Media Info Belajar

Wednesday, March 30, 2016

Jurusan IPA atau IPS, Sebenarnya Lebih Baik yang Mana?

Bagi seorang pelajar SMA, hal yang paling menentukan bagi perkembangan bakat dan minat mereka adalah dengan memilih jurusan. Kesalahan dalam memilih jurusan akan membawa pengaruh terhadap proses belajar mereka selama sekolah. Dari jaman dahulu sampai sekarang ada dua jurusan yang sangat populer di SMA yaitu jurusan IPA dan IPS meskipun ada juga jurusan lain seperti jurusan bahasa namun jurusan tersebut masih kalah populer dibanding dua jurusan diatas. 
Meskipun secara pengetahuan keduanya memiliki "kesetaraan", peminat jurusan IPA ternyata lebih banyak dibandingkan dengan peminat jurusan IPS. Beberapa anggapan yang umum terjadi, salah satunya adalah jurusan IPA katanya memiliki kesempatan yang lebih luas dalam menentukan kelanjutan proses studinya khususnya pada perguruan tinggi dibandingkan IPS. Selain itu, juga anggapan yang beredar luas dimasyarakat adalah anak IPA mempunyai kemampuan yang lebih baik daripada anak IPS. Nah, apakah hal tersebut benar? Apakah dengan anggapan tersebut jurusan IPA lebih baik daripada jurusan IPS? 
ilustrasi IPA atau IPS
Sebenarnya anggapan - anggapan yang terjadi tidak sepenuhnya benar. Hal tersebut hanyalah masalah pemilihan minat dan jurusan berdasarkan kemampuan yang dimiliki. Setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ada siswa yang menonjol pada mapel eksakta tetapi ada juga yang lebih baik dalam mapel sosial. Nah, berdasarkan hal itu kamu juga harus tahu jurusan apa yang tepat sesuai dengan kemampuanmu. Bila kamu mempunyai kemampuan yang baik dalam ilmu eksakta seperti Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi silahkan pilih jurusan IPA, dan bila kamu suka pelajaran- pelajaran yang bersifat sosial, penalaran, logika subjektif, maka masuklah ke IPS. 
Nah, berdasarkan uraian tadi diatas, sudah ada gambaran kan mengenai jurusan IPA atau IPS sebenarnya lebih baik yang mana? Maka jawabannya adalah kedua jurusan memiliki keunggulan masing- masing yang sama, artinya tidak ada yang unggul atau lebih unggul.
Dan mengapa jurusan IPA lebih banyak peminatnya dibanding jurusan IPS? Sebagian besar siswa lebih memilih jurusan IPA dikarenakan bisa memilih jurusan apapun alias lintas jurusan ketika mereka mendaftar di perguruan tinggi negeri. Sedangkan pada jurusan IPS tidak memungkinkan lintas jurusan ketika mendaftar di perguruan tinggi negeri. Tetapi bagi kamu yang memilih jurusan IPS, jangan berkecil hati dahulu karena sekarang ini ada banyak jurusan dengan prospek kerja menarik yang bisa dipilih bagi siswa IPS untuk melanjutkan studinya nanti seperti jurusan Akuntansi, Ilmu Hukum, Ilmu Politik, Hubungan Internasional, Psikologi, Sastra Inggris, Bisnis dan Manajemen, Ilmu Komunikasi, bahkan Jurnalistik. Menarik bukan? Ingat, "Kesuksesan bukanlah hanya milik anak IPA saja, anak IPS pun bisa"
Dan sebagai kesimpulan saya dalam tulisan ini adalah jurusan IPA maupun IPS pada dasarnya sama saja, tidak ada yang lebih unggul atau lebih baik dan yang menjadikan siswa unggul dan sukses bukan karena jurusan, namun dikarenakan kemauan keras dari siswa sendiri,  ya kan?
Semoga artikel ini bermanfaat, tetaplah semangat dan optimis. Salam.