Monday, March 21, 2016

Mengenal Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) SMK

Teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat sekarang ini. Semua industri yang menggunakan basis teknologi banyak membutuhkan tenaga kerja yang terampil dan ahli dalam bidangnya. Dari hal tersebut diatas, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi sebuah pilihan utama untuk mencetak tenaga ahli yang terampil dan siap kerja dalam menghadapi perkembangan teknologi sesuai dengan kebutuhan dunia industri.
Ilustrasi Perakitan laptop
Salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mengakomodir lulusan kerja yang siap dalam menghadapi perkembangan teknologi adalah jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Dalam perkembangannya, jurusan TKJ saat ini merupakan pilihan jurusan yang populer dikalangan lulusan SMP atau sederajat yang  melanjutkan studinya ke jenjang SMK. Jurusan TKJ mengalami kenaikan yang signifikan sejak jurusan tersebut pertama kali diperkenalkan. 
Nah, berbicara tentang jurusan TKJ, tentunya jurusan tersebut pasti tidak jauh- jauh dari apa yang namanya teknologi komputer.  Bagi adik- adik lulusan SMP atau sederajat yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya ke SMK dan memilih jurusan TKJ, berikut ini akan kami rangkum beberapa informasi tentang apa itu jurusan TKJ, kompetensi TKJ, keahlian yang didapatkan dan peluang kerjanya.
Apakah Jurusan TKJ itu
Jurusan TKJ sendiri menurut definisi dari wikipedia merupakan ilmu berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkait kemampuan algoritma, dan pemrograman komputer, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak, dan internet. Namun selain itu, jurusan TKJ juga memberikan kompetensi keahlian tambahan yaitu listrik, elektro, perangkat lunak dan perangkat keras. Dalam proses pendidikan selama di SMK jurusan TKJ, siswa akan diajari dari tingkat dasar tentang perakitan, perbaikan komputer, perbaikan peripheral, web desain, jaringan, sampai dengan keamanan jaringan. Dengan semua keahlian yang diajarkan secara lengkap sejak tingkat pertama sampai dengan akhir, diharapkan siswa mampu berkompetisi sesuai dengan keahlian dalam dunia kerja yang berbasis teknologi.
Peluang Jurusan TKJ
Siswa- siswa yang memilih jurusan TKJ di SMK, mereka juga bisa lho mendapatkan penghasilan sampingan selain di sekolah. Dengan berbagai keahlian yang mereka miliki dan keadaan lingkungan yang tidak bisa lepas dari teknologi, tentunya banyak permasalahan khususnya bidang komputer yang terjadi. Nah, disitulah peluang anak- anak TKJ untuk menyelesaikannya. Permasalahan ringan seperti instalasi, troubleshooting komputer, bahkan jaringan bisa menjadi lahan peluang untuk menghasilkan uang. 
Alumni TKJ
Bagi siswa SMK jurusan TKJ, peluang ketika lulus adalah sangat terbuka lebar, maksudnya siswa lulusan bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan kompetensinya misalnya komputer dan  jaringan atau bisa melanjutkan ke jenjang yang mungkin berbeda rumpun jurusannya. Selain itu bila lulusan menghendaki tidak untuk melanjutkan studinya, siswa lulusan masih bisa bekerja dengan segala keterampilan yang sudah pernah diajarkan sebelumnya. Peluang dalam dunia kerja adalah dalam hal IT, menjadi teknisi atau membuka usaha sendiri yang berbasis IT jika punya modal yang lebih.

Demikian sahabat Ahzaa Media sekilas penjelasan kami tentang mengenal jurusan TKJ di SMK, semoga bisa memberikan manfaat dan pandangan memilih jurusan bagi adik- adik lulusan SMP yang ingin melanjutkan ke SMK. Nantikan artikel- artikel kami berikutnya.
Salam.