain itu kata "else" juga diartikan "jika tidak" atau "if not" ( point kedua) berarti ada suatu akibat yang bisa ditimbulkan jika syaratnya tidak terpenuhi. Nah, ternyata mudah sekali menyatakan penggunaan kata "else" dalam bahasa Inggris. Semoga kedepan tidak keliru lagi dalam menggunakan kata "else " dalam kalimat.
Demikian sekilas pembahasan tentang penggunaan kata "else" dalam bahasa Inggris. Semoga bermanfaat mohon maaf bila ada kekurangan. Salam.