Media Info Belajar

Wednesday, February 22, 2017

Inilah yang Mesti Kamu Persiapkan Saat Mendaftar SNMPTN 2017

Pendaftaran SNMPTN 2017 sudah dimulai sejak 21 Februari 2017 kemarin, artinya, mulai tanggal tersebut sampai dengan 6 Maret 2017 nanti, setiap siswa yang memenuhi syarat diberikan kesempatan untuk mendaftar SNMPTN 2017. Adapun kriteria siswa yang diberikan kesempatan ditentukan oleh panitia pusat berdasarkan kriteria pemeringkatan prestasi akademisnya.

gbr ilustrasi

Bagi kamu yang diberi kesempatan untuk mendaftar SNMPTN 2017, seperti dikutip dari laman resmi SNMPTN, ada empat tahapan yang harus dilalui yaitu,

Pertama, login dengan menggunakan NISN dan password yang sama dengan password untuk verifikasi nilai pada PDSS
Kedua, pendaftaran SNMPTN, yang mencakup: pemilihan PTN dan program studi, unggahan foto, pengisian form pendaftaran, unggahan bukti prestasi (bila ada), dan unggahan portofolio (bila memilih program studi Seni dan/atau Olahraga)
Ketiga, finalisasi pendaftaran SNMPTN , dan
Keempat, Unduhan dan pencetakan kartu tanda peserta dengan terlebih dahulu mengisikan nomor peserta UN

Nah, supaya tahapan demi tahapan tadi bisa lancar dan tidak ada yang terlewati, maka hal- hal berikut ini mesti kamu persiapkan terlebih dahulu.

NISN dan password
Saat kamu membuka website pendaftaran SNMPTN, kamu akan dibawa menuju halaman Login. saat Login untuk mendaftar, gunakanlah NISN dan password dari sekolah. Password yang digunakan adalah password yang sama dengan password sistem PDSS. Setelah berhasil untuk Login pertama kali, password-mu juga akan diminta untuk diganti. Catatlah password yang baru dan jangan beritahukan siapapun untuk kerahasiaannya. karena dengan password itulah, kamu akan bisa mengakses data akunmu.

Pilihan Prodi
Pilihan Prodi menjadi faktor yang sangat penting dalam pendaftaran SNMPTN. Sebelum kamu mendaftar SNMPTN, seyogyanya kamu sudah mencari informasi secara lengkap tentang prodi yang ingin kamu pilih. Ingat ya, urutan PTN dan program studi menentukan prioritas pilihan. Kamu akan diseleksi dari proritas pertama (PTN pilihan 1 dan program studi pilihan 1). Oleh karena itu bila tidak lolos seleksi, maka siswa akan diseleksi untuk pilihan berikutnya.

Dokumen  Penting
Dokumen - dokumen pendukung yang mesti dipersiapkan saat mendaftar SNMPTN 2017 adalah seperti Kartu Keluarga dan  KTP. Dalam pengisian formulir pendaftaran, kamu tidak hanya akan mengisi data lengkap kamu saja namun juga data orang tua misalnya NIK, Nama orang tua, alamat pekerjaan, pendidikan, bahkan data keluarga yang meliputi jumlah saudara baik kakak maupun adik. Oleh sebab itu persiapkan data diri kamu dan data orang tua kamu sebelumnya.

Foto
Saat kamu mengisi formulir pendaftaran, ada satu hal yang tidak boleh terlewatkan yaitu upload foto. Usahakan bahwa kamu sudah persiapkan fotomu sebelumnya. Foto harus sudah bentuk soft copy ya, jadi sudah kamu scan atau masukkan ke dalam media penyimpananmu. Adapun persyaratan untuk foto kamu yaitu wajah siswa terlihat jelas, pakaian rapi, rasio foto 4 banding 6 dengan ukuran minimum 400 (lebar) x 600(tinggi) pixel, format JPEG (.jpg), dan ukuran file tidak lebih dari 1 MB. Foto dengan ukuran lebih dari 1 MB biasanya tidak akan bisa terupload dengan baik, maka kamu bisa mengecilkan ukuran fotomu sehingga bisa terupload. Sebagai tambahan, jangan gunakan foto- foto yang alay atau foto selfi ya, karena sama saja kamu dianggap tidak serius dalam pendaftaran SNMPTN ini.

Piagam
Bila kamu memiliki prestasi yang sudah pernah kamu raih sebelumnya, kamu bisa mengupload piagam yang kamu punya. Persiapkan bentuk soft dari piagam yang kamu miliki kemudian minimalkan ukuran file-nya agar bisa terupload dengan baik.

Oke, bila sudah kamu persiapkan semua "perangkat" pendaftaran seperti diatas, maka tahapan selanjutnya adalah kamu bisa memulai untuk proses pendaftaran dari Login sampai dengan Finalisasi pendaftaran. Namun perlu diingat bahwa setelah finalisasi maka kamu tidak akan bisa merubah data lagi. Oleh karena itu bila masih ragu- ragu, kamu bisa memilih Tunda Finalisasi. Dan jangan lupa setelah kamu mantap segera melakukan finalisasi  sebelum masa pendaftaran berakhir.

Semoga sukses,