Saturday, April 23, 2016

Berikut Info Mengenai Pelaksanaan SBMPTN 2016 yang Harus Kamu Ketahui

Pendaftaran SBMPTN tahun 2016 akan segera dimulai sebentar lagi. Bagi kamu yang berencana masuk perguruan tinggi negeri melalui SBMPTN, tentunya saat ini sudah mempersiapkannya, ya kan? Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang pelaksanaan SBMPTN tahun 2016 ini.
Daya Tampung
Pada tahun ini peserta bisa memilih 78 perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia dengan daya tampung awal 99.223 kursi. Pendaftaran SBMPTN akan dimulai tanggal 25 April 2016 melalui laman resmi SBMPTN dan pelaksanaan ujian SBMPTN 2016 sendiri dilaksanakan pada 31 Mei.
source : www.tasctest.com
Ilustrasi Tes
Sistem CBT dan PBT
Dua metode ujian akan digunakan dalam pelaksanaan ujian tersebut yaitu sistem Paper Based Test (PBT) dan sistem Computer Based Test (CBT). Adapun sistem SBMPTN CBT hanya bisa diikuti oleh peserta kelompok sains dan teknologi (saintek) atau sosial dan humaniora (soshum). Sehingga bagi yang mendaftar kelompok campuran harus mengikuti SBMPTN dengan sistem PBT. Pelaksanaan ujian dengan sistem CBT akan dilaksanakan di 30 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tersebar di 23 kota dan 19 provinsi di Indonesia yang tentunya sudah menjalani tahapan kualifikasi layak melaksanakan ujian berbasis komputer. 
Pelaksanaan CBT dan PBT serentak
Ujian CBT akan dilaksanakan serentak bersamaan dengan ujian PBT. 
Biaya Pendaftaran 
Biaya untuk pendaftaran pada tahun ini naik bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Peserta yang mendaftar SBMPTN pada tahun ini harus membayar biaya sebesar Rp. 200.000,-. Adapun biaya penyelenggaraan SBMPTN tahun 2016 ini ditanggung oleh peserta dengan subsidi dari pemerintah. 
Persyaratan Peserta
Untuk persyaratan peserta pendaftar SBMPTN,  bagi siswa lulusan 2015 dan 2014 harus sudah memiliki ijazah. Dan bagi siswa lulusan 2016 sudah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, baik SMA dan SMK atau yang sederajat. 

Demikian hal- hal yang harus kamu ketahui tentang pelaksanaan SBMPTN 2016 ini. Semoga sukses.

Sumber Info : Berbagai sumber.
Sumber gambar : http://www.tasctest.com