Thursday, April 14, 2016

Berikut Ini Hal- hal Penting Mengenai Pendaftaran SBMPTN Yang Harus Kamu Ketahui

Seleksi masuk perguruan tinggi dapat ditempuh dalam beberapa jalur yaitu melalui jalur undangan atau yang sering disebut dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pelaksanaan pendaftaran untuk SBMPTN akan dimulai setelah pendaftaran SNMPTN dan Ujian Nasional. 
Bagi kamu yang minat mendaftar ke perguruan tinggi negeri melalui SBMPTN masa rehat setelah UN inilah yang paling penting untuk mempersiapkan pelaksanaan Ujian SBMPTN. Dan berikut ini beberapa hal penting yang bisa kamu perhatikan mengenai pendaftaran SBMPTN.  
#Jadwal SBMPTN
Ilustrasi UniversitasPelaksanaan tes untuk SBMPTN akan dilaksanakan melalui ujian tertulis yang terdiri dari Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT). 
Pendaftaran SBMPTN dilakukan melalui sistem online. Perlu diingat sebelum kamu mendaftar, silahkan pelajari dulu tata cara pendaftarannya melalui http://pendaftaran.sbmptn.ac.id dan tentang tata cara pengisian bisa kamu download mulai tanggal 18 April 2016 melalui laman http://download.sbmptn.ac.id
Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa pendaftaran SBMPTN melalui ujian tertulis (PBT) dan ujian komputer (CBT). Pendaftaran online Paper Based Testing (PBT) maupun Computer Based Testing (CBT) akan dibuka dari tanggal 25 April 2016 pukul 08.00 WIB sampai dengan 20 Mei 2016 pukul 22.00 WIB. Pilihlah waktu yang tepat untuk mendaftar agar proses pendaftaranmu berjalan lancar tanpa kendala.
Untuk pelaksanaan ujiannya, seperti dikutip dari situs resmi SBMPTN, Ujian tertulis baik untuk Paper Based Testing (PBT) maupun Computer Based Testing (CBT) dilaksanakan secara serentak pada tanggal 31 Mei 2016 sedang untuk Ujian  Keterampilan dilaksanakan pada hari Rabu dan/atau Kamis, tanggal 1 dan/atau 2 Juni 2016.
Pengumuman hasil seleksi akan dilakukan secara online melalui laman http://www.sbmptn.ac.id. pada tanggal 28 Juni 2016 mulai pukul 17.00 WIB.
#Kelompok Program Studi
Kelompok ujian dalam SBMPTN akan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok ujian saintek, kelompok ujian soshum, dan kelompok ujian campuran. Kamu bisa memilih program studi maksimal program studi dengan ketentuan : 
  1. Bila program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, maka kamu harus mengikuti kelompok ujian Saintek.
  2. Bila program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, maka kamu harus mengikuti kelompok ujian Soshum.
  3. Bila program studi yang dipilih terdiri dari kelompok Saintek dan Soshum, maka kamu harus mengikuti kelompok ujian Campuran.
Perhatikan juga ya, urutan dalam pemilihan program studi akan menyatakan prioritas pilihan dan peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN manapun. Bagi Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat peserta mengikuti ujian. Sementara itu untuk pilihan program studi yang lain dapat di PTN di luar wilayah pendaftaran tempat peserta mengikuti ujian.
#Materi Ujian

Materi ujian untuk kelompok saintek adalah Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan TKD Saintek, yang terdiri atas mapel uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. Sedangkan materi ujian untuk kelompok ujian soshum adalah Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan TKD Soshum yang terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. Bagi kelompok campuran maka materi ujian meliputi TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum. Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran. Namun khusus untuk peserta CBT hanya dibolehkan mengikuti kelompok ujian Saintek saja atau kelompok ujian Soshum saja.
Dan bagi kamu yang memilih program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan, maka harus mengikuti ujian keterampilan. Untuk program bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni yang terkait sedangkan unt
uk bidang Ilmu Keolahragaan  terdiri atas pemeriksaan kesehatan dan tes keterampilan motorik. Untuk ujian keterampilan, peserta bisa mengikuti ujian di PTN terdekat yang sesuai dengan pilihan program studi. Untuk daftar PTN kamu bisa melihat melalui laman resmi SBMPTN.

Nah, berkaitan dengan informasi penting diatas tentunya persiapan adalah hal utama yang harus kamu lakukan dalam menghadapi ujian SBMPTN. Pelajarilah materi soal- soal tahun sebelumnya karena kemungkinan polanya akan sama setiap tahunnya. Selain itu sering- seringlah ikut tryout yang banyak diselenggarakan. Dengan mengikuti tryout kamu akan dapat mengukur kemampuanmu.
Akhir kata, semoga informasi diatas bisa memberikan manfaat bagi kamu semua yang sedang menghadapi SBMPTN. Semoga sukses.
Salam. 
Disarikan dari http://www.sbmptn.or.id/