Media Info Belajar

Monday, May 23, 2016

Yuk Kita Ketahui 5 Alasan Mengapa Membaca Itu Begitu Penting

Dalam menjalani aktivitas sehari- hari, kita pasti tidak akan terlepas dari aktivitas membaca. Secara tidak kita sadari apapun yang kita lakukan selalu berhubungan dengan aktivitas tersebut baik di kantor, dirumah, di sekolah, bahkan di jalan sekalipun. 
Mungkin selama ini mungkin kita belum menyadari pentingnya dari aktivitas membaca tersebut padahal aktivitas tersebut kita lakukan di setiap aspek kehidupan kita. Banyak orang yang sukses dan meraih prestasi dalam karir, bisnis, dan pendidikan berawal dari membaca. Dengan banyaknya pengetahuan dan pengalaman dari membaca itulah orang- orang sukses dapat mengembangkan ilmunya atau menemukan hal- hal yang baru dalam hidupnya.
Nah, bagaimana dengan kita? sudahkah kita menyadari betapa pentinya aktivitas membaca? Pada artikel berikut ini  akan saya sampaikan mengapa aktivitas membaca itu begitu penting bagi kita.
1. Mendapatkan pengalaman dari orang lain
Dalam aktivitas membaca secara tidak langsung kita akan mendapatkan pengalaman dan hal- hal yang baru dalam hidup kita. Sebuah tulisan atau buku yang kita baca seringkali mengimplementasikan kesuksesan, kegagalan, dan pengalaman dari pengarangnya. Kita tahu bahwa hidup kita mungkin hanya terbatas akan umur dan juga pengalaman. Banyak orang- orang yang sukses menuangkan pengalaman mereka dalam buku atau tulisannya. Dengan pengalaman orang -orang sukses yang kita ketahui, maka kita lebih siap dalam menentukan langkah, pemikiran dan kebijakan dalam hidup kita. 
2. Melatih kemampuan otak
Seperti yang kita ketahui otak kita itu sama halnya otot yang selalu memerlukan latihan. Dengan banyaknya informasi yang masuk ke otak kita akan membuat peningkatan kemampuan kerja otak kita. Contoh nyata dalam kebiasaaan membaca adalah mudahnya memahami, mengingat, dan membuat perencanaan terhadap apa yang ingin dilakukan. Kita kadang sering menemukan berbagai hal di sekeliling kita yang menuntut pemahaman lebih. Semakin banyak kita membaca, maka kinerja ottak kita juga akan semakin terasah dalam menangkap setiap informasi yang masuk. Selain itu membaca juga akan membantu kita berfokus terhadap sesuatu yang kita hadapi. 


3. Mendapatkan hal yang baru
Banyak orang yang sukses dan berhasil dengan mendapatkan informasi dan pengetahuan dari buku yang mereka baca. Segala informasi, cara, ilmu dan pengetahuan hanyalah bisa didapatkan dengan membaca baik melalui buku, majalah, koran, bahkan internet. Membaca dapat mengeksplorasi dunia baru yang belum pernah kita sangka dan kita ketahui sebelumnya. 
4. Meningkatkan kreatifitas dan imajinasi
Membaca tidak  hanya mendapatkan sebuah informasi saja, namun katifitas tersebut bisa mengembangkan alam imajinasi dan kreatifitas kita. Banyak orang yang terinspirasi menciptakan sesuatu seperti alat yang bisa membantu kehidupan manusia dari aktifitas membaca. Selain itu aktifitas membaca akan membuat kita bisa menjadi apa saja yang kita inginkan, atau mengeksplorasi bagaimana kita memandang sebuah hal dari sudut pandang yang berbeda.
5. Membantu komunikasi
Dalam kehidupan kita, komunikasi adalahs arana yang sangat penting. Membaca adalah salahs atu komunikasi kita terhadap dunia di sekeliling kita. Setelah membaca kita dapat mengungkapkan dan membagikan pengalaman- pengalaman yang kita dapatkan ke orang lain yang membutuhkan. Hal tersebut mendukung komunikasi kita terhadap orang di sekeliling kita. 

Tentunya dari lima hal yang saya kemukakan tersebut diatas, masih banyak lagi hal- hal yang membuat aktivitas membaca itu begitu pentingnya. Dan pertanyaaannya adalah apakah membaca juga penting bagi anda? Nah, Silahkan isikan kolom komentar di bawah ini untuk mengemukakan alasan- alasan anda mengapa membaca itu penting. Semoga tulisan ini bermanfaat. Sekian dan Terima kasih sudah berkunjung di blog kami.