Friday, March 4, 2016

Anda Merasa Gugup dalam Berbicara Bahasa Inggris di Depan Umum, Berikut Tips yang Bisa Dilakukan.

Berbicara di depan umum dengan menggunakan bahasa Inggris kadang menjadi sesuatu yang "menakutkan". Rasa takut biasanya muncul saat berbicara dan kita melakukan kesalahan atau kehabisan kata- kata yang ingin diucapkan. Kita kadang percaya bahwa ketika melakukan kesalahan dalam berbahasa Inggris, orang lain pasti akan mentertawakan bahkan menyalahkan kita. Sebenarnya kenyataannya tidaklah demikian. Sebagian orang pasti mengalami hal yang sama ketika pertama kali berbicara di depan umum dengan bahasa Inggris. Hal ini juga dialami pada orang yang sudah mempelajari bahasa Inggris agak lama. Meskipun sebagian orang merasakan kegugupan ketika melakukan kesalahan, akan tetapi, banyak orang penuh dengan percaya diri berbicara dengan bahasa Inggris walaupun mereka hanya mempunyai kosakata (vocabulary) yang sedikit. Dan faktor apakah yang membuat hal itu bisa terjadi? Apakah yang membuat mereka bisa mengatasi ketakutan atau kegugupan mereka ketika berbicara dengan bahasa Inggris?
Nah, pada tulisan ini kami akan membagikan beberapa tips bagaimana mengatasi kegugupan ketika berbicara dengan bahasa Inggris di depan umum.
Ilustrasi Mengajar
Keluar dari Zona Nyaman
Dalam berbicara (speaking) bahasa Inggris penghalang utama adalah rasa takut untuk memulai. dalam hal ini rasa takut akan bersemayam dalam zona nyaman anda. Kalahkan rasa takut tersebut dan keluarlah dari zona nyaman anda. Pertama- tama mungkin anda akan membuat beberapa kesalahan, namun pergunakanlah hal tersebut sebagai pembelajaran anda. Ketika sudah terbiasa, maka rasa takut anda akan hilang dengan sendirinya. Maka practice, practice and practice...
Kesalahan adalah Pembelajaran
Membuat kesalahan adalah hal yang umum dalam belajar bahasa apalagi bagi kita yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Bila anda melakukan kesalahan, gunakanlah kesalahan tersebut sebagai proses pembelajaran anda, koreksi kesalahan anda misalnya dalam tata bahasa atau kosakata yang tepat untuk digunakan. Seorang native speaker yang anda ajak bicara tidak akan menyalahkan anda pada saat membuat kekeliruan. Dalam hal ini, kesalahan adalah sebuah hal yang alami bagi pemula seperti kita.
Berlatih Listening
Sangat umum bagi anda bila mempelajari sebuah bahasa, masalah utama adalah kosakata (vocabulary) dan pengucapan ( pronunciation). Listening bisa meningkatkan kosakata anda dan juga berguna bagi pelafalan kata atau kalimat dalam bahasa Inggris. Secara tidak langsung, dengan listening akan melatih otak untuk bekerja menerima setiap informasi yang masuk melalui pendengaran anda.
Pelajari Ungkapan Sehari- hari
Dalam kehidupan sehari- hari, situasi yang sama dalam percakapan akan terjadi berulang- ulang misalnya berbelanja, memesan makanan, menerima telepon dan rutinitas lainnya. Mulailah menggunakan ungkapan sehari- hari secara pendek dan kemudian praktikan. Semakin anda terbiasa menggunakannya maka semakin terlatih pula kemampuan berbicara anda.
Gabung Komunitas 
Salah satu hal untuk meningkatkan kemampuan dalam berbicara adalah dengan bergabung dengan komunitas bahasa Inggris. Dalam komunitas bahasa Inggris anda akan bertemu dengan orang- orang yang memiliki tujuan yang sama untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris. Selain itu, anda juga akan berlatih bagaimana cara mengungkapkan, menyatakan berbagai ungkapan dengan menggunakan bahasa Inggris. Hal yang terpenting bila membuat kesalahan adalah adanya koreksi dari teman- teman yang lain dalam komunitas tersebut.

Kesimpulan
Membuat kesalahan dalam berbicara bahasa Inggris merupakan hal yang alamiah bagi pembelajar bahasa Inggris seperti kita. Dalam hal ini kita tidak boleh merasa takut untuk berbicara (speaking) kembali menggunakan bahasa Inggris. Kesalahan akan kita gunakan sebagai pembelajaran  kita, karena dengan kesalahan, maka kita akan tahu letak pembenarannya.  Dan kami harap semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan isikan kolom komentar dibawah ini bila mempunyai pandangan lain tentang artikel ini. Mohon maaf bila ada kekurangan. Salam.