Monday, September 4, 2017

Mengenal Soal Structure and Written Expression dalam Soal Tes Bahasa Inggris

Pada tes bahasa Inggris seperti TOEFL, TOEIC, maupun tes- tes untuk masuk sekolah tinggi negeri, kadang- kadang kita menghadapi tipe soal structure and written expression. Jujur saja, tipe soal tersebut tergolong mudah- mudah sulit, artinya, mudah saat kita mengetahui pola dan struktur yang benar pada kalimat, sulit pada saat kita tidak tahu sama sekali pola kalimat yang tepat. Banyak latihan soal- soal tersebut baik secara teori maupun praktik bisa dijadikan sebagai obat mujarab untuk menjawab soal- soal tipe tersebut saat tes.
gambar ilustrasi tes

Soal structure and written expression ditujukan untuk menge-tes kemampuan anda dalam mengenali formal written English. Seperti yang kita ketahui, bahwa beberapa hal  dapat diterima dalam bahasa Inggris lisan (spoken English), namun tidak dapat diterima dalam bahasa Inggris tertulis (formal written English). Soal tipe seperti ini mengharuskan kita untuk memilih cara yang tepat dalam setiap kalimat yang dinyatakan dalam setiap pertanyaan. Oleh karena itu, penguasaan grammar yang baik menjadi modal awal dalam menjawab pertanyaan tipe ini.

Soal structure and written expression merupakan dua tipe soal yang berbeda, tipe structure dan written expression. 

Tipe Structure
Tipe soal ini dibuat untuk mengukur kemampuan kita mengenali bahasa yang tepat dalam standar bahasa Inggris tertulis ( standard written English). Pertanyaan dalam soal structure merupakan soal incomplete sentence (kalimat rumpang), dengan pilihan jawaban (A), (B), (C), dan (D) yang berupa kata atau frase. Pilihlah salah satu kata atau frase yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut.   Beberapa tips yang bisa dicoba dalam menjawab pertanyaan structure adalah sebagai berikut :
  • Baca kalimat secara keseluruhan, kemudian coba masukkan jawaban (A) dalam rumpang kalimat tersebut.
  • Bila tidak benar, analisislah mengapa kalimat tersebut tidak benar.
  • Bila pilihan jawaban (A) bukanlah jawaban yang benar, maka cobalah pada pilihan jawaban (B), (C) dan (D).
  • Cobalah untuk mengingat pola atau rumus yang benar kalimat yang digunakan.
Berikut ini salah satu contoh pertanyaan pola structure yang saya kutip dari Buku Cliffs TOEFL Preparation Guide.  

I wish you would tell me ____
    (A) who is being lived next door
    (B) who does live in the next door
    (C) who lives next door
    (D) who next door was living

Pilihan jawaban (A) bisa langsung kita hilangkan karena penggunaan who tidak tepat dengan verbal structure-nya "is being lived". Untuk "A life" mungkin saja bisa diterapkan, namun untuk "a person" tidak cocok untuk diterapkan. "Live" biasanya tidak bertindak sebagai complement, oleh karena itu tidak bisa dijadikan kalimat pasif. Pada pilihan (B),  bukanlah jawaban yang benar, karena "does" dan "in the" tidak diperlukan dalam kalimat tersebut. Pilihan jawaban (C), merupakan pilihan yang benar, karena memenuhi syarat  "subject + verb + (complement) + (modifier), dan untuk pilihan jawaban (D), bukanlah pilihan yang benar karena tidak sesuai dengan aturan tersebut diatas (subject + verb + (complement) + (modifier)).

Tipe Written Expression
Dalam tipe written expression, setiap kalimat memiliki empat kata atau frase yang digaris bawahi. Kata atau frase yang digarisbawahi di tandai dengan (A), (B), (C), an (D). Salah satu dari kata atau frase tersebut "salah", dalam artian harus diubah menjadi pola yang benar agar supaya kalimat tersebut menjadi tepat. 

Beberapa tips yang bisa digunakan adalah sebagai berikut :
  • Baca kalimat secara lengkap
  • Ingatlah lagi pola kalimat yang benar dalam kalimat
Sebagai contoh, berikut ini adalah soal tipe written expression.

In the(A) United States, there (B) are much (C) holidays throughout the (D) year.

Penggunaan "much" tidak tepat diterapkan karena kata "holidays" merupakan kata benda yang bisa dihitung (count noun), oleh karena itu kata "much" tidak tepat dan seharusnya diubah menjadi kata "many" untuk lebih tepatnya.
Untuk referensi buku yang tepat dalam belajar pola kalimat structure and written expression dalam tes bahasa Inggris, sebagai saran saja, sahabat Ahzaa bisa mempelajarinya melalui dua buku ini :
  • Cliffs TOEFL Preparation Guide by Michael A.Pyle, M.A and Mary Ellen Munoz Page, M.A
  • Longman Complete Course for the TOEFL Test : Preparation for the Computer and paper tests by Deborah Phillips.
Oke, semoga tulisan diatas bermanfaat bagi sahabat semuanya. Jangan lupa tuliskan komentar dibawah untuk saran, kritik ataupun tambahan atas tulisan diatas. 
Selamat berjuang...