Monday, November 14, 2016

Yuk Manfaatkan Podcast dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anda

Pada artikel yang lalu, saya menulis tentang bagaimana meningkatkan skor tes bahasa Inggris anda melalui artikel Skor yang tinggi dalam tes bahasa Inggris? Yuk coba delapan langkah berikut ini.
Nah, melanjutkan dari artikel yang saya sebutkan tadi, ada satu poin dalam artikel tersebut yang sangat menarik untuk dibahas lebih jauh yaitu mengenai penggunaan Podcast dalam belajar bahasa Inggris.
Mungkin sebagian dari kita pasti masih asing dengan istilah podcast, apakah podcast itu, cara menggunakannya dan bagaimana memanfaatkan podcast tersebut khususnya dalam belajar bahasa Inggris. Dan pada artikel ini akan saya bahas lebih lanjut lagi mengenai podcast dan pemanfaatannya dalam belajar bahasa Inggris.
Screenshot podcast laman BBC

Apakah Podcast itu?
Podcast merupakan berkas digital berbentuk audio yang diterbitkan secara berseri dengan file audio yang dapat diunduh dan diperdengarkan melalui komputer, laptop ataupun MP3 player. Bila dicermati lebih jauh, saat kita mendengarkan podcast, kita seperti mendengarkan radio. Dalam hal ini podcast pada prinsipnya berbeda dengan radio. Pada podcast, audio yang kita dengarkan merupakan hasil dari rekaman sedangkan pada radio, apa yang kita dengarkan merupakan siaran online para broadcaster nya.
Istilah Podcast sendiri berasal dari kata iPod dan broadcast. Seperti kita tahu bahwa iPod adalah salah satu brand dari perusahaan ternama Apple. Dan tidak dapat dipungkiri lagi, podcast pada awalnya merupakan konsep dari Apple dan hanya bisa diperdengarkan melalui aplikasi milik Apple, namun sekarang ini kita bisa mendengarkannya melalui berbagai jenis OS yang lain seperti Android ataupun Windows Phone.
Dalam Podcast, ada ratusan bahkan ribuan topik audio yang bisa kita dengarkan dan kita tinggal memilih topik apa yang akan kita dengarkan misalnya saja bila kita senang dengan dunia games maka kita bisa memilih topik games  untuk kita perdengarkan. Atau bila kita berkecimpung dalam dunia pendidikan, kita juga bisa memilih topik pendidikan dalam menu yang tersedia.

Cara Mengakses dan Mendengarkan Podcast
Dalam mengakses dan mendengarkan podcast, tentu saja anda harus memiliki smartphone atau tablet terlebih dahulu. Kemudian mendownload aplikasi podcast yang ada di app store. Ada banyak aplikasi podcast yang tersedia, baik yang gratis maupun yang berbayar. Tentu bila anda memilih yang berbayar akan berbeda halnya dengan yang gratis.
Bila sebagian dari anda adalah pengguna smartphone dengan OS Android, maka anda bisa mencoba aplikasi podcast seperti Podcast Republic, Pocket Casts dan Podcast &Radio Addict.
Sedangkan pada komputer, cara yang paling populer untuk menemukan dan mendengarkan podcast adalah melalui software iTunes Apple. Karena awalnya podcast adalah ide dari Apple, tidak heran iTunes Apple memiliki daftar ribuan episode yang berbeda. Dengan sistem yang tersedia, anda dapat men-download episode yang diinginkan dan mentransfernya ke iPod atau iPhone.
Podcast juga banyak tersedia di Website. Biasanya pencipta podcast akan meng-upload konten mereka ke situs web, misalnya, situs podcast BBC, di mana pengguna dapat baik mendengarkan secara online atau manual men-download file kemudian diperdengarkan melalui smartphone secara offline atau laptop. Berikut contoh screenshot podcast pada laman bbc.


Kelebihan Podcast
Seperti yang saya sudah bahas tadi diatas, dibanding dengan radio atau file audio yang lain misalnya MP3, podcast memiliki berbagai kelebihan bagi penggunanya yaitu

  • Ratusan bahkan ribuan kategori podcast yang tersedia. Ada banyak sekali kategori podcast yang tersedia saat ini jadi anda bisa memilih topik yang anda suka berdasarkan minat anda. Apabila anda adalah orang yang bergelut dalam bidang pendidikan misalnya, maka topik pendidikan bisa anda pilih untuk memperluas wawasan anda.
  • Podcast bisa didengarkan kapanpun dan dimanapun. Anda bisa mendengarkan podcast sesuai dengan waktu luang yang anda miliki apakah pagi hari , sore, atau malam hari. Selain itu dimanapun anda berada, baik di halte, dalam perjalanan bus, atau di kantor pas masa istirahat, anda juga bisa mendengarkan podcast.
  • Tidak ada iklan. Karena podcast adalah sifatnya rekaman audio, maka anda tidak akan menemukan iklan seperti di radio.
  • Podcast menambah pengetahuan. Banyaknya kategori yang bisa dipilih dalam podcast memungkinkan anda untuk mengupgrade pengetahuan. Selain itu kemampuan bahasa Inggris anda juga akan meningkat seiring dengan seringnya mendengarkan topik bahasa Inggris yang anda minati.
Podcast dan belajar Bahasa Inggris
Nah, poin terakhir ini adalah menu utama dalam artikel ini. Menurut saya Podcast merupakan salah satu metode yang sangat efektif dalam melatih kemampuan mendengarkan anda. Seperti kita ketahui bahwa "English is habit", maka semakin kita terbiasa mendengarkan kata, frasa, kalimat, paragraf atau bahkan teks dalam bahasa Inggris maka semakin terlatih pula kemampuan otak kita untuk mencerna makna- makna dalam teks tersebut. Anda bisa berlatih dengan mendengarkan satu kategori podcast dalam satu hari dan memilih kategori yang tersedia berdasarkan minat anda untuk diperdengarkan. Perdengarkan beberapa kali untuk  mencerna maksud dari topik yang diperdengarkan dan catat beberapa kata yang dianggap sulit. Menurut saya semakin banyak anda mendengarkan topik- topik dalam podcast, maka semakin terlatih pula kemampuan anda baik pemaknaan maupun pengucapan dalam bahasa Inggris. Selain itu podcast juga melatih anda untuk sukses dalam tes bahasa Inggris seperti TOEFL, TOEIC maupun IELTS. Kategori- kategori podcast, tidak jauh berbeda dengan berbagai kategori teks atau topik yang ditanyakan dalam tes- tes tersebut.

Nah, sahabat Ahzaa, tertarik untuk ber-podcast? Sebagai langkah awal untuk memulai mendengarkan Podcast, Anda bisa mengakses http://www.bbc.co.uk/podcasts untuk mendengarkan dan mendownload beberapa topik yang tersedia.
Semoga informasi mengenai Podcast ini bermanfaat bagi anda khususnya anda yang ingin belajar bahasa Inggris. Bila ada pertanyaan atau tanggapan mengenai konten dari artikel saya ini, silahkan tuliskan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih.
Salam.