3/11/2016

Anda ingin Sukses dalam Ujian Nasional? Silahkan Coba Beberapa Tips Berikut ini.

Menghadapi ujian merupakan saat- saat yang paling menegangkan bagi sebagian siswa, waktu serasa kian dekatnya. Dan persiapan apa yang sudah dilakukan sahabat Ahzaa Media untuk menghadapi Ujian Nasional nanti? Tentunya selama ini para sahabat pasti sudah melakukan yang terbaik untuk menghadapi ujian nanti. Namun bila sahabat Ahzaa masih merasakan nervous atau stress dalam menghadapi ujian nanti, berikut ini akan kami bagikan beberapa tips yang mungkin berguna bagi sahabat Ahzaa untuk menghadapi ujian mendatang sehingga bisa melaksanakannya dengan sukses dan lancar.
Berdoa ; Berdoa merupakan hal yang paling utama bagi anda sebelum melakukan sesuatu, karena dengan doa, akan ada hubungan antara anda dengan sang pencipta. Doa juga memberikan kita suatu motivasi untuk meraih yang terbaik dalam ujian nanti.
Membuat Jadwal Belajar; Hal kedua yang bisa anda lakukan adalah membuat jadwal belajar sesuai dengan subjek atau pelajaran yang akan diujikan dalam Ujian Nasional nanti. Pembuatan jadwal belajar akan membuat sistem belajar anda terorganisir dengan baik apalagi dengan waktu yang sangat mendesak.
Luangkan waktu untuk belajar; Meluangkan waktu untuk memfokuskan pada materi atau subjek pelajaran dalam Ujian Nasional akan membuat anda terbiasa dalam menerapkan pola belajar yang baik. Efektifkan waktu anda untuk me-review lagi materi- materi yang dirasa agak sulit. Anda bisa meluangkan waktu selama 30 menit atau lebih secara efektif untuk mempelajari materi yang anda kurang pahami. Perlu diingat bahwa ketika anda bisa efektif selama waktu tersebut, maka kemampuan anda juga akan meningkat.
Pahamilah materi; Salah satu cara untuk memahami materi adalah membuat berbagai penalaran dengan mengembangkan pertanyaan berdasarkan materi yang sudah dibaca atau dipelajari. Dengan terbiasa membuat pertanyaan- pertanyaan tersebut, maka kemampuan anda akan pemahaman terhadap materi pelajaran akan meningkat. Jadi, belajar tidak hanya membaca saja tetapi juga mengefektifkan pemahaman melalui pertanyaan yang bisa anda buat sendiri.
Berlatih Soal; Pola dalam soal Ujian Nasional setiap tahunnya hampir sama. Semakin banyak latihan mengerjakan soal, anda akan terbiasa dalam mengerjakan soal dengan tipe yang sama. Selain itu, dengan banyak latihan soal, anda akan tingkat kesulitan bentuk soal dan kelemahan anda dalam menghadapi tipe soal tertentu. Anda bisa mengerjakan bentuk soal- soal tahun lalu atau soal- soal prediksi Ujian Nasional untuk melatih kemampuan anda. 
Jaga Kesehatan; Kesehatan adalah hal yang utama dalam kehidupan anda. Menjaga pola makan dan berolahraga adalah hal yang terbaik dalam mempersiapkan ujian anda.
Optimis; Berfikirlah bahwa anda akan sukses dalam melaksanakan ujian dan mendapatkan hasil yang terbaik. Jangan pernah menyerah dan berfikirlah bahwa anda bisa melakukannya dengan baik. 
Demikian beberapa tips yang bisa kami bagikan pada kesempatan ini. Nah, bagi sahabat Ahzaa Media yang mempunyai pandangan lainnya bisa mengisikan di kolom komentar dibawah ini. Kurang lebihnya kami mohon maaf. Terima kasih. Salam.




No comments:

Post a Comment