Media Info Belajar

Friday, April 22, 2016

Berikut Ini Kiat Jitu Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa dengan Quantum Reading

Seperti yang kita ketahui membaca dengan baik merupakan keterampilan membaca yang bisa kita gunakan sepanjang hidup kita. Semua aspek dalam hidup kita pasti tidak akan lepas dari aktivitas membaca. Namun, banyak yang menyadari sebagian dari kita menganggap bahwa aktivitas membaca adalah sebuah beban. Bagi seorang siswa, hal itu ternyata tidak jauh berbeda. Ketika guru memberikan tugas membaca, tidak semua siswa bisa menyelesaikan tugas membacanya dengan baik. 
Sebenarnya bila siswa bisa membaca dengan baik, kemungkinan besar pemahaman dan belajar mereka akan meningkat dan tentunya mereka akan mendapatkan nilai yang baik disekolah.
Dengan pemahaman dan membaca yang baik, maka membaca bukanlah menjadi sebuah aktivitas yang bersifat wajib "dikerjakan" saja, namun bisa menjadi sebuah hobi. 
Nah, bagi kamu yang masih mempunyai kesulitan dalam membaca dengan baik tentang materi pelajaran yang ada di buku, hal - hal berikut ini bisa kamu praktikkan untuk melatih kemampuanmu dalam membaca dengan baik. 
www.huffingtonpost.com
Ilustrasi membaca
Dikutip dari buku Quantum Teaching, berikut ini ada beberapa cara mudah bagaimana melatih kemampuan dan keterampilan membacamu dengan Quantum Reading
1. Jadilah pelajar yang ingin tahu
Sebelum kamu mulai mengerjakan tugas membaca, ada beberapa pertanyaan dalam dirimu yang harus kamu tanyakan yaitu :
  • Tentang apa tugas ini?
  • Manfaat apa yang bisa saya ambil?
  • Bagaimana saya dapat menggunakan informasi ini?

2. Konsentrasi
Dalam membaca cepat, yang dibutuhkan adalah konsentrasi. Karena dengan konsentrasi kamu akan dapat menemukan hal apa yang disampaikan dalam buku atau media baca. Memang sih, konsentrasi membutuhkan sebuah latihan, tetapi kamu akan terlatih bila terbiasa melakukan konsentrasi.
3. Superscan
Metode SuperScan adalah teknik membaca paling cepat. Dengan cepat, lalui setiap halaman dari tugas membaca kamu. Lihat keseluruhan halaman sekaligus dan biarkan semua informasi mengalir dari dalam buku yang kamu baca baik judul bab, materi, gambar, grafik, pertanyaan di bagian akhir bab, dan lain lain. Lakukanlah aktivitas ini berulangkali untuk bisa membiasakan dengan materi yang ada dalam buku. Sambil melakukan SuperScanning, tanyakanlah dalam dirimu "kira- kira buku ini tentang apa? Apa artinya? Mengapa ini penting? Maka dalam benakmu akan berfikir secar otomatis dalam menemukan jawaban pertanyaanmu tadi diatas.
4. Membaca
Saat mulai membaca, ikutilah baris dmei baris dengan jari, seperti ketika kamu lakukan saat belajar membaca. Paksalah diri kamu untuk membaca sedikit lebih cepat dari tingkat membaca yang biasa. Kamu dapat melipatgandakan kecepatan membacamu dnegan menggunakan jari sebagai penuntun visual. Kebanyakan orang hanya membaca kata satu per satu. tujuannya disini adalah membaca seluruh kelompok kata sekaligus dengan menggunakan otak kanan, yaitu bagian yang memahami keseluruhan. Dengan gerakan jari, maka akan diketahui pemaknaan frase dibanding dengan kata yang berdiri sendiri.
5. Mengulang
Dengan mengulang, maka kamu akan merekatkan materi dan meningkatkan pemahaman kamu terhadap materi. 
Dan sebagai penutup dari cara- cara diatas, bahwa kemampuan membaca akan meningkat seiring banyaknya latihan dalam membaca. Tnpa banyak latihan tentunya kemampuan dan keterampilan membacamu akan bersifat konstan saja. Motivasi dalam diri adalah hal yang penting untuk membuat dirimu terpacu untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan membacamu. 
Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa kirimkan tanggapan atas tulisan saya diatas melalui kolom komentar dibawah ini. Salam.

Sumber Gambar : www.huffingtonpost.com