Media Info Belajar

Saturday, May 7, 2016

Hore... Pengumuman Hasil Ujian Nasional SMA dan Sederajat Diberikan Hari Ini

Tepatnya hari ini 7 Mei 2016, siswa SMA dan sederajat akan menerima hasil Ujian Nasional setelah menanti selama sebulan dari pelaksanaan ujian nasional. Tentunya berbagai perasaan seperti cemas akan bergelayut di benak adik- adik meskipun ujian nasional bukanlah penentu kelulusan. Tetapi paling tidak, hasil ujian nasional adalah refleksi dari keberhasilan adik- adik dalam menempuh pendidikannya selama mereka di sekolah.
kebersamaan
Ilustrasi (foto : dok. Ahzaa.net)
Meskipun ujian nasional bukanlah penentu dari kelulusan, namun hasil ujian nasional digunakan untuk menyempurnakan penilaian oleh pihak perguruan tinggi negeri dalam menyeleksi calon mahasiswa mereka dalam seleksi SNMPTN. 
Oleh karena itu, nilai yang baik mesti menjadi prioritas utama adik- adik yang mendambakan masuk ke perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN.
Untuk adik- adik yang mungkin nilainya masih dibawah standar kompetensi kelulusan (SKL), masih ada kesempatan kok, yaitu dengan mengikuti ujian nasional (UN) perbaikan yang akan diselenggarakan kira- kira bulan Oktober mendatang.
Penentu kelulusan siswa adalah melalui rapat pleno guru dari sekolah masing - masing. Setiap sekolah mungkin memiliki metode yang berbeda dalam mengumumkan ujian nasional siswanya baik melalui website sekolah, pos, bahkan diantar kerumah oleh guru masing- masing.
Nah, berbicara mengenai kelulusan, tentunya tidak lepas dari perayaan kelulusan. Kelulusan tidak harus dirayakan apalagi dengan cara yang tidak perlu seperti hura- hura atau konvoi, karena masih banyak hal yang harus dihadapi selepas adik- adik lulus nanti seperti masuk kuliah yang tentunya akan menentukan masa depan adik- adik di masa depan. 
Daripada mencorat- coret baju ketika merayakan kelulusan, alangkah baiknya menyumbangkannya kepada yang membutuhkan. Siapa tahu hal itu akan membawa berkah bagi kehidupan adik- adik semua di masa yang akan datang.
Dan pada intinya, kelulusan adalah sebuah awal dari langkah adik- adik dalam menapaki masa depan. Akhirnya, semoga sukses dan tercapai apa yang dicita- citakan. Salam.