Media Info Belajar

Monday, May 30, 2016

Gugup H-1 Menjelang Ujian SBMPTN, Beberapa Tips Berikut Ini Bisa Dicoba

Hari ini, H-1 menjelang pelaksanaan SBMPTN 2016, tentunya  berkaitan dengan persiapan SBMPTN 2016 besok pagi seperti kartu tes, alat tulis, dokumen administrasi lain harus sudah kamu persiapkan sebelumnya dan jangan lupa untuk survey lokasi ujian untuk kelancaran pelaksanaan agar tidak terburu- buru ketika berangkat. 

Seringkali H-1 menjelang membuat calon peserta ujian  merasa nervous atau gugup karena mungkin ini adalah ujian pertamamu masuk perguruan tinggi atau bahkan ujian ini adalah penentuanmu untuk masuk perguruan tinggi negeri setelah jalur sebelumnya gagal.

Nah, bagi kamu yang merasa gugup menjelang ujian SBMPTN, berikut ini hal- hal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa gugupmu.
Ujian SBMPTN
Ilustrasi

Tetap Tenang
Menjelang hari H-ujian, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tetap tenang  terhadap ujianmu besok. Dengan tenang, maka semua persiapanmu seperti belajar dan review lagi materi- materi yang sudah kamu lakukan akan tersimpan dengan baik sehingga lancar dan mudah dalam  mengerjakan soal- soal yang diujikan besok pagi.

Positive Thinking
Dalam semua aspek kehidupan, positive thinking adalah hal yang utama, karena dengan pikiran yang positif akan menumbuhkan sebuah kepercayaan diri yang positif pula. Yakinlah terhadap diri sendiri bahwa kamu mampu menyelesaikan soal- soal dan akhirnya lolos dan keterima di perguruan tinggi negeri melalui ujian SBMPTN setelah mempersiapkan ujian sebelumnya.  

Istirahat yang Cukup
Supaya kamu bisa tetap sehat dan segar serta tidak gugup ketika ujian SBMPTN besok, lakukanlah pada hari ini, istirahat yang cukup untuk me-refresh-kan pikiranmu setelah persiapan belajar yang sudah menyita pikiran dan waktumu. Usahakan bahwa pada hari ini adalah masa tenang menjelang pelaksanaan ujianmu. Selain itu jangan pernah tidur terlalu malam dan makan makanan yang sehat agar terjaga kesehatanmu besok.

Berdoa
Nah, hal terakhir yang sangat penting agar kamu tidak gugup menjelang ujian adalah mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui doa- doamu. Berdoalah bahwa semoga ujian ini membawa yang bermanfaat dan terbaik bagi kehidupanmu dan semoga saja bisa menjadi jalan yang berkah bagi hidupmu.

Demikian tips agar kamu tidak gugup dalam ujian SBMPTN 2016, semoga bisa memberikan manfaat bagi kamu semua. Jangan lupa kirimkan saran dan komentar pada kolom komentar dibawah ini, dan akhir kata, semoga sukses dan keterima di perguruan tinggi negeri favorit.
Salam.