Media Info Belajar

Tuesday, May 31, 2016

Yuk, Semangat Ujian SBMPTN yang Digelar Hari Ini

Hari ini pelaksanaan ujian SBMPTN digelar di berbagai universitas yang ditunjuk diseluruh Indonesia. Calon mahasiswa akan bersaing memperebutkan kursi di perguruan tinggi negeri masing- masing pilihannya. Jalur SBMPTN merupakan jalur penerimaan masuk perguruan tinggi yang sangat diminati oleh calon mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pendaftar yang menempuh melalui jalur ini. Dengan persaingan yang sangat ketat dan bentuk soal ujian yang bisa dibilang tidak mudah lagi tentunya akan banyak mahasiswa yang gugur atau tidak mendapatkan kursi di perguruan tinggi negeri pilihannya. Namun atas kerja keras dan persiapan matang yang sudah dilalui akhir- akhir ini semoga perjuangan kamu tidak akan sia- sia.
Nah, berikut ini beberapa tips yang berguna bagi kamu sebelum mengerjakan soal SBMPTN

Berdoa
Berdoa merupakan hal yang utama yang harus kamu lakukan sebelum mengerjakan ujianmu. Berdoalah agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan ujian.

Manajemen waktu
Gunakan manajemen waktu yang tepat dalam mengerjakan setiap butir soal SBMPTN. Kerjakanlah soal yang mudah dan jangan pernah terpaku pada soal yang sulit karena akan menghabiskan waktumu. Bila menemukan soal yang sangat sulit, lewati saja soal tersebut dan pilihlah soal yang sekiranya kamu bisa mengerjakannya terlebih dahulu. Ingat, sistem penilaian dalam ujian berlaku soal benar +4, Salah -1, dan kosong 0. 

Bacalah petunjuk mengerjakan soal
Dalam ujian SBMPTN tahun ini berlaku dua sistem yaitu menggunakan sistem CBT dan sistem PBT. Bacalah petunjuk mengerjakan soal dengan seksama agar tidak terjadi kesalahan- kesalahan teknis yang mungkin saja terjadi.
UJIAN SBMPTN

Teliti
Dalam mengerjakan soal, teliti dan bijaklah dalam memilih jawaban. Dengan pemikiran yang matang maka kamu pasti akan menemukan jawabannya. Jangan pernah menjawab asal bila kamu memang benar- benar tidak bisa menjawab soal yang sulit. 

Rehat efektif
Gunakan waktu istirahat dengan efektif karena ujian SBMPTN akan berlangsung hampir seharian dan pastinya akan menguras pikiran dan tenagamu. Nah, dalam waktu- waktu rehat yang tersedia misalnya dalam jeda tes, silahkan gunakan waktu dengan baik untuk istirahat atau membaca- baca lagi materi yang akan diujikan.

Demikian tips sebelum mengerjakan SBMPTN pada hari ini, tetap semangat dan optimis keterima di perguruan tinggi pilihanmu.
Semoga sukses.