Wednesday, March 16, 2016

Berikut ini Peluang Usaha Sampingan Bagi Guru yang Bisa Dicoba

Guru adalah sebuah profesi yang mulia. Kedudukan seseorang yang tinggi tidak akan tercapai bila tanpa ada peran guru didalamnya. Kesabaran dan keikhlasan guru dalam mendidik, mengajar, melatih, membimbing, dan menyampaikan ilmu ke anak didiknya menjadikan guru sebagai seorang pahlawan. Namun, dibalik dari semua hal tersebut, akhir- akhir ini santer berita baik media cetak, televisi maupun online tentang berita guru bahwa apa yang dikeluarkan oleh guru ternyata tidak sebanding dengan "balasan" yang diterimanya. Dalam hal gaji terutama guru honorer maupun swasta yang dirasakan sangat kecil. Seorang guru honorer sekolah bisa saja hanya menerima besaran uang dua ratus ribuan sampai tiga ratus ribuan perbulan. Bahkan,  ada seorang guru swasta hanya menerima seratus ribuan per bulannya. Nah, bila dilihat dari hal tersebut tentunya sangat miris memang bila guru harus menghidupi keluarganya hanya dari besaran gaji yang diterima guru dari sekolah. Belum lagi harus mencukupi kebutuhan, punya rumah, kendaraan, atau menyekolahkan anak- anak mereka. Terus dengan penghasilan yang segitu kecilnya, apa yang bisa dilakukan?
Usaha Sampingan
Sebenarnya menjadi seorang guru adalah profesi yang "fleksibel" dalam masalah waktu. Seorang guru rata- rata menghabiskan waktunya untuk bekerja rata- rata dari jam 07.00 sampai dengan jam 14.00. Selain itu guru masih punya waktu luang untuk melakukan sesuatu. Yap, sebuah usaha sampingan bagi seorang guru. Bila waktu luang tersebut dimanfaatkan untuk hal lain yang bersifat menguntungkan, mengapa tidak? 
Nah, berikut ini saya akan berbagi pengalaman terutama pengalaman saya sendiri yang seorang guru dan pengalaman dari sahabat Ahzaa Media yang juga berprofesi sebagai seorang guru dalam menggunakan waktu selain mengajarnya dengan usaha sampingan dalam meningkatkan pendapatan.
Hal- hal yang bisa dilakukan sebagai usaha sampingan bagi guru
Adapun usaha sampingan yang cocok bagi seorang guru adalah sebagai berikut :
1. Les Privat atau Bimbingan Belajar
Seorang guru mempunyai modal yang sangat hebat yaitu ilmu. Tentunya, penghasilan sampingan dengan memberikan les atau bimbingan belajar berhubungan erat dengan profesi anda sebagai seorang guru. Anda bisa meluangkan waktu dua atau tiga jam dengan memberikan les privat atau memberikan les di bimbingan belajar. Penguasaan ilmu adalah modal utama anda apalagi yang mempunyai kemampuan menguasai berbagai macam pelajaran. Tentunya hal ini akan menambah "nilai" pada diri anda. Bila anda mempunyai tempat, disini anda bisa mendirikan bimbingan belajar yang anda kelola sendiri. Bila dihitung perhari bisa memberikan les atau bimbingan sebanyak dua orang, kemudian dikalikan hari efektif mengajar perbulannya, bisa dibayangkan berapa penghasilan yang bisa didapatkan oleh anda? Jadi, les privat atau bimbingan belajar bukanlah hal yang buruk untuk dicoba. ya kan?
2. Usaha Berdasar Hobi
Setiap orang tentunya mempunyai keterampilan dan hobi. Tidak ada salahnya bagi anda seorang guru mengembangkan keterampilan dan hobi yang anda miliki untuk menciptakan usaha sendiri. bagi anda yang hobi menjahit, mungkin bisa menciptakan aksesoris- aksesoris yang menarik kemudian dijual langsung maupun melalui sistem online. Bagi anda yang hobi memasak atau membuat kue, mungkin tidak ada salahnya juga mengenalkan hasil kue buatan anda kepada orang lain, siapa tahu orang tersebut tertarik untuk membelinya.
3. Jualan Barang 
Menjadikan jualan barang atau jasa sebagai usaha sampingan adalah hal yang patut dicoba. Sudah sering saya melihat rekan- rekan guru yang kesekolah sambil berjualan atau menawarkan barang. Jujur saja, hal tersebut sangat efektif sebagai usaha sampingan anda sebagai seorang guru.
4. Bisnis Online
Bisnis online menjadi pilihan yang sangat tepat pada masa sekarang ini. Seiring dengan pertumbuhan teknologi khususnya teknologi seluler mendorong bisnis online bisa dilakukan oleh siapa saja dimanapun berada. Bagi teman- teman guru, bisnis online bisa menjadi alternatif usaha sampingan yang tepat karena selain waktu, bisnis online bisa dilakukan dimanapun tanpa mengganggu aktivitas mengajar. Silahkan gunakanlah smartphone atau laptop anda dengan menjadi pebisnis  online. Anda bisa menjadi reselller, dropship, atau ikut MLM tertentu yang valid dan menguntungkan. Keuntungan dari seorang guru adalah waktu luang yang relatif banyak dan relasi atau jumlah kelompok anggota yang tidak sedikit. Hal tersebut menjadi sarana promosi yang tepat untuk bisnis online anda. Namun, bila berhasil dengan bisnis anda, jangan lupakan tugas utama anda sebagai seorang pengajar.
5. Menjadi Blogger
Sering sekali kita melihat orang yang sukses dengan menulis di blog. Sangat menarik juga bila kita bisa mengikuti jejak- jejak para blogger untuk juga sukses dengan mengelola sebuah blog. Apapun profesi kita bisa mempunyai peluang yang sama yaitu sukses dengan blog. Bagi seorang guru, mengelola blog bisa memberikan keuntungan yang lebih yaitu mengembangkan ilmu dan menghasilkan uang. Guru mempunyai modal ilmu yang bisa digunakan sebagai topik untuk membuat blog yang berguna bagi pengguna internet. Dengan banyaknya pengunjung yang mengakses blog atau website anda, lama kelamaan blog anda bisa digunakan sebagai mesin penghasil uang untuk anda.
Penutup...
Nah, Sebenarnya masih banyak cara lagi yang bisa dilakukan untuk membuka peluang usaha sampingan bagi guru. Poin yang terpenting adalah berdoa dan usaha yang keras untuk mewujudkannya. Dan bila  sahabat Ahzaa Media punya  usaha sampingan lain yang bisa berguna bagi guru, silahkan dishare ya dikolom komentar dibawah ini.
Salam sukses. Hidup guru.