Media Info Belajar

Monday, April 11, 2016

Fakta Menarik Seputar Pelaksanaan UN 2016

Rangkaian pelaksanaan UN sudah akan berakhir beberapa saat yang lalu. Tentunya pelaksanaan UN pada tahun ini bisa dibilang sangat sukses meskipun ada beberapa kelemahan yang terjadi disana sini. Nah, berikut ini ada beberapa fakta menarik seputar pelaksaaan UN tahun 2016 ini. Disimak ya...
Ujian Nasional
#1. UN bukan lagi penentu Kelulusan
Hal yang menarik pertama adalah pada tahun ini adalah UN memang bukan lagi penentu kelulusan. Kelulusan siswa sepenuhnya ditentukan oleh sekolah dengan mempertimbangkan capaian siswa pada seluruh mata pelajaran, keterampilan, maupun sikap dan perilaku siswa selama duduk di bangku sekolah. Bila siswa ingin mengulang ujian Nasional bisa melalui Ujian Nasional Perbaikan yang dijadwalkan oleh pemerintah. Dengan adanya sistem kebijakan ini diharapkan agar pelaksanaan UN tidak menjadi sesuatu yang menakutkan lagi bagi para siswa. 
#2. Integritas Sekolah
Kejujuran adalah hal yang utama dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) karena kejujuran adalah nilai fundamental, nilai dasar dalam membangun karakter bangsa. Nah, Salah satu hal yang menarik dalam pelaksanaan UN tahun ini adalah program indeks integritas sekolah. Mendikbud, Anies Baswedan, menegaskan, penilaian indeks integritas UN ini bagian dari penerjemahan revolusi mental; prestasi tidak hanya dari aspek akademik, tetapi juga di ranah moral seperti nilai kejujuran. Dan dengan semakin besar indeks integritas, tingkat kejujuran di sekolah tersebut dinilai semakin tinggi. 
#3. Sistem Ujian UNBK 
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Meskipun pada tahun lalu pelaksanaan UNBK sudah dilaksanakan, namun pada tahun 2016 ini satuan pendidikan yang menyelenggarakan UN dengan menggunakan sistem UNBK meningkat. Penggunaan sistem UNBK ini memang lebih efisien daripada penggunaan sistem dengan PBT (Paper Based Test) namun, dikarenakan berbagai kendala seperti fasilitas yang belum memadai masih banyak sekolah yang belum mampu menyelenggarakan sistem UNBK pada tahun ini.  
#4. Sistem Irisan Kurikulum
Pelaksanaan UN pada tahun ini berbeda dengan pelaksanaan UN pada tahun - tahun sebelumnya. Pada tahun 2016 ini pelaksaan UN dengan menggunakan materi irisan kurikulum 2013 dengan kurikulum 2006. Namun dengan materi yang berasal dari dua kurikulum tersebut siswa tidak harus mempelajari materi semua kurikulum 2006 ataupun 2013, sistem UN menggunakan sistem irisan kurikulum yang akan digambarkan melalui kisi- kisi soal.
#5. Bocoran UN
Meskipun UN bukan lagi sebagai syarat penentu kelulusan siswa, namun masih sama seperti tahun- tahun sebelumnya kecurangan UN masih banyak terjadi dimana- mana. Namun pada tahun ini kecurangan- kecurangan yang terjadi sudah menurun dengan drastis dibanding dengan tahun yang lalu. Penggunaan media sosial banyak disalahgunakan untuk melakukan kecurangan- kecurangan tersebut baik melalui broadcast message ataupun chatroom media sosial tertentu. Dan semoga saja hal tersebut tidak terjadi lagi dimasa akan mendatang.

Demikian beberapa fakta menarik tentang pelaksanaan UN tahun 2016 ini. Semoga artikel ini memberi manfaat bagi anda. Mohon maaf bila ada kekurangan dan terima kasih sudah berkunjung.
Salam.