1/19/2016

Bentuk Passive Voice dalam Infinitive dan Gerund

Salam. Selamat datang kembali di Ahzaa Media. Blog belajar Bahasa Inggris online. Pada sesi Smart English kali ini kami akan membahas mengenai bentuk passive voice dalam Infinitive dan Gerund. Tentunya membicarakan tentang passive voice, pembelajaran kami sebelumnya juga sudah pernah kami bahas mengenai bentuk passive voice secara lengkap (Baca : Soal dan Pembahasan Passive Voice dalam Bahasa Inggris). Namun,  pada pembahasan ini kami akan melanjutkan pembahasan kami sebelumnya yaitu tentang penerapan kalimat pasif (passive voice) dalam kalimat yang mengandung bentuk Infinitive dan juga Gerund.
Dalam Bahasa Inggris, ada beberapa kata kerja yang selalu diikuti oleh Gerund maupun Infinitive (baca juga: Mengenal kata kerja yang selalu diikuti oleh Gerund dan Infinitive). Makna dari setiap kalimat dalam penggunaan passive dalam bentuk past dari infinitive maupun gerund tentunya juga akan berbeda. Bentuk past form dari infinitive maupun gerund dibagi menjadi passive gerund, passive infinitive, past infinitive, past gerund, past-passive infinitive, dan past-passive gerund. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya.

1. Passive Gerund ; to be + past participle
Contoh :

  • I don't enjoy being laughed at by other people. (

2. Passive infinitive; being + past participle
Contoh :

  • I appreciated being invited to your party.

3. Past Gerund ; having + past participle
Contoh :

  • I appreciate having had the opportunity to meet the president.

4. Past Infinitive : to have + past participle
Contoh :

  • The Bromo eruption seems to have stopped

5. Past passive infinitive ; to have been + past participle
Contoh :

  • Jane is fortunate to have been given a scholarship.

6. Past- passive gerund ; having been + past participle
Contoh :

  • I appreciate having been told the news. 
Demikian bentuk passive dalam  Infinitive dan Gerund. Semoga pembelajaran ini bermanfaat bagi anda yang sedang mendalami bahasa Inggris khususnya grammar skill. Terima kasih dan semoga bermanfaat. Salam.

No comments:

Post a Comment