6/13/2017

3 Aplikasi Ekstensi Chrome Terbaik untuk Guru Matematika

Bagi sebagian orang Matematika merupakan ilmu yang menarik. Matematika dipandang sebagai sebuah ilmu yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia sehari- hari. Berbagai pemecahan masalah sehari- hari tidak lepas dari peran ilmu Matematika. Misalnya saja dalam bertransaksi, pengukuran, logika dan sebagainya. Meskipun berperan penting, banyak orang yang masih menganggap Matematika adalah ilmu yang sulit dan rumit. Banyaknya rumus yang harus diterapkan dan logika yang diaplikasikan dalam soal membuat Matematika masih dijadikan ilmu yang sulit.

Nah, Berdasarkan alasan diatas yang menjadikan Matematika adalah ilmu yang rumit, pada post kali ini saya akan membahas mengenai teknologi dalam penerapan pelajaran Matematika untuk mempermudah pemahaman dan membantu siswa, mengasah keterampilan dalam memecahkan kesulitan- kesulitan dalam Matematika. Dalam hal ini, saya akan membahas  aplikasi yang disediakan oleh Google Chrome. Semua aplikasi tersebut sudah terintegrasi dengan Google Drive sehingga akan sangat memudahkan kita khususnya guru Matematika dalam memberikan pengajaran di kelas. Oke, langsung saja inilah aplikasinya.

GeoGebra

GeoGebra (www.geogebra.org) adalah software matematika dinamis yang gratis untuk semua tingkat pendidikan yang menggabungkan geometri, aljabar, lembar kerja, grafik, statistik dan kalkulus dalam satu paket yang mudah digunakan. 
GeoGebra adalah software matematika dinamis yang terfavorit di dunia, telah menerima banyak penghargaan software pendidikan, dan mendukung pendidikan STEM dan inovasi dalam belajar dan mengajar diseluruh dunia. Adapun beberapa kelebihannya adalah 

* Gratis untuk menggunakan software untuk belajar, mengajar, dan mengevaluasi.
* Interaktif sepenuhnya, tampilan yang mudah digunakan dengan banyak fitur yang kuat.
* Akses ke sumber tak terbatas di www.geogebra.org
* Tersedia dalam banyak bahasa.
* Cara yang menyenangkan untuk melihat dan mengalami matematika dan ilmu pengetahuan.
* Bisa diadaptasi untuk semua kurikulum atau proyek.
* Digunakan oleh jutaan orang diseluruh dunia

Desmos Graphing Calculator

Desmos Graphing Calculator merupakan sebuah ekstensi gratis yang akan membantu anda dalam plot fungsi, membuat tabel, menambahkan slider, dan menghidupkan grafik. Dengan ekstensi ini, matematika dapat diakses dan menyenangkan bagi semua siswa. Selain itu, Desmos Graphing Calculator juga menyediakan kalkulator yang secara instan merencanakan persamaan apa pun, dari garis dan parabola sampai deret turunan dan deret Fourier
Beberapa fitur yang tersedia antara lain 
  • Graphing (Plot grafik polar, kartesian, atau parametrik), 
  • Slider: Menyesuaikan nilai secara interaktif untuk membangun intuisi, atau menghidupkan parameter untuk memvisualisasikan pengaruhnya pada grafik
  • Tabel: Input dan plot data, atau buat tabel input-output untuk fungsi apapun
  • Statistik: Menemukan baris yang paling sesuai, parabola, dan lainnya.
  • Perbesar: Ratakan sumbu secara terpisah atau pada saat bersamaan dengan sejumput dua jari, atau edit ukuran jendela secara manual untuk mendapatkan jendela yang sempurna.
  • Kurva: Sentuh kurva untuk menunjukkan jumlah maksimum, minimum, dan titik persimpangan. Ketuk titik abu-abu yang menarik untuk melihat koordinatnya. Tahan dan tarik sepanjang kurva untuk melihat koordinat berubah di bawah jari Anda.
  • Kalkulator Ilmiah: Ketik saja persamaan yang ingin Anda selesaikan dan Desmos akan menunjukkan jawabannya. Ini bisa menangani akar kuadrat, log, nilai absolut, dan lainnya.
  • Ketidaksetaraan: Plot cartesian dan polar ketidaksetaraan.

Graph.tk

Seperti ekstensi Matematika lainnya, Graph.tk adalah utilitas grafik online dan bersifat open-source. Ekstensi ini sangat mudah digunakan. Misalnya, gunakan tombol "+" untuk membuat persamaan baru. gunakan "/" untuk pecahan, "^" untuk eksponensial, dan "*" untuk perkalian. Dan untuk mengetikkan karakter khusus gunakan "\ name". Misalnya, "\ sqrt" menghasilkan √, dan \ pi menghasilkan Ï€.


Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment