2/09/2017

Berikut Ini Tips Sukses Daftar SNMPTN Tahun 2017

Rangkaian proses pendaftaran SNMPTN tahun 2017 saat ini (saat posting ini ditulis) masih dalam proses peng-entry-an data pada PDSS. Periode ini merupakan kewenangan sekolah untuk memasukkan data siswa dan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi siswa SMA atau SMK program 3 tahun dan semester 1 satu sampai semester 7 bagi siswa SMK program 4 tahun. Adapun langkah berikutnya adalah tahap verifikasi dan tahap pendaftaran. 



Pada tahap verifikasi, siswa akan mendapatkan username yang berupa NISN dan password kemudian digunakan untuk login verifikasi. Tahap verifikasi ini ditujukan untuk memverikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang sudah diisikan oleh pihak sekolah pada tahap entry data PDSS. 

Setelah verifikasi berakhir selanjutnya adalah tahapan pendaftaran, siswa yang sudah dinyatakan memenuhi kriteria seperti pemeringkatan, maka dinyatakan bahwa siswa tersebut berhak untuk melakukan pendaftaran SNMPTN. Tahapan ini paling krusial karena adik- adik harus mempunyai strategi jitu untuk bisa diterima pada perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN ini. Pemilihan jurusan yang salah dan pilihan prodi yang tidak sesuai akan membuat adik- adik tidak terseleksi SNMPTN.  

Dan untuk menanggulangi hal- hal tersebut, berikut ada beberapa tips untuk adik- adik dalam memilih program studi (prodi) SNMPTN tahun 2017 agar peluangnya bisa diterima dengan sukses.

Cermat memilih Prodi
Saat mendaftar SNMPTN tentu banyak dari adik- adik yang sedikit bingung tentang langkah apa yang harus diambil dalam memilih prodi pada PTN. Jadi solusinya pilihlah prodi yang sekiranya sesuai dengan kemampuan, artinya harus disesuaikan dengan hasil nilai rapor semester.  Perlu diketahui bahwa persaingan dalam SNMPTN 2017 saat ini sedemikian ketat, jadi pilihlah jurusan yang pas sesuai kemampuan. Sangat tidak disarankan juga bagi adik- adik memilih jurusan berbeda dengan jurusan sekolahnya, misalnya, jurusan IPA memilih ke jurusan IPS. Bisa jadi, peluang untuk diterima juga akan semakin tipis.

Tentukan PTN
Setelah memilih prodi yang sesuai dengan kemampuan, tentukanlah PTN secara bijak. Carilah informasi sebanyak- banyaknya mengenai prodi pada perguruan tinggi negeri yang dipilih. Informasi tersebut misalnya seperti rekam jejak pendaftaran SNMPTN tahun sebelumnya baik jumlah pendaftar dan jumlah yang diterima.
Selain itu faktor alumni biasanya juga menentukan pertimbangan dalam penerimaan SNMPTN. Pihak perguruan tinggi juga akan melihat track record prestasi alumni lulusan dari sekolah adik- adik yang sudah diterima pada tahun- tahun sebelumnya. Prestasi yang baik atas kakak kelas di perguruan tinggi tersebut akan membuka peluang bagus untuk diterima saat mendaftar.

Cerdas menempatkan pilihan Prodi
Dalam pendaftaran SNMPTN biasanya setiap PTN memiliki persyaratan selain yang ditentukan oleh panitia SNMPTN. Ada beberapa PTN yang mungkin saja tidak menerima calon mahasiswa yang saat pendaftarannya menjadikan prodinya sebagai pilihan kedua. Oleh karena itu, rajin- rajinlah membuka website perguruan tinggi negeri yang dipilih untuk menggali informasi tentang syarat dan kondisi yang ditentukan.

Oke, selain hal- hal diatas, yang paling penting dan harus dilakukan adalah berikhtiar, berpasrah diri dan berdoa pada Tuhan YME, karena atas kuasa-Nya lah kita mendapatkan jalan yang terbaik dalam penerimaan SNMPTN tahun ini.

Semoga Sukses.

No comments:

Post a Comment